Meminimalisasi risiko katarak pada burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak sekali kawan KM yang mengeluhkan burungnya yang terkena katarak. Katarak merupakan salah satu “penyakit” yang biasa diderita burung. Penyebabnya macam-macam. Bisa karena faktor internal (makanan) dan faktor eksternal (cahaya silau).
Untuk yang pertama, konon (saya sebut konon karena saya belum pernah menemui secara langsung) adalah kebanyakan UH.
Sedangkan yang kedua, yang merupakan pengalaman sejumlah kawan di Solo, adalah penempatan burung yang tidak tepat ketika menjemur ataupun menggantang.
Hindari menggantang burung di tempat yang dekat dengan sumber sinar yang membuat burung silau. Misalnya, jangan menggantang burung di dekat tembok (terutama bercat putih) yang memantulkan sinar matahari ke arah sangkar burung dan tempat2 lain yang sejenis.
Hindari menggantang burung di dekat lampu (misalnya ketika digantang di dalam rumah di malam hari). Sinar lampu yang terlalu dekat dengan burung, bisa membuat burung terlalu silau dan hal ini bisa menyebabkan burung terkena katarak.
Tambahan, perhatikan sekeliling tempat burung biasa digantang. Kalau ada warna2 yang terlalu cerah yang bisa membuat burung silau, maka perlu diubah atau gantangan burungnya yang dipindah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Salam,
Duto Solo

[Maaf titip pesan: Kalau Anda, saudara Anda, kenalan atau rekan Anda selalu galal mendapatkan pekerjaan, coba deh ikuti konsultasi menembus dunia kerja bersama tim saya, Tim GG. Gratis…tis. Klik saja di sini.]

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tanya (tanya jawab di Forum Kesehatan Burung kicaumania.org):

Om Duto saya pernah berdiskusi dengan salah satu dokter hewan…katanya katarak itu penyakit genetik, bila terkena pada burung kapanpun pasti akan menyebabkan kebutaan dan ini sulit dihindari..pendapat Om Duto bagaimana?

Karena saya punya pengalaman yg cukup pahit dengan burung katarak..burung saya sudah jaga dari kelebihan sinar atau cahaya langsung, EF pun dijaga sedemikian rupa tapi tetep katarak dan sekarang sudah buta sebelah matanya..untuk kasusu seperti ini piye om?

sebelumnya maturnuwun sanget.

Bayu

Jawab:

Bisa jadi seperti itu, tetapi genetik yang bagaimana? Sebab hal itu kan lalu bisa disebut sebagai “penyakit keturunan”. Sama seperti manusia, ada yang disebut penyakit keturunan. Lha kalau penyakit keturunan kok begitu banyak, lantas benar juga kalau ada yang guyonan “Kalau begitu Nabi Adam itu penyakitnya banyak banget ya?” Nah ini kan nggak lucu.
“Penyakit keturunan” sebenarnya ada yang menurun lewat gen, tetapi ada yang menurun berdasar struktur organ tubuh. Orang yang berpenyakit asma, biasanya menurunkan keturunan yang juga berpenyakit asma, nah bagaimana logikanya? Logikanya, yang “menurun” itu sebenarnya adalah kesamaan struktur organ tubuh. Orang dengan bidang dada sempit (yang membuat orang mudah kena penyakit asma ataupun TBC) misalnya, akan menurunkan anak yang cenderung berdada sempit juga, dan kondisi ini memang berisiko besar kena penyakit asma atau sesak nafas. Apalagi dalam kasus TBC, mereka akan sering kontak dalam hidup keseharian dan akhirnya berisiko besar tertular.
Sedangkan katarak sebenarnya adalah tumbuh/munculnya lapisan kerak di bola mata atau bagian luar retina. Munculnya lapisan ini memang cenderung terjadi pada semua burung. Hanya saja, satu dan lainnya berbeda kondisinya tergantung kondisi lingkungan dan fisik burung bersangkutan. Faktor2 makanan dan silau cahaya misalnya, sebenarnya hanyalah faktor antara, yang bisa mempercepat tumbuhnya lapisan kerak pada bola mata.
Dengan meminimalisasi faktor2 pemicu, maka proses tumbuhnya kerak bisa diperlambat atau bahkan dicegah agar tidak tumbuh dan mengganggu.
Untuk kasus burung Anda, apa itu burung sejak kecil memang Anda yang nanganinya, sehingga bisa benar2 dikatakan terjaga? Kalau tidak, bagaimana kondisi rawatan sebelumnya?
Coba diteliti secara lebih cermat untuk megembangkan diskusi ini.

