Murai Batu (1): Umum

Iklan gratis jual beli burung di sini

Murai batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung kicau paling populer. Termasuk ke dalam family Turdidae. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa.
Jenis yang dianggap terbaik adalah Murai Batu Medan. Hanya saja tindakan eksploitasi hutan berlebihan dan perburuan untuk kepentingan komersial membuat jenis ini sulit ditemui di pasaran.

Ciri morfologis
Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Murai Batu dari Tanjung Redep, Kalimantan Timur menpunyai keunikan di bagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang. Murai Kalimantan memiliki ekor lebih pendek dengan panjang sekitar 8-12 cm, sementara Murai Batu Sumatra 15-20 cm . Ciri khas lainnya adalah Murai Batu Kalimantan apabila berhadapan dengan jenisnya akan mengelembungkan bulubulu disekitar dadanya sambil berkicau.
Badan berukuran 14-17 cm.

Cara mudah dapatkan file omkicau

Pakan
Makanan umum adalah serangga kecil. Hobiis biasanya memberikan kombinasi pelet, kroto, jangkrik, ulat hongkong dan telur lebah. Murai Batu juga memakan poer/voer, yang biasanya tersedia di pasaran adalah merk Phoenix (www.kenarijaya.com), Fancy, Gold Coin, Chirpy, TopSong, dan lain-lain.

Seksing
Jantan dibedakan dengan betina dari kicauan yang lebih aktif dan ekor lebih panjang. Jantan tidak bisa menoleransi adanya jantan lain di sekitar wilayahnya. Sementara betina sulit menerima jantan yang tidak dikenal. Biasanya penangkaran dilakukan dengan mengawinkan pasangan dari satu induk (incest).
Namun saat ini banyak pengemar burung berkicau di daerah Jawa sudah mulai berhasil menangkar Murai Batu silangan antara jenis Sumatra (Medan) dengan jenis kalimantan (Borneo). Sumber: wikipedia

Memilih bakalan

Dari segi fisik :
bentuk kepala ceper
tubuh panjang setara
ekor tidak panjang
paruhnya sedang.
Kretekan keras dan padat.
(Moelsip)

1. Pilih patuk yang agak lurus
2. leher besar panjang
3. garis hitam didada agak keatas cari yang rata dengan sayap
4. ekor melengkung mulai pangkal
(joko sutikno)
(Postingan: Tim Editorial Kicaumania.or.id di kicaumania.or.id)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

40 Comments

  1. om aku msh bingung neh MB ku kira2 jantan apa betina yah?neh om Ciri2 MB ku badan ramping, buntut panjang kiran 15 cm, warnanya bulunya hitam mengkilap, tapi wkt aku liat lidahnya warna ujung nya hitam tp yg ke dalamnya agak merah jambu!kemaren aku coba ksh suara muray lain dr jauh dia mau nembak2 bunyi om tp cuman sebentar selanjutnya diem lg!aku takut diboongin neh om belinya dari lampung!please ksih info yg selengkap-lengkapnya om!!!bravo MB…..

  2. om saya baru beli br mb tapi om..ekornya cuma 10 helai ,putih 8 hitam 2,kan seharusnya 12 helai ya om.
    yang dua lagi kecabut / emang dari sananya om,kalau kecabut di biarin sampai mabung bakal numbuh lagi ga om..?

    • Enggak Om. Kalaupun mau diumbar ya masukkan saja kandang besar dan tidak perlu diuber2 biar terbang kesana-kemari. Biarkan saja bergerak leluasa sendiri, meski kebanyakan juga cuma diam karena burung itu sukanya terbang ya untuk mencari makan atau untuk mencari pasangan. Begitu Om.

  3. Sya mh awam dan pemula banget sm MB, sya baru beli MB ktnya padang shrga 2,5 jt plus sangkar suaranya lumanyan, trs baru kmrn sya beli lg 3 jtplus sangkar MB medan keren banget suaranya dan msh muda, yg jd msalah drmh ada dua MB, tp gak prnh sya lihatkan satu sm lain, gmna ini mas ? saya takut salah satu MB sya ada yg ngedrop…

