Ciri cucak ijo yang bagus

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

OM. AKU PENGIN BURUNG CUCAK IJO (CI)

CIRI CIRI BURUNG CI YG BAGUS GIMANA , TRUS YG ASALNYA DARI MANA .

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

APA SEMUA BURUNG CI. PADA SAYAP NYA ADA BULU YG WARNANYA KAYA PELANGI APA JENIS TERTENTU TOK?

BILA CI SERING TURUN KEBAWAH KANDANG, ITU PENYEBABNYA APA & BISA DISEMBUHKAN PA GA? CARA PENYEMBUHANYA GI MANA ?

MOHON PENJELASAN NYA, THNKS

BUCHORI

Jawab:

Masing-masing CI ada kelebihan dan kekurangannya. Dari segi warna, memang lebih menarik yang ada warna pelangi di sayap (kepala agak kekuning-kuningan). Cuma CI yang ini banyak yang tidak suka karena kurang mau kerja ngotot kalau dilombakan.

CI sendiri merupakan burung dengan wilayah penyebaran terbatas, yaitu di lingkungan Asia Tenggara saja. Di Indonesia, ia hanya dijumpai dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Postur tubuh cucak hijau dari Jawa lebih kecil ketimbang dari Sumatera, tetapi lebih besar daripada cucak hijau dari Kalimantan. Yang disebut terakhir ini dikenal pula sebagai cucak hijau mini.

Yang biasa dipilih adalah CI besar yang berasal dari daerah Blora dan Jember/Banyuwangi.

Beberapa jenis CI yang terdapat di Indonesia, selain CI yang besar:

1. Cica-daun kecil (C. cyanopogon)

sangat mirip cica-daun besar, hanya ukurannya lebih kecil (17 cm) dan tidak punya bercak biru di bahu.

2. Cica-daun sayap-biru (C. cochinchinensis) sayap dan ekor tersaput warna biru. 17 cm.

3. Cica-daun dahi-emas (C. aurifrons)

dahi kekuningan pada yang jantan. 19 cm.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

4. Cica-daun sumatra (C. venusta)

paling kecil, 14 cm. Dahi dan sisi kepala biru terang (jantan), tenggorokan biru terang (betina).

Soal CI suka turun ke bawah, itu bisa jadi karena kebiasaan makan makanan yang jatuh dsb. Pastikan tidak ada pakan yang kececer setiap saat.

Untuk mengatasi kebiasaan itu coba bagian dasar sangkar diberi karet pentil yang ditalikan bersilang-silang (jangan terlalu kencang). Kalau CI turun, dia akan segera naik lagi begitu menginjak karet yang dipentang bersilang itu. Hal itu bisa dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Dan lakukan hal yang sama jika mau ditrek / diadu dengan CI lain.

Tetapi melakukan hal ini jangan didadak ketika akan lomba/ ditrek. Minimal ada “pengenalan” selama perawatan harian sehingga meskipun dia tidak berani turun karena menginjak karet, dia sudah tidak takut terhadap keberadaan karet sebagaimana ketika kali pertama dipasang.

Salam,

Duto Solo

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

33 Comments

  1. Ass om, numpang tanya ciri fisik CI tarakan secara spesifik kayak gimana. Atas perhatianya trima kasih. Wasslmkm

  2. om klu cucak ijo klu diangkat kandangnya glabakan dan nabrak2 kandang sampai luka2 dekat matanya. padahal yang satunya tidak…(punya 2). gImana cara jinakinnya….

  3. Assalammualaikum om duto, sy punya cucak ijo mini lingkar mata kuning tp bagian lehr htmnya cuma setengah saja om yg sy mau tanyakan cucak ijo mini sy jantan atau betina mohon pencerahannya om terima ksh om

  4. om ane pnya cak ijo katanya sih jantan bgian alis wrna kuning leher jga kuning tpi dalem kuning wrna hitam n paruhnya og agak putih,,,, itu jantan ap betina?

  5. Aku punya CI om beli bkalan dwasa.di tempel langsung bunyi.tp bulu di leher kok lama bgt tumbuhnya sejak saya beli.maksih om

  6. Salam kenal om. Saya punya CI anakan alis mata atas kuning,bawah putih. Saya bingung nih itu CI laki apa cewe. Tapi terKadang sesekali udah bunyi kalo di krodong. Mohon penjelasannya.
    Tromakasih omkicau.

  7. Om aku hari ini mau nyari cucak hijau muda hutan??? Gimana om ciri2 cucak hijau muda hutan dari daerah jember/blora…? Sebelumnya matur sembah nuwun…? Salam tricuitcuit

  8. om saya mau merawat burung cucak ijo bahan, bagus’a cucak ijo dari mana ya om ?
    dan yk seperti ap ya om ??

    • saya sudah lama punya CI, CI mau bunyi saat lomba Tapi Gak Ngetrok Gimana Caranya Agar CI saya Ngetrok Saat Lomba pakan EF sudah diberi jangkrik sama ulat hongkong tapi masih belum mau ngetrok juga, tolong solusinya om…………….

  9. om saya kemaren liat – liat burung di pasar, akhirnya saya tertarik pngen pelihara burung cucak ijo, ciri2 cucak ijo yang bagus bagaimana ya om?? kalau tangkapan dari hutan lebih baik beli yang tua apa yang masih muda? trimakasih

  10. om mw nanya nih,ci pu ya saya i2 kl posisi drumah udah kyk siap tarung.

    tp kl pas dlapangan kok mlempem ya??
    jaadi i2 diem,trs kl pas dtiup mangap trs kayak ngeball gt.ap tandanya dy g mw tarung at emang lg birahi.posisi burung baru sekali nyulam.

Komentar ditutup.