Duto

Komentar (Om Yulpri):

Kalau ane juga pernah denger penjelasan dari dokter hewan, bahwa katarak itu emang penyakit keturunan. Dan percaya ini mengingat penjelasannya yang cukup masuk akal dan berdasarkan keilmuannya. Ini pernah ane tanyakan juga di Forum ini dan dijawab oleh drh Edi. Linknya:

http://www.kicaumania.org/forums/sho…hlight=katarak

Menurut penjelasan beliau, ini ane kutip:

“katarak pada burung merupakan pengeruhan pada lensa mata burung sehingga lensa burung terlihat berwar titik putih. jika prosesnya melanjut maka warna putihnya akan semakin membesar. Biasanya terjadi pada salah satu bola mata lebih dulu, dan jika melanjut dapat terjadi pada kedua lensa mata burung. Kejadian katarak terjadi hampir pada semua jenis burung anis merah, anis kembang, kenari, murai batu dan burung lainnya. Dari berbagai literatur yang ada menjelaskan bahwa penyebab utama katarak adalah faktor genetis. Hal ini bisa terlihat pada kasus di lapangan. Misalnya burung kenari jenis YorkShire lebih sering mengalami katarak dibandingkan jenis holand karena banyak kenari jenis YS yang kena katarak sehingga keturunannyapun ada yang mengalami katarak. Mitos yang beredar di kicaumania agak lucu dan tidak benar yaitu katarak disebabkan penjemuran yang terlalu lama atau katarak karena pemberian ulat hongkong. Semua mitos tersebut tidak benar.

Seperti pada manusia, pengeruhan lensa mata dapat diatasi dengan penggantian lensa mata melalui sebuah operasi mata. Sayang sekali hingga kini belum ada industri yang membuat lensa mata burung, sehingga nasib burung yang sakit katarak belum sebaik manusia. Alhasil katarak pada burung belum dapat disembuhkan.

Para peneliti melaporkan pemberian vitamin A dan pemberian nutrisi yang lengkap pada burung dapat menunda proses katarak karena proses reaksi reaksi enzimatis dalam tubuh berlangsung lebih sempurna. saya sangat menganjurkan pemakaian vitamin dan suplemen yang tepat untuk memenuhi nurti pada burung karena kebutuhan gizi burung sangat tergantung pada nutrisi yang diberikan oleh sang pemiliknya (drh.Edi Boedi).”

Nah menurut penjelasan om Duto dan Om Dokter Edi ini, ane pikir singkron, katarak pada Burung bisa diperlambat prosesnya dengan perawatan yang tepat. Bisa jadi dengan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Mengenai ujar2 Om Duto yang menyatakan, kasihan nabi Adam banyak sekali penyakit yang diturunkan.. hehehe nurut ane nggak gitu juga. Penyakit ini bisa datang dari proses evolusi yang panjang, bisa jadi suatu proses mutasi yang menyebabkan mahluk hidup terkena suatu penyakit. Dan penyakit yang datang ini bisa diturunkan juga. Jadi yah belum tentu dari Nabi Adam. Bisa jadi dari cucunya yang kesekian, trus kena Mutasi, trus sakit, mutasi ini merubah struktur gen-nya dan sialnya ini bisa diturunkan..

Makin menarik kan bahasannya.. hehehe ..

Komentar Duto untuk Om Yulpri:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalau soal penjelasan drh Edi, saya tidak tahu apakah itu referensi khusus katarak pada burung ataukah pada manusia?
Kalau pada burung, mungkin pernah dilakukan penelitian dan ada referensinya. Tetapi sejauh ini, referensi soal katarak adalah katarak pada manusia. Nah untuk yang satu ini, saya lebih percaya kepada doker spesialis mata. Mereka (American Academy of Ophthalmology), hanya menyinggung sedikit soal faktor genetis. Sebab, penyebab katarak lebih banyak karena faktor luar (penyakit degeneratif; penurunan daya tahan tubuh dan bukan “penurunan” dalam arti genetis). (http://www.jakarta-eye-center.com/de…=artikel&id=53).

Selain itu, ahli yang lain mengatakan bawa “Penyakit katarak banyak terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia. Hal ini berkaitan dengan faktor penyebab katarak, yakni sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Penyebab lainnya adalah kekurangan gizi yang dapat mempercepat proses berkembangnya penyakit katarak”. (http://www.geocities.com/infokeben/katarak.htm).