  4. om yg baik.mau tanya lagi.baru seminggu yg lalu saya membeli murai gacordari seseorang.suara nya full dan isian nya komplit terutama suara jangkrik nya keras banget..hari pertama saya bawa pulang bunyi dari siang sampai malam.sampai org2 yg lewat selalu ngeliat..hari ke 2 jg masih sama.dan ada perubahan di hari ke3,bunyi nya menjadi monoton.biasa nya selalu dengan isian macam2,skg malah dengan 1 nada saja,itu pun tidak maksimal.
    yg mau saya tanya.kenapa mb nya jd begitu? apa karna penggantian merk pakan?
    waktu sebelum pindah tangan ke saya…itu Mb di beri kroto 1 minggu cuma 2x. sedangkan selama 1 minggu ikut dengan saya kroto nya 2 sendok tiap hari.
    satu hal lagi,waktu belum pindah ke tangan saya,itu Mb di mandiin 2 hari sekali.dan selama ikut dengan saya ga mau mandi2 sampai skg.saya coba dengan berbagai cara agar mau mandi.sore jg saya cobain dari pancing semprot kasih jangkrik,jemur dulu baru di mandiin jg tetap aja ga mau nyebur.
    bisa di perkirakan apa letak masalah Mb itu om? itu burung juara berkali2 , tiba2 di tangan saya bisa berubah begitu.
    thx ya

  5. om, beli MB di PB Depok yg pedagangnya jujur dan murah, tokonya apa y? nama pedagangnya om kenal? kalo dijogja, pedagangnya siapa? harganya kisaran berapa? untuk MB yang masih trotol om

  6. Om yg baik…saya mau tanya.
    Mb nya klo tiap hari di kasih minyak ikan apa akan ada efek samping nya?
    takut nya nanti menjadi terlalu birahi,

    Thx

    • @Hendro:
      Kalau pas mabung (mulai tumbuh bulu) enggak apa-apa. Setelah bulu utuh, paling sepekan 2 kali cukup. Pemberian kan juga tidak banyak.

  7. met pagi bang, mau pencerahannya dong……
    Begini bang, saya punya MB umur kurang dari 1 thn, tapi sampai sekarang kl bunyi
    cuma ngeriwik2 doang itupun hanya malam hari saat baru dimasukin ke rumah,
    padahan untuk urusan pakannya saya termasuk agak royal ( tdk pernah absen dari
    kroto/ 3kali sehari 2 sendok makan, jangkrik minim 3 ekor sekali kasih / 3kali sehari )
    air minum pakai madu dan tiap hari diganti, mandi 2 hari sekali plus jemur sambil
    bersihin kandang.
    Yang jd pertanyaan, kenapa ya bang kok MB saya malas bunyi ?

    • Sudah pasti jantan? Dan juga, apakah itu peliharaan sejak trotol atau beli sudah besar. Tambahan pertanyaan saya, di rumah ada burung fighter lainnya? (MB, kacer ataupun sulingan/tledekan)?

  8. om aku punya mb lampung udah 2 bulan, kata penjualnya nya seh dulu burung gacor, makan voer, ef jangkring5/5, kroto sesekali, mandi sehari 1kali pagi keramba, ni burung suka loncat2, padahal udah tak treatmen cara menjinakkan burung ala om duto, ngriwik terus dgn banyak variasi suara, ngeplong cuma pagi cuma bentar, gimana ya om biar cepet ngeplong dan tetep bunyi meski ada orang lewat ato didekatnya soalnya saat dia ngriwik begitu ada orang langsung diem.Jarang aku kerodong om maksudnya biar terbiasa dengan lingkungan sama manusia gitu….dirumah ada kenari sama cendet om…………..tolong pencerahannya ya salam.

    • Yang penting burung itu mapan dulu/ tidak takut lingkungan. Oleh karena itu biasakan berada di tempat lalu lalang orang. Kalau sudah tidak takut lingkungan, dia akan gacor.

  9. Om AKu punya MB udah 2bulan makanan voer, EF jangkrik 5/5, kroto sesekali, mandi pagi keramba. ini burung kok cm bersuara pelan kaya ngriwik tanpa buka mulut, cm kadang2 aja ngeplong terutama klo pagi, klo liat orang loncat2, padahal udah tak treat pake cara menjinakkan burung ala om duto, jarang tak kerodong juga om, pas ngriwik klo ada orang pun akan diam………..dirunah ada kenari, pentet.gimana ni om biar cepet ngeplong n mau bunyi meski ada orang…………

  10. Om, saya dibuat bingung ni dengan MB saya. Bulu semuanya sudah pada tuntas tapi bulu pada bagian dada dan kepala kok ga bisa rontok?Bagaimana solusinya, padahal volume Ok dan isian banyak. Alhasil ketika saya bawa ke latber, jalannya hanya setengah jalan. Bagaimana ni om apa dibawa ke tukang cabut bulu ja biar cepet rontok?????

