Q-A Anis Merah (2): Moulting (2)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Atiga:
Mau tanya om duto, kalo AM tiba2 berhenti mabung gmn? Padahal dah 5 hari rontok terus lalu tiba2 bhenti. Padahal masih bnyk bulu2 tuanya. Sampai sekarang dah hampir 1 bulan ndak rontok. Sampai2 sy beri perontok. Tlng masukannya ya om. “Thank you”

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Duto:
Kalau diberi perontok nggak juga rontok berarti memang belum waktunya saja. Jadi mungkin dulu memang belum waktunya rontok tetapi karena faktor lingkungan (fisik atau mental) dia ngurak.
Sekarang diperlakukan biasa saja seperti halnya AM yang tidak ngurak ataupun mabung. Nah nanti kalau terjadi tanda2 rontok lagi, maka Anda bisa melakukan treatment biasa ataupun “ngoboy”. Untuk treatment biasa, ya lakukan saja penanganan seperti biasa. Kalau mau pengin cepet ambrolnya, bisa dilakukan cara “ngoboy”, yakni mandi distop, ganti merk voer (bertahap selama 3-4 hari), nggak usah dibersihkan kotorannya, full kerodong, full kroto, stop buah, tambah UH antara 3-4 ekor sehari (jangan banyak2), diletakkan di ruangan yang relatif panas (ya diukur lah jangan sampai burung kesiksa).
Semua terapi “cowboy” itu adalah untuk mempercepat rontok bulu. Okey?

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salam,
Duto

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

(Bersambung –
Ini adalah tanya jawab di forum MPZ, di-update di kicaumania.or.id, dan saya upload di sini dengan beberapa deting)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. mas gimana sich cara memilg bakalan anis merah,membedakan jantan-betina,n maslah harga gmn??

    Jawab:
    Soal diskusi mengenai burung jantan atau betina, bisa diklik dan dilihat di sini Om.
    Soal harga sangat relatif sehingga tidak ada patokan baku. Kalau untuk trotolan misalnya, ya variatif tergantung kondisi burung. Kisaran harga trotolan bulan Februari 2009 antara Rp. 350.000 sampai Rp. 750.000.

  2. Oh ya om yang ganteng AM saya yang botak memang baru saya dapat 3 bulan yang lalu tetapi waktu itu burung itu tdk terawat sy rawat 2 minggu langsung juara 1 di latber mental bagus dan jujur ketemu lawan langsung kerja 2 bulan sy ikut lomba langsung prestasi dan juara 5 besar terus kok sekarang botak dan bulunya rusak selama ini AM sy kasih probiotik dan vitamin melihat bulunya rusak sy hentikan dan tiap hari sy kasih buah pepaya, pisang , sawo, apeldan tomat sy kasihan liat AM tsb tetapi tetap saja bandel dan tetap teler, waktu itu setiap ada lomba saya bawa 3 ekor anis merah saat dilomba burung tersebut biar saya taruh diatas maupun dibawah tetap bunyi ketiganya cerewet kadang 2x teler dikerodong itu yang saya suka saya suka ikut yang lomba yang botak saja saja karena kalou teler notot dan jalan, om yang ganteng yng jadi pertanyaan apakah penyebab multi vitamin tsb bulu burung dpt tumbuh nggak wajar/ rusak terus u buah apakah ada tambahan lain ???

    Jawab:
    Obat2an memang kadang menimbulkan pengaruh samping yang nggak bisa kitra prediksi. Maunya kita dia kuat dan ngotot, ehhhh ternyata tancapan bulu di kulit jadi kuat banget sampai-sampai nggak mau rontok juga meski sudah waktunya moulting.
    Untuk buah, kalau apa-apa mau lahap, coba ditambah dengan salak tua yang gembur (suidah mau busuk dan berasa masam). Bagus untuk AM.

  3. Mas tolong dong bantu saya untuk memecahkan cara AM saya di rumah rajin bunyi pokoknya bandel banget deh dikerudung pool rajinnya apalagi dikerodong dibuka langsung teler, dimanapun tempatnya cuma kalo di adu dilomba telernya sebentar saja sdh gitu lompat lompat saya coba untuk dilatih dengan burung 2x yang ada dirumah setiap 2 mingu saya adu dilapangan saya punya 3 jago semua termasuk yang ini tetapi tetap saja telernya sebentar tdk seperti yuang lain jujur dan cepat kerja bagaimana ya mas solusinya ?????????????????

    Jawab:
    Burung yang mudah teler kadang staminanya cepet melorot. Coba porsi EFnya ditambah, atau banyak dikerodong saja kalau sedang tidak ditarungkan. Coba nanti bagaimana efeknya ya…

  4. Mas yg ganteng saya mau tanya sy punya AM yg keren teler jalan pernah juara di ragunan & di Asteg joglo 5 besar sudah satu bulan mabung tapi leher nya botak dan bulunya jelek apa penyebabnya ya padahal tetap rajin bunyi dan bandel walaupun mabung bagaimana caranya ya agar mabungnya komplit.

    Jawab:
    Hehe, lha dibanding kacer, tetep ganteng kacernya lho Om ketimbang saya meski sama-sama item hehehe.
    Apa AMnya pernah kena obat kutu atau mungkin pernah disemprot obat untuk mengkilatkan bulu dsb pada waktu2 yang lalu? Biasanya itu pengaruh obat…
    Lalu, itu AM sudah lama di tempat Om apa baru saja dapat? Kadang2 hehehe… itu juga karena pengaruh doping di masa lampau….
    Kalau memang masih jalan proses mabungnya, coba diterapi mabung total saja. Bisa diklik di sini untuk tahu caranya.

Komentar ditutup.