Pada artikel lain (http://www.majalah-farmacia.com/rubr…asp?IDNews=816) disebutkan bahwa berdasar penyebabnya, maka ada katarak kongenital, katarak komplikata, katara senilis dan katarak traumatik.
Di sana tidak disinggung soal genetika.
Tetapi mohon maaf, itu tadi referensi katarak pada manusia. Kalau pada hewan (karena Pak Edi adalah dokter hewan), saya benar-benar belum mendapatkan referensinya kecuali memang dari drh Edi itu sendiri yang dikutip Om Yulpri.

Salam,
Duto

Komentar balik Om Yulrpi:

OK Om Duto, ane senang dan bangga diskusi ama Om Duto yang dari dulu ane kagumi tulisan-tulisannya…

Dari reffrensi yang om Duto tuliskan, ane kutip nih dari http://www.jakarta-eye-center.com/de…=artikel&id=53:

“Apakah Penyebab Katarak ?
Sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau bertambahnya usia seseorang. Usia rata-rata terjadinya katarak adalah pada umur 60 tahun keatas.

Akan tetapi, katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda. Penyebab katarak lainnya meliputi :

* Faktor keturunan.
* Cacat bawaan sejak lahir.
* Masalah kesehatan, misalnya diabetes.
* Penggunaan obat tertentu, khususnya steroid.
* Mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.
* Operasi mata sebelumnya.
* Trauma (kecelakaan) pada mata.
* Faktor-faktor lainya yang belum diketahui.

Jelas di sini ane lihat faktor keturunan merupakan salah satu faktor munculnya katarak”.

di http://www.geocities.com/infokeben/katarak.htm ane kutip lagi:

“katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda. Penyebab katarak lainnya meliputi :

* Faktor keturunan.
* Cacat bawaan sejak lahir.
* Masalah kesehatan, misalnya diabetes.
* Penggunaan obat tertentu, khususnya steroid.
* Mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.
* Operasi mata sebelumnya.
* Trauma (kecelakaan) pada mata.
* Faktor-faktor lainya yang belum diketahui.

Kalau berdasarkan jenis kataraknya emang benar sumber yang om Duto sampaikan menuliskan bahwa:

Secara umum terdapat 4 jenis katarak seperti berikut.

1. Congenital, merupakan katarak yang terjadi sejak bayi lahir dan berkembang pada tahun pertama dalam hidupnya. Jenis katarak ini sangat jarang terjadi.

2. Traumatik, merupakan katarak yang terjadi karena kecelakaan pada mata.

3. Sekunder, katarak yang disebabkan oleh konsumsi obat seperti prednisone dan kortikosteroid, serta penderita diabetes. Katarak diderita 10 kali lebih umum oleh penderita diabetes daripada oleh populasi secara umum.

4. Katarak yang berkaitan dengan usia, merupakan jenis katarak yang paling umum. Berdasarkan lokasinya, terdapat 3 jenis katarak ini, yakni nuclear sclerosis, cortical, dan posterior subcapsular. Nuclear sclerosis merupakan perubahan lensa secara perlahan sehingga menjadi keras dan berwarna kekuningan. Pandangan jauh lebih dipengaruhi daripada pandangan dekat (pandangan baca), bahkan pandangan baca dapat menjadi lebih baik. Penderita juga mengalami kesulitan membedakan warna, terutama warna birru. Katarak jenis cortical terjadi bila serat-serat lensa menjadi keruh, dapat menyebabkan silau terutama bila menyetir pada malam hari. Posterior subcapsular merupakan terjadinya kekeruhan di sisi belakang lensa. Katarak ini menyebabkan silau, pandangan kabur pada kondisi cahaya terang, serta pandangan baca menurun.

Heheh jadi panjang nih,,…

Tapi seperti yang disampaikan om Duto, ini katarak pada Manusia, kalau pada burung emang mesti dicari lagi refrensi dan penelitiannya. Tx

Komentar untuk komentar Om Yulpri:

Ya itulah masalahnya Om. Soal penyakit keturunan itu apakah sifatnya genetis (seperti albino misalnya) ataukah “penyakit menurun” dalam konteks yang lain (saya belum menemukan referensi jelas yang menyebutkan bahwa hal itu terbawa oleh DNA orang tua/genetis). Kalau keturunan dalam konteks yang lain ini, di depan pernah saya tulis begini:

“Penyakit keturunan” sebenarnya ada yang menurun lewat gen, tetapi ada yang menurun berdasar struktur organ tubuh. Orang yang berpenyakit asma, biasanya menurunkan keturunan yang juga berpenyakit asma, nah bagaimana logikanya? Logikanya, yang “menurun” itu sebenarnya adalah kesamaan struktur organ tubuh. Orang dengan bidang dada sempit (yang membuat orang mudah kena penyakit asma ataupun TBC) misalnya, akan menurunkan anak yang cenderung berdada sempit juga, dan kondisi ini memang berisiko besar kena penyakit asma atau sesak nafas. Apalagi dalam kasus TBC, mereka akan sering kontak dalam hidup keseharian dan akhirnya berisiko besar tertular.

Nah mangga dilanjut.

Salam,
Duto

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

27 Comments

  1. saya ada terjumpa seekoranak burung layang-layang yang patah kaki tapi saya hairan dari hari pertama jumpa burung itu tidak pernah membuka matanya. .adakah burung itu buta?? dan kenapa dia seperti sakit teruk sehinggatidak mampu bangun dan makan sendiri??

  2. pagi om..
    sy lagi cari referensi soal katarak pd MB wat dapatkan perawatan yg pas wat MB sy yang kebetulan kena katarak mata kanan nya, tp sy jd trgelitik dgn diskusi om duto dan om yulpri jg drh. edi.. yg lebih mnggelikan adalah koment drh. edi yg mngatakan geli atas koment2 kawan2 yg mngatakan bhw katarak bs di sebabkan karna cahaya mthr dan EF..mnrt sy sprt nya drh.edi kudu lbh bnyk belajar lg dan mengup date ilmu kedoktrn hwn nya.. wat om yulpri kyknya justru trlalu bnyk belajar sampai bawa2 referensi pnykt pd manusia.. katarak pd bayi bukan disebabkan karna virus melainkan kegagalan pmbentukan jaringan2 struktur mata yg tak smpurna serta cairan ketuban yg trlalu pekat dan mngandung zat2 iritatif yg disebabkan karna ibu mengkonsumsi zat2 trtentu atau obat2an trtentu selama kehamilan..smp saat ini belum ada satu penelitianpun yg mngungkapkan dngn valid prosentase katarak dpt diturunkan oleh ortu..jd katarak bukan pnyakit kturunan.. sbg praktisi kesehatan pd manusia sy cenderung mnjadikan pengalaman kawan2 dalam hal katarak pd burung sbg bahan referensi..

  3. pada dasarnya katarak bisa disembuhkan cuman semuanya bth proses yg tdk sebentar,jika memungkinkan bintik putih blm terlalu besar ato sdh terlihat gejalanya,kemungkinan bs sembuh 99% dan terapi yg bs diberikan bervariasi 2-10 minggu tetapi jk sdh terlalu parah mungkin bs disembuhkan selama minimal 2-6 bln itupun hsl yg pernah saya ujikan pd anis kembang hanya pulih skt 85% dan saat ini masih saya teruskan terapi tsb,dari 11 burung yg sy uji coba (2 brg kenari br gejala katarak sembuh 99% janngka waktu -+3 minggu,4 brg kenari yg sebelah mata boleh dibilang buta sembuh 90%wkt variatif rata2 3bln,4brg kenari katarak 2 bola mata saat ini sdh mulai bs melihat dlm wkt 4,5bln,dan kasus yg paling aneh thd anis kembang 2 bola mata katarak tetapi jumlah dosis saya tingkatkan pemakain 2 kali sehari sat ini boleh dibilang 70% sembuh ato bintik htm sdh mulai samar2,ini semua saya utarakan dgn sampel brg kenari krn keterbatasan anggaran dlm penelitian,itupun utk kemajuan dunia kicau mania!bagi yg mempunyai brg selain kenari bs saya kasih sampel obat tsb gratis,anda cukup memberikan imbal balik berupa perkembangan penyakit katarak pada brg anda setiap minggunya sehingga sgt bermanfaat bg kicau mania,walaupun saya bukan lulusan dari jerman….

  4. salam kicau mania,Om Duto..

    pertama: “selamat menunaikan ibadah puasa” 1433 H.
    kedua: mohon dijawab ya om cause ga tega liat burung ksayanganku ini…hehe
    -sy slh 1 fans om Duto yg sllu bc & download suara burung dah lama.
    trtarik diskusi diatas sy ada prtnyaan:1.sy pnya burung poksay seprtinya tnda2 katarak,ada ttk pth dimatanya.apa itu blm parah Om?gmn ngatasinnya/obatnya?sy dah cb dgn tetes mata lotte,minyk ikan(enervita),Super N,tdnya sktnya prh trs sy ksh bodrek dkt skrng mndingan.gmn menurut Om?

    • sejauh ini memang belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan katarak pada burung, namun ada beberapa cara alternatif yang sifatnya cocok atau tidak karena disesuaikan dengan tingkat ketebalan kataraknya.

      • makasih,om Duto..
        memang kt manusia hnya bs berusaha…ksmbuhan/kematian burung kita pasrahkan sama Allah.
        Om kalo yg dah parah tu ga bs ngliat sama sekali yah Om,trs akhirnya gmn tuh Om..
        klo poksay saya refleknya msh bgs,ktika tangan sy mau mraih/masuk kandang burung.tp knp ya burungnya jd suka kagetan.Om,
        sy bukan tngn prtama pnya poksay jambul ini..ni boleh bli dipsr crg, mrh loh Om cmn dibayarin 30rb tox..hehe
        tp burung dlm keadaan skt bgitu,tdinya si ngringkuk aja skarang mau bnyi dikit2.. 🙂

  5. Duto ngeyellll.. Ttp gak mw ngalah… Keras kepala.. Omonganya ngalah2in dokter… Kalo emng lebih tau knapa gk jadi dokter hewan aja…. Sok pinter…

    • Hehehe, bukan masalah ngalah2in dokter Om nJul (maaf, saya tahu kok IP dan identitas Om). Santai saja Om, kalau ada dokter hewan yang merasa tersinggung silakan menggugat tulisan saya. Selama ini juga tidak ada dokter hewan yang bisa ngilangin katarak 100%. Soal katarak pada burung, semua masih teori saja yang benar.
      Atau kalau Anda tidak sepakat, ya kirim saja komentar dan ngggak perlu sok bodoh hehehe…

      • setuju om duto, kita mencari solusi bukan mencari keruhnya masalah yang ada. biar gimana pun burung adalah salah satu makhluk ciptaan TYME dan mempunyai nyawa. ga ada salahnya mencari solusi bukan malah mencari acara baru.

    • kalo anda merasa hebat om iwan, boleh buka lembaran alamat web baru, dan lihat alhasilnya. semua persaudaraan om, jangan ada dendam diantara saudara2 kita. mohon maaf lahir dan batin sebelumnya.

  6. Saya nanya, burung saya anis merah terkena katarak kedua matanya. Obatnya apa? Kalao ada saya mau beli, berapa harganya? tolong hub saya 031-36000993. Terimakasih

  7. Begini om2 saya mau gabung, katarak menurut saya karena mata burung terlalu banyak menerima intensitas cahaya yg berlebihan, kasus burung katarak selalu menimpa pada burung peliharaan tidak pernah ada burung liar yg terkena katarak padahal kalau malam hari burung2 liar tsb tidur ditempat yg notabene gelap gulita yaitu didahan pohon didalam hutan. Burung peliharaan sering mengalami perlakuan yg berlebihan saat penjemuran walaupun burung butuh sinar matahari tapi burung liar tidak pernah menjemur dirinya selama berjam-jam tidak seperti yg dialami burung peliharaan, jadi kuncinya kalau kita tidak menginginkan burung kita terkena katarak maka kita dilarang untuk memperlakukan secara drastis dari kondisi silau langsung ke kondisi gelap, itu menurut pendapat saya om.

  8. Om Duto, numpang komentar sedikit.
    Sy bukan hendak memperjelas, krn paparan diatas sudah sangat gamblang. Apalagi penjelasan diatas menyertakan kutipan-kutipan dari sumber terpercaya.

    Sy hanya igin memberi contoh lain yg logikanya sangat sederhana tentang penyakit turunan.
    Sejalan dengan pendapat Om Duto diatas, bahwa peyakit turunan itu disebabkan karena ada kesamaan morfologi.

    Jd memang ada beberapa penyakit turunan, akan tetapi yg diturunkan itu bukanlah penyakitnya melainkan potensi struktur morfologinya yg diwarisan oleh gen dari leluhurnya. Contoh paling sederhana pada sakit gigi. Sakit gigi juga termasuk penyakit turunan.

    Struktur gigi yg sedikit berantakan memiliki potensi sakit gigi lebih besar dibandingkan dengan orang yang struktur giginya lebih rapih. strutur gigi yg berantakan ini megakibatkan sisa-sisa makanan sulit untuk dibersihkan, apalagi jika yg bersangkutan malas untuk menggosok giginya, maka akan mempercepat sakit giginya melebihi kecepatan daripada saudaranya yg giginya lebih rapih..

    Struktur gigi inilah yg di wariskan kepada anaknya. Apakah semua anak-anaknya mewarisi struktur gigi yg berantakan, jawabya belum tentu.
    Jika kebetulan ada salah satu anak mewarisi struktur gigi yang berantakan, maka ia memeiliki potensi sakit gigi lebih besar dibandingkan dengan saudaranya yang struktur giginya lebih rapih. Apakah anaknya yang berstruktur gigi berantakan pasti akan sakit gigi ?
    Inilah jawabannya. Ia akan terbebas dari sakit gigi bila frekuensi gosok giginya lebih sering dibanding saudaranya yg struktur giginya lebih rapi. Gosok gigi merupakan faktor yg dapat mecegah atau menunda datangnya penyakit gigi.

    Bagi yang memiliki keturunan penyakit asma, maka ia harus berupaya agar ia tidak tinggal di daerah dingin. Ia akan terbebas dari astma jika ia berada di daerah hangat meskipun ia memiliki warisan astma.

    Kembali ke tema diatas, bisa jadi katarak itu peyakit bawaan. Maka, tugas kita adalah menjauhkan faktor penyebabnya untuk mencegah atau memperlambat. Seberapa besar terjadinya penyakit menurun itu akan berulang ? bergantung kepada seberapa besar potensi yg diwariskannya dan seberapa besar pula usaha untuk menjauhkan faktor penyebabnya.

    Kesimpulannya adalah, tidak semua penyakit bawaan itu pasti terjadi pada keturunanya.

    Bagaimana Om Duto ?

  9. mas …saya tertarik mengenai burung wiwik…..yang saya mau tanyakan….jenis burung wiwik ada berapa ya?…ada gak ya gambar pendukung mengenai wiwik…dan jenis makanannya apa ya…dan kalau boleh tau…berapa ya harga burung wiwik…kl beli dipasaran….thxs

  10. Mo nanya mas…
    Gimana klu burung yang sudah kena penyakit katarak tersebut, apa ada obatnya atau penyembuhannya ?
    Thanks sebelumya.

    Jawab:
    Untuk saat ini belum ada caranya kecuali dioperasi layaknya operasi mata pada manusia..tetapi hehehe biayanya sama hasilnya apa dianggap sebanding??
    Itulah masalahnya Om.

    Salam,
    Duto Solo

    • kl mau pake obat hsl penelitian saya kebetulan saya butuh relawan utk uji coba obat tsb,selama ini saya coba pd brg saya tingkat kesembuhan bs 70%,krn kebetulan anis saya tsb kena katarak yg cukup parah boleh dibilang utk makan dan minum cuman hapalan saja,tp stlh saya terapi selama 2 bln skrg bintik putih pd mata mulai pudar dan sdh bs melihat,mungkin kl tingkat kataraknya belum parah mudah2an bs sembuh total

  11. hal2 yang sering muncul dikalangan kicau mania kadang2 lucu2 jg ya.kalo orang jawa bilang mereka hanya menggunakan “ilmu titen”.atawa ilmu yang dideapat dari mengamati hal2 yang biasa terjadi dalam kehidupan.bahkan cenderung memunculkan “PHOBIA”2 berbagai macam dikalangan kicau mania.seperti kalo jaman dulu mbah2kita sering pada bilang misal,JANGANLAH PADA MAIN2 DILUAR RUMAH JIKA MATAHARI MULAI TENGGELAM,NTAR DIMAKAN BATHARA KALA.atau ada ladi JANGAN KEBANYAKAN MAKAN BRUTU(PANTAT AYAM) tar bisa jadi orang pelupa dsb.jadi lebih baik kita percaya ma yg ilmiah 2 aja dah.hari gini…ya to?kan udah melalui uji klinis tuh..dan dari sumber atau referensi yg dapat dipertanggung jawabkan karena telah melalui berbagai macam uji klinis dan riset2 yang udah matang.sekian terima kasih.

    Jawab:
    Memang banyak mitos melingkupi kehidupan burung, sampai-sampai ada yang menulis soal “Burung Rajanya Mitos” seperti di bawah ini:

    Burung Rajanya Mitos

    Harus diakui, burung adalah contoh satwa yang teramat dekat dengan kehidupan manusia. Begitu dekatnya burung dengan manusia, banyak aspek dalam kehidupan manusia yang dikaitkan dengan aktivitas burung. Singkatnya, aktivitas burung bisa dijadikan perlambang atau pertanda akan datangnya berbagai kejadian. Ada banyak contoh perilaku burung yang diartikan sebagai pertanda akan terjadi suatu hal di masyarakat. Misalnya, burung perenjak jawa (Prinia familiaris) yang mengoceh di depan rumah dapat diartikan sebagai pertanda akan ada tamu, akan ada kebakaran, atau akan ada rezeki tak terduga. Kicauan burung wiwik (Cacomantis merulinus) malah bikin hati kebat-kebit karena bisa diartikan akan ada kematian. Begitu pula datangnya gagak atau gaok hitam (Corvus macrorhynchus) juga bisa diartikan sebagai penjemput ajal. Masih banyak lagi contoh-contoh yang lain, yang tidak hanya terjadi di Indonesia, khususnya Jawa, tetapi juga di mancanegara.
    “Sejauh ini hubungan burung dengan berbagai kejadian atau fenomena alam itu memang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Meski kenyataannya memang sering terjadi, kicauan perenjak di depan rumah diikuti dengan kedatangan tamu beberapa saat kemudian, tetap saja itu bukanlah pembuktian yang sahih”.

