Menangkar lovebird di kandang koloni

Iklan gratis jual beli burung di sini

Salam kenal mas Duto, aku baru beli 4 ekor love bird, rencananya mau di tangkarin, kebetulan aku bikin ukuran kandang 1.5 x 1 m. aku siapin kotak sarang 2 buah, karena dari 4 ekor tadi cuman 1 jantan. saya senang karena 6 hari masuk kandang, eh ke dua kotak sarang udah diangkut ama LB kulit jagung dang rumput yg udah ku isapin. yang anehnya ada 1 betina yg tidur 1 sarang dg jantan, agresif sekali dg betina yg bikin sarang di kotak yang 1. sampe ada luka di kaca mata LB nya. apa nggak menggangu ???? tapi saya ambil inisiatif untuk misahin LB yang luka tadi untuk pindah ke sarang lain sendiri, tapi saya siapin kotak juga. yg mau saya tanyakan
1. apakah mengambungkan LB seperti yg saya lakukan wajar,
2. kenapa betina yg tidur 1 kotak dg jantan agresif dg betina yg bikin sarang di kotak yang satunya lagi?
3. apakah LB yg bawa sarang ke dalam kotak, sudah mau bertelur, ato hanya buat dia penghangat tidur aja?
4. dengan saya pindahkan yang LB luka tadi, apa dia masih mau bertelur(asumsi saya dia udah pernah kawin dg jantan yg se ekor.
5. apakah saya bisa mengati yg betina udah pernah menetaskan anaknya 1 kali dg betina lain buat pasangan baru LB jantanya.
terima kasih banyak atas waktunya mas, semoga dapat penjelasan dari mas duto.

aryoudha

Jawab:

1. Menangkar LB secara koloni memang bisa tetapi kandangnya perlu lebih besar. Juga, sebaiknya jumlah jantan dan betina sama sehingga akan berpasang-pasangan.
2. Itu namanya cemburu (terganggu) Om. Di kotak manapun, si betina itu akan menguber betina lainh yang kurang dominan. Ada baiknya pejantannya ditambah dua ekor lagi.
3. Membawa sarang ke kotak itu sudah naluriah untuk LB yang memasuki usia kawin Om. Kadang juga belum tentu untuk bertelur.
4. Kalau dipisah, bisa jadi memang mau bertelur (karena LB betina dewasa tetap bertelur meski tidak ada pejantannya). Cuma saya tidak yakin kalau nanti telurnya isi. Sebab, pembuahan atas telur hanya akan jadi ketika telur sudah matang/siap. Meski katakanlah sebelumnya sudah kawin dengan LB jantan, tetapi karena mungkin kumpulan calon telur di indung telurn belum matang, maka untuk jadi perlu dibuahi lagi ketika sudah matang.
5. Bisa saja LB diganti2 pasangannya asal pasangan lamanya sudah tidak berada dalam satu kawasan yang bisa saling mendengar (saling memanggil). Kalau masih bisa saling memanggil, tidak akan mau jodoh dengan LN lain.
Demikian penjelasan saya semoga membantu. 

TBB bikin burung ngos jadi joss

Tips dan info lain:

Voer jangkrik luar biasa

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

33 Comments

  1. mas, sy mw beli lovebird remaja/br belajar terbang, sy di jogja, ada yang jual? ato siapa yang mengetahui penangkaran love bird di jogja? 085643933226..

  2. Aku yang paling suka antara LB laki warna pastel putih dikawinkan dengan LB warna hijau, karena saya benar2 bisa memilikiki LB beraneka warna dan didominan warna kuning anaknya, SIIP deeh !!! hubungi 081331905757.

  3. Bapak bapