Murai Batu (5): Karakter suara dan pemasterannya

Iklan gratis jual beli burung di sini

Jenis dan karakter kicauan murai batu (MB) bermacam-macam. Menurut Om Herry Aceh di forum MB www.kicaumania.or.id, karakter tersebut antara lain:

1. MB yang dominan ngerol.
2. MB yang dominan nembak
3. MB yang mengkombinasikan antara ngerol dan nembak

Om Herry selanjutnya mengatakan, jika kita dapat menilai karakter atau tipikal dari kicauan MByang kita miliki, maka akan mudah bagi kita dalam memaster MB tersebut. Ada sedikit korelasi antara jenis dan tingkat ketebalan paruh dengan karakter kicauan dari MB, tapi perlu diingat, ini baru sebatas hipotesis. MB dengan paruh pendek dan tipis lebih berkarakter ngeroll, sedangkan MB dengan paruh panjang lebih berkarakter nembak.

TBB bikin burung ngos jadi joss

“Jika kita sudah dapat memahami karakter kicauan MB kita, maka untuk memaster MB tersebut dibutuhkan penyesuaian jenis suara master agar MB dapat memaster suara masterannya dengan baik,” katanya.

Voer jangkrik luar biasa

Intinya, demikian Herry, MB akan lebih mudah dimaster jika kita dapat menyesuaikan jenis suara master dengan karakter kicauannya. Contoh kecil, jika kita memiliki MB dengan karakter ngerol, maka burung atau suara kenari yang juga berkarakter ngerol akan mudah dimaster ke MB. Demikian juga sebaliknya, jika MBnya berkarakter nembak, maka suara kenari akan sulit dimaster ke MB tersebut.

Makanya jangan heran jika MB kita sudah lama ditempel dengan kenari, tapi suara kenarinya tidak masuk ke MB, malah suara lain yang lebih cepat masuk ke MB tersebut.

Memaster untuk tujuan lomba

Berkaitan dengan persoalan memaster MB ini, saya menyampaikan tips untuk “penggila lomba”. Begini:

Kalau Anda sudah mengenali karakter suara MB Anda, maka jangan pernah diisi dengan beragam isian ketika waktunya memaster. “CUKUP DIISI DENGAN SATU ISIAN” saja. Katakanlah MB Anda sesuai diisi dengan suara CJ, maka isi saja dengan itu. Hilangkan semua suara lain yang merangsang MB untuk menirukannya. Tujuannya jelas, agar si MB mahir menyuarakan suara CJ tapi relatif “bego” mendendangkan suara lain.

Artinya, benar2 hanya suara CJ yang selalu ditembakkan MB Anda ketika digantang di lapangan. Dengan tanpa memiliki “referensi” lain, maka ketika MB Anda ngotot menyemprot lawan kesana kemari di lapangan, benar2 sangat monoton menyuarakan CJ. Tetapi itu luar biasa, akan terdengar sangat-sangat dominan.

Begitu juri melakukan kontrol (putar) pertama, dia akan ditarik perhatiannya pada suara MB Anda. Demikian pula halnya ketika kontrol kedua dan ketiga. Maka yakinlah bahwa MB Anda bakal mendapat nilai mentok dari semua juri (juri dalam kondisi “normal”).

MB seperti ini, kalahnya hanya oleh MB yang selalu nembak keras dengan suara variatif. Tetapi MB bersuara variatif yang bisa dikeluarkan semua di lapangan, adalah seribu:satu

Tips ini saya sampaikan berdasar catatan saya atas penampilan MB orang Magelang (Borobudur namanya kalau saya tidak salah ingat; milik “Gank” New Armada) satu-dua tahun lalu. Dia menyabet favorit B karena dari awal sampai akhir selalu menembakkan suara LB (padahal bukan crecetannya, tetapi sekadar suara “cing-cing-cing”-nya). Tetapi pada akhirnya memang sangat2 terdengar mendominasi.

Sebagai catatan: tips ini hanya berlaku untuk “parameter” yang digunakan juri saat ini. Sebab, bagi Anda yang sudah lama berkecipung di per-MB-an, pasti masih ingat bahwa MB yang bagus di zaman lampau adalah yang bisa mengeluarkan suara air mancur yang terus-menerus berkepanjangan. Untuk masa yang akan datang, wallahualam.

Catatan tambahan: Bagi Anda yang memelihara MB untuk rumahan, jangan sekali-kali menggunakan tips ini. Sebab kalau suara monoton cililin yang ingin Anda isikan ke MB Anda, maka sebaiknya memelihara cililin saja, nggak perlu repot2 memasternya, hehehe.

Salam, Duto

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

31 Comments

  1. Harga 75rb.
    Cara beli: Transfer uang senilai barang yg dibeli plus ongkos kirim 20rb (Jawa) atau 25rb (luar Jawa) ke Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174. Setelah itu informasikan pengiriman ke 085727391224, beserta nama dan alamat lengkap penerima barang.
    Pembelian senilai 300rb ke atas bebas ongkir.

  2. Slm kicau om.sy mau nanya cara ngobatin mb yg megap megap karna hidung tersumbat lendir,gimana cara atat apa ada obatnya om? Terimakasih

  3. Om sy mau nanya sy punya mb kira kira sdh satu bulan sy beli tapi bunyinya hanya subuh saja pagi sore jarang sekali om, makasih jawabannya.

  4. saya mau tanya om! sy pelihara MB bahan lebih dri 7 bulan dapat dri temen, katanya lampung super. tp smpi sekarang bulu ekornya masih seperti awal sy beli kira2 7 cm. apakah MB saya benar lampung super?

  5. Om biar MB cepet ngevoer gimana , kmaren saya punya MB tapi mati gara2 d kasih jangkrik, tolong pencerahannya soalnya gelap nie hehehehe

  6. om aku bru sebulan dapat anakan mb medan dari penangkar tp non ring umur sekarang 5bln blm ganti bulu lagi tpi udah ngeplong2, dirumah jg ada poci,murai,am, yg sudah gacor,yg sy mau tanya mentalnya jd drop gak om nanti sy pya mb yg masih muda ini, selama 1bln dirumah emang blm pernah ku dekatkan lg ama burung2 yg lain, om kash solusinya… dan makasih om

  7. om,aku punya murai medan(baru transfer punya orang rumahan).orangnya dulu punya brg cucak rowo lah sewaktu dirumah sempat keluar suara cucak rowonya ..apa bisa di master pake kaset cucak rowo lgi?brpa lama pemasterannya?

  8. Boss saya baru coba miara MB (kata yang jual sih MB Lampung Super), saya beli bakalan buntutnya panjang sih, tapi suara belum ada masih cuma crak…..crak….crak….aja kalau dideketin kaya takut gitu dan belum bunyi.
    Gimana ya cara bikin MB saya bunyi?
    Saya udah pake kaset juga Beli di pramuka masteran Murai….
    Mohon dibantu ya BOsss……….

    Suwun…..

    • tembak kroto om???terus kalo masih MH jangan digantung ditempat ramew nanti kalo udah makan voer baru diajaerin bertahap ajah begitu ya om duto wahh. nanti ajah pakarnya yang njawab heheheheeeeeee

  9. salam kicau selalu
    mas duto saya berasal dr lahat mas
    saya punya mb dr asal kota sendiri yg saya mau tanya
    1.apakah salah memasterkan burung kl usianya masih muda mas
    2.apakah salah kl kita memasterkan burung dgn suara mb yg sdh juara mas,apakah tidak membuat mb saya malah jd down mas krn mb saya masih muda
    3.apakah murai batu yg masih muda boleh kita bawa kegantungan kumpul ma mb yg senior,kl blh mas berapa kali sebagusnya saya bawa mb saya mas conth apakah 1 minggu 1 kali ,pernh saya bawa 1 kali mentalnya bagus dan kicaunya uda ngebuka mas ada sekalikali mengeluarkan suara brng kecil kecil mas
    4.maaf saya banyak bertanya mas ,mohon pencerahaannya mas bisa diforum ini atau diemail saya mas terimakasih,salam buat kelrg disana

  10. mau tanya om…
    MB lg ngurak boleh gak diberi ascaristop/obat cacing ?apakah bs mempengaruhi pertumbuhan bulu baru? kapan saat yg tepat utk pemberian obat cacing trsebut? mohon petunjuknya omm..thanks

  11. om murai saya tergolong masih muda, mental bagus. tapi susah sekali sya memasternya. menentukan tipe burungnya sya juga susah. ngerol pendek di akhirnya nembak pendek.
    sudah turun beberapa kali lomba gaya masuk.
    suara master apa yg cocok ya om, dan bagaimana cara memasternya yg mudah, trimakasih

  12. Salam kenal om kicau….saya punya masalah dgn MB saya yg baru..swaktu beli saya cek MB tsb sudah gacor dan volume+mentalnya+isian cibleknya lumayan,.stelah saya bli pas dirumah MB tsb jd mogok bunyi..bahkan ngk ada ngriwiknya….pertanyaan saya :
    1. Apakah burung itu stres krn dlm perjalanan hampir 4jam (catatan jalannya jelek
    shga sangkar+MBnya pasti terguncang keras)?
    2. Apakah dia takut dgn MB lama saya yg sudah saya miliki dirmh sebelumnya krna
    volume+tembakannya keras..bisa kemungkinan dia takut?
    3. Tolong saran & solusinya om krna saya yakin MB baru tsb pnya potensi…
    (Catatan : Secara fisik MB tsb berbadan besar,paruh panjang, ekor sedang,.tidak liar..sudah 1xmabung)..
    Trimakasih byk om…smoga kebaikannya mendpt sbuah amal ibadah…amin…
    From : Kusnadi (Kotabumi-Lampung)

  13. om saya punya MB… BUNTUT pendek entah lampung apa medan tapi saya bawa dari medan pasnya desa HEKNABARA…….SUMUT pas di jakarta tuh burung urakan banget masih nabrak2 kandang …..tapi kicau nya tuk rolsuara panjang pada waktu pagi dan sore ……yang saya mau tanya gimana cara MB SAYA JINAK DAN KICAU

  14. Om, saya punya MB Medan yg lagi mabung. kira2 supaya cepat selesai mabungnya gimana om? soalnya udah 1 bulan belum tumbuh bulu jg. trmksh

    • Biasa Om, cukupi makanan dengan voer dan jangan lupa sering dikasih serangga, bisa jangkrik atau kroto (saran saya jangkrik saja yang mudah didapatkan) serta jangan lupa buahnya (pisang atau pepaya). Berikan wadah minum yang cukup besar sehingga burung bisa mandi di dalamnya. Jemur (bisa tiap hari, bisa dua hari sekali, atau sepekan sekali, yang penting konsisten) utamanya di pagi hari sebelum jam 09.00.
      Untuk melatih makan voer, oles2kan voer di atas pisang atau pepaya sehingga memenuhi permukaannya. Dalam waktu 4-7 hari bioasanya sudah mau makan voer.

  15. ” Bagi Anda yang memelihara MB untuk rumahan, jangan sekali-kali menggunakan tips ini. Sebab kalau suara monoton cililin yang ingin Anda isikan ke MB Anda, maka sebaiknya memelihara cililin saja, nggak perlu repot2 memasternya, hehehe. ”

    Mantap om…
    ak suka kalimat terakhirnya..
    hahahaha..persis kyo tonggoku om
    MBne isine ciblek tok
    pdhl ning omah yo nduwe ciblek
    ckckck

Komentar ditutup.