    Toh, banyak rumah lain yang tidak didatangi perenjak juga ada tamu. Ini artinya, segala teori yang menghubung-hubungkan perilaku burung dengan berbagai kejadian itu hanya sebatas mitos, atau kepercayaan yang diyakini bersama oleh masyarakat tanpa ada pembuktian ilmiah.

    Pada umumnya (berlaku universal di seluruh dunia), burung dibedakan menjadi dua kelompok pembawa berita. Kelompok pembawa berita buruk adalah elang, gagak, dan nasar. Sementara burung perenjak, wiwik, dan kedasi adalah kelompok burung pembawa kabar baik sekaligus buruk.

    Jika pembaca kebetulan pernah menyaksikan film semi mistis karya Alfred Hitchcock bertajuk The Birds, mungkin Anda akan mendapat gambaran lumayan jelas mengapa perilaku burung dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh manusia. Tentu saja, penjelasannya juga versi Hitchcock yang rajanya misteri. Secara sederhana, perkara mitos ini bisa dijelaskan dengan pemahaman bahwa burung memiliki ketajaman visual yang lebih dibanding manusia.

    Akhirnya, daripada pusing dan bingung memikirkan benar atau tidaknya mitos burung-burung itu, lebih baik kita kenali lebih dekat burung-burung raja mitos tersebut.

    Perenjak jawa (Prinia familiaris)
    Perenjak jawa (Prinia familiaris) termasuk suku Silviidae yang biasa hidup di hutan bakau dan areal terbuka terutama di kebun. Selain perenjak jawa, yang termasuk dalam suku ini adalah perenjak gunung (Prinia atrogularis), perenjak padi (Prinia inornata), perenjak cokelat (Prinia polychroa), dan perenjak rawa (Prinia flaviventris).

    “Di antara kelima spesies ini, perenjak jawa yang paling terkenal di kalangan masyarakat Jawa, karena suaranya yang keras dan khas itu banyak diartikan sebagai pertanda berbagai hal dalam kultur Jawa”.

    Suara “cwuit-cwuit-cwuit…”-nya bisa jadi pertanda akan datangnya kejutan menyenangkan. Namun, konon suaranya juga bisa berubah menjadi tanda bahaya atau tak menyenangkan, yaitu jika berbunyi “hiiii-hiii-hiii”. Memang, umumnya perenjak bersuara ribut bersama kawanannya saat mencari mangsa di tanah sampai pucuk pohon.

    Burung yang umumnya berwarna cokelat, kuning, dan hijau ini sangat lincah memburu mangsa di antara dedaunan. Ukuran tubuhnya sekitar 13 cm dengan sayap bergaris putih khas serta ujung ekornya hitam-putih. Sementara itu, tubuh bagian atas cokelat sampai kehijauan, dengan tenggorokan dan dada tengah putih.

    Seperti jenis-jenis burung berkicau lainnya, ancaman terbesar yang dihadapi raja mitos ini adalah penangkapan untuk perdagangan. Kondisi ini diperparah dengan habitat yang menyusut, terutama di perkotaan.

    Kedasih / Wiwik (Cacomantis merulinus)

    Suara burung ini kadang kala memang membuat bulu kuduk berdiri. Hiii-tii-ti, ti, tir-ri-ri-ri-ri. Hiii-tii-ti-ti, tir-ri-ri-ri-ri! Mula-mula naik nadanya, kemudian turun ketika memekik tir-ri-ri-ri-ri. Konon, suara ini adalah pertanda bahwa sebentar lagi akan datang malaikat el-maut, tepat di tempat si wiwik memekik tadi.

    Kicauan burung wiwik sebenarnya tidak perlu terlalu ditakuti karena suaranya tergantung pada suasana hatinya sendiri. Pada musim hujan, suaranya jadi murung. Nada suaranya rendah atau menurun, seperti orang kecewa: pi-u-wit, pi-u-wit. Sementara pada saat suasana cerah dan ketersediaan pakan melimpah, burung ini sangat girang sehingga nada suaranya pun ikut riang: ti-ti-tuit, tii-ti-tuit, tii-ti-tuit. Nyanyian hati yang berbunga-bunga ini diteriakkan berulang kali sampai membuat gemas pendengarnya.

