Murai Batu (5): Karakter suara dan pemasterannya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Jenis dan karakter kicauan murai batu (MB) bermacam-macam. Menurut Om Herry Aceh di forum MB www.kicaumania.or.id, karakter tersebut antara lain:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

1. MB yang dominan ngerol.
2. MB yang dominan nembak
3. MB yang mengkombinasikan antara ngerol dan nembak

Om Herry selanjutnya mengatakan, jika kita dapat menilai karakter atau tipikal dari kicauan MByang kita miliki, maka akan mudah bagi kita dalam memaster MB tersebut. Ada sedikit korelasi antara jenis dan tingkat ketebalan paruh dengan karakter kicauan dari MB, tapi perlu diingat, ini baru sebatas hipotesis. MB dengan paruh pendek dan tipis lebih berkarakter ngeroll, sedangkan MB dengan paruh panjang lebih berkarakter nembak.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

“Jika kita sudah dapat memahami karakter kicauan MB kita, maka untuk memaster MB tersebut dibutuhkan penyesuaian jenis suara master agar MB dapat memaster suara masterannya dengan baik,” katanya.

Intinya, demikian Herry, MB akan lebih mudah dimaster jika kita dapat menyesuaikan jenis suara master dengan karakter kicauannya. Contoh kecil, jika kita memiliki MB dengan karakter ngerol, maka burung atau suara kenari yang juga berkarakter ngerol akan mudah dimaster ke MB. Demikian juga sebaliknya, jika MBnya berkarakter nembak, maka suara kenari akan sulit dimaster ke MB tersebut.

Makanya jangan heran jika MB kita sudah lama ditempel dengan kenari, tapi suara kenarinya tidak masuk ke MB, malah suara lain yang lebih cepat masuk ke MB tersebut.

Memaster untuk tujuan lomba

Berkaitan dengan persoalan memaster MB ini, saya menyampaikan tips untuk “penggila lomba”. Begini:

Kalau Anda sudah mengenali karakter suara MB Anda, maka jangan pernah diisi dengan beragam isian ketika waktunya memaster. “CUKUP DIISI DENGAN SATU ISIAN” saja. Katakanlah MB Anda sesuai diisi dengan suara CJ, maka isi saja dengan itu. Hilangkan semua suara lain yang merangsang MB untuk menirukannya. Tujuannya jelas, agar si MB mahir menyuarakan suara CJ tapi relatif “bego” mendendangkan suara lain.

Artinya, benar2 hanya suara CJ yang selalu ditembakkan MB Anda ketika digantang di lapangan. Dengan tanpa memiliki “referensi” lain, maka ketika MB Anda ngotot menyemprot lawan kesana kemari di lapangan, benar2 sangat monoton menyuarakan CJ. Tetapi itu luar biasa, akan terdengar sangat-sangat dominan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Begitu juri melakukan kontrol (putar) pertama, dia akan ditarik perhatiannya pada suara MB Anda. Demikian pula halnya ketika kontrol kedua dan ketiga. Maka yakinlah bahwa MB Anda bakal mendapat nilai mentok dari semua juri (juri dalam kondisi “normal”).

MB seperti ini, kalahnya hanya oleh MB yang selalu nembak keras dengan suara variatif. Tetapi MB bersuara variatif yang bisa dikeluarkan semua di lapangan, adalah seribu:satu

Tips ini saya sampaikan berdasar catatan saya atas penampilan MB orang Magelang (Borobudur namanya kalau saya tidak salah ingat; milik “Gank” New Armada) satu-dua tahun lalu. Dia menyabet favorit B karena dari awal sampai akhir selalu menembakkan suara LB (padahal bukan crecetannya, tetapi sekadar suara “cing-cing-cing”-nya). Tetapi pada akhirnya memang sangat2 terdengar mendominasi.

Sebagai catatan: tips ini hanya berlaku untuk “parameter” yang digunakan juri saat ini. Sebab, bagi Anda yang sudah lama berkecipung di per-MB-an, pasti masih ingat bahwa MB yang bagus di zaman lampau adalah yang bisa mengeluarkan suara air mancur yang terus-menerus berkepanjangan. Untuk masa yang akan datang, wallahualam.

Catatan tambahan: Bagi Anda yang memelihara MB untuk rumahan, jangan sekali-kali menggunakan tips ini. Sebab kalau suara monoton cililin yang ingin Anda isikan ke MB Anda, maka sebaiknya memelihara cililin saja, nggak perlu repot2 memasternya, hehehe.

Salam, Duto

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. menurut om sendiri,klo Mb bs membawakan suara kenari, Lovebird, cililin, jenggot, kapas tembak, greja tarung, rambatan & jangkrik apakah termasuk karakter suara roll & tembak? mungkin gk smua isianya itu kluar saat lomba? krn Mb sy bs membawakan smua suara yg sy sebutkan diatas saat dirumah, tp hanya beberapa suara saja yg dikeluarkan saat lomba.

  2. om gue mau tanya nih. gue punya MB dah ngeplong suaranya gede tapi kalo di adu ngak mau kalo umur dah cukup untuk di adu. gimana tuh ngatasin nya ? thanks

  3. om?? tolong bantuanya,,,
    MB saya kenapa susah sekali ngeplong, tiap hari cuma ngeriwik, padahal sudah selesei mabung 2 bulan yang lalu.
    oktober rontok bulu, november tumbuh bulu badan, desember tumbuh ekor total selesei, tp kenapa sampai sekarang masih susah sekali ngeplong, apa karakter si MB emang begitu om??

    • kasi aja ef nya lebih banyak. kalo gue biasanya kasi jangkrik pagi 10 sore 10 trus sampai mb nya ngeplong. kalo dah ngeplong baru di kurangin sedikit2 sampai normal kembali. kalo masih belum mau juga coba pake metabolisme

  4. om,.1 mnggu lalu saya beli MB,saya beli 2,tapi usianya beda,,..yang saya tanya bisa ngak mereka dimaster sama sama,trus suara apa yang cocok om,..makasih

  5. Om.. Saya Mau Tanya, Saya punya murai batu aceh Yang Kebetulan Ujung Paruh Bawahnya Patah… Kondisi Badan Sehat Dan tetap Gacor… Kira-kira ada gha efek negative dengan patahnya ujung paruh MB tersebut Terhadap volume dan tembakannya om…?berharap dapat respon dari OM sebagai acuan. Terimakasih Om.

  6. Om..
    Saya punya MB baru beli, masih muda..
    Sebaiknya bagaimana ya om cara saya yang baik merawat MB untuk lomba dan harian..
    Apalgi ketambahan MB belum bunyi-bunyi..
    Tolong infonya ya om..
    Terima kasih..

Komentar ditutup.