  11. salam om,mau nanya nih..
    MB saya suaranya serak dan volume nya berkurang. saya takutnya pita suaranya yg kenapa2. tolong bantu kasi solusinya.
    apa bener om di arena lomba MB selain MB medan di anak tiri kan o/ juri? soal nya saya ditawari murai bengkalis yg ekor nya rada pendek tapi suara n fight nya ok banget,mohon saranya om. maturnuwun…

  12. om sy mau tanya kenapa Mb sy klo diadu pertamanya bunyi dan gagah tp ga lama terus ke dua sayapnya mbuka dan nabrak sangkar .klo untuk menyembuhkan sayap yg sengkle atau jatuh gimana ya . makasih

  13. Om, mau tanya Mb saya kok nurunin sayapnya & seperti mengedok pada saat di Trek?apa yg mesti saya lakukan Om? perawatan pagi kroto jangkrik 5/4.terimakasih

  14. salam kenal om………..
    om mau tanya nich……..MB saya power nya kurang setelah mabung kemarin , sekarang kalau ngeplong cuma sebentar kemudian ngeriwik kasar dan tdk mau makan kroto,jangkrik pg 5 sore 5
    terima kasih atas bantuannya…………..

  15. siang om, mb sy msh bahan gak pernah ngeriwik tp ngeplong2 awalnya jinak & rajin. dirmh jg pelihara brg pos, jalak suren dan trucukan digantung berjauhan. brg pos suka nangkring di kandang mb tp mb biasa aj. 2 minggu yg lalu sy usir brg pos itu pake sapu sewaktu nangkring lg. trus mb kaget & skr jadi giras tiap liat org lsg loncat2 ketakutan skr jadi kurang bunyi. meski begitu tiap saya kasih jangkrik ditangan lsg diambil trus loncat2 lg. rawat harian pg kroto 1 jumput, jangkrik pg/mlm 5/5 dan ulat bambu sesekali. mandi malam hari dan selalu rutin. sy & isteri kerja dan dirumah gak ada org lain, baiknya full kerodong apa tdk ya om. mohon advice nya utk burung stress, matur suwun om…

  16. pagi om
    setting EF untuk MB ngebatmen gimana om
    trus perawatan lainnya lagi gimana juga
    butuh waktu berapa lama sih
    thanx banget tips nya om

    • Bukan masalah setting pakan Om. Itu dikarantina saja/sendirikan dan jauh dari burung fighter lain sekitar sebulanan. Itu pertanda burung stress/pernah drop ketika ditarungkan dengan burung lain.

  17. pgi om,om sy trtrik to piara mb ni, tp lum pham mbedain mn yg medn, lmpung / lmpung super & borneo, urutn kualitas yg baik yg mn om dantra ke 4 mb tsb,klo boleh tau kisaran harga bakalan brp om?tks ats infony

    • Wah sekarang MB sudah campur baur. Untuk menangkar cari saja yang ekor panjang dengan kualitas suara yang bagus. Ukuran awalnya ya yang kenceng saja Om.

  18. Mlm om.mo nanya lg nih om sy punya MB dah dewasa klau lg ngeluarin suara tembakan duile kencengnya bukan main,tp klau pas ngeluarin suara aslinya dia serak om.trs yg ke 2 dia bulunya gak mau rontok2 pdhl dah tua banget bulu bulunya,dah sy coba dgn berbagai cara tp dia tetap aja gak mau rontok.cariin solusinya si om biar MB ku enak tuk di pandangnya.

    • MB bagus tuh Om jika saat diasu mau nembak2. Kalau di rumah tanpa lawan memang biasanya cuma ngeban2.
      Untuk ngrontokin bulu secara paksa banyak caranya, cuma saya sarankan disabari saja biar rontok sendiri. Kalau dipaksakan, nanti timbul masalah di belakang hari.

  19. Ok om,makasih sarannya.Saya jg ada kacer htm nih om,kl diadu lgsg nabrak ruji,trs trn kebwh,naek lg.Gak mau stabil ditangkringan.Jangkrik 3:3,jemur 7-9.Mandi sore aja.Gmn ya om biar kacerku gk nabrak2 lg.Makasih sblmnya.

    • Coba dimandikan malam dua hari sekali Om. Sama prosesnya dengam memandikan siang, cuma kalau enggak mau disprayer sedikit2 biar mau mandi.

Komentar ditutup.