    Nah, suara yang ditakuti manusia sebenarnya terjadi karena suasana hati wiwik yang sedang mendung seperti cuaca saat itu. Kicauannya memang jadi terdengar menyedihkan: hiii-tii-ti-ti, tir-ri-ri-ri-ri, hiii-tii-ti-ti, tir-ri-ri-ri-ri, berulang dua sampai tiga kali. Bunyi sedih itu pula yang oleh orang Jawa dijadikan pertanda akan ada orang meninggal.

    “Apakah ada hubungan antara hati burung yang sedih dengan ajal, atau cuaca yang mendung dengan orang meninggal? Sampai saat ini tak ada yang pernah menguji dan membuktikannya secara ilmiah. Artinya, ramalan burung wiwik belum bisa disebut akurat dan berlaku universal”.

    Burung ini juga ketiban rezeki disebut-sebut sebagai peramal maut yang ulung. Dahulu kala, kalau ada gaok hitam berkaok-kaok di sekitaran sebuah rumah, pasti pemilik rumah jadi ketakutan karena akan segera menemui ajal. Teriakan rendah dan berat: aaa-ok,aaa-ok pun jadi mimpi buruk penduduk.

    Gagak

    Mungkin, satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah gaok hitam memang paling akrab dengan bangkai. Begitu ada bangkai, rombongan gaok akan langsung datang berbondong-bondong mengerubuti bangkai itu. Jadi, kedatangan gaok di perkampungan atau sekitar perumahan diindikasikan sebagai ramalan bahwa di tempat itu ada atau bakal ada makhluk yang jadi bangkai. Alhasil, semua orang ketakutan dijemput el-maut dan mengusir-usir si gaok agar jauh-jauh dari rumahnya.

    Burung hantu

    Di sini, burung hantu banyak sekali dikaitkan dengan berbagai mitos yang menyeramkan. Atau singkatnya, burung ini doyan dekat-dekat dengan hantu atau setan sehingga suaranya jadi pertanda keberadaan hantu. Tapi ternyata, burung hantu ini tak hanya terkenal sebagai raja mitos di negeri ini, melainkan juga di mancanegara, Konon, di India, suara burung hantu bisa jadi pertanda akan datangnya kematian.

    Namun, di negeri itu, burung hantu juga kondang sebagai penyembuh sakit jantung. Sementara itu di Yunani lain lagi, kalau ada burung hantu yang terbang mengitari pasukan yang tengah berperang, maka pasukan itu dijamin bakal menang.

    Usut punya usut, burung hantu adalah nama yang diberikan kepada kelompok burung yang aktif pada malam hari. Terbangnya sama sekali tidak berisik alias tanpa suara, meluncur saja seperti hantu. Orang awam atau nenek-kakek kita dulu menyangka burung ini bisa terbang seperti hantu karena berkawan dengan hantu.

    “Padahal secara ilmiah, terbang senyap ini bisa dilakukan burung hantu karena bulu sayap mereka yang sangat halus seperti beludru. Bulu halus ini meredam suara kepakan sayap dan gesekan angin saat tubuhnya melaju kencang memburu mangsa. Sehingga, calon mangsa tidak menyadari kedatangannya sampai tak bisa mengelak dari sergapan burung hantu. Selain itu, terbang senyap juga diperlukan agar burung hantu tak terganggu suara kepakan sayapnya sendiri”.

    Di dunia ini burung hantu ada macam-macam, ada yang namanya serak (Tyto), celepuk (Otus), ada pula yang disebut jampuk (Bubo).

    Tapi yang jelas, semuanya memiliki ciri khas aktif di malam hari, bisa terbang tanpa suara, matanya menghadap ke depan seperti mata manusia dengan bola mata besar yang selalu melotot, serta kepalanya bisa berputar hingga 230 derajat.

    Cerita tentang raja-raja mitos ini memang tak ada habisnya. Namun, alih-alih memperpanjang perkara mitos yang tiada hentinya itu, lebih baik menambah pengetahuan kita tentang khasanah burung Nusantara yang unik. Mitos boleh terus melegenda dalam masyarakat, tapi ornitologi harus terus berkembang dan jangan terpaku pada mitos tanpa pembuktian ilmiah. (Sumber: kicaumania.or.id dan Burung Indonesia)

    Salam,
    Duto

Komentar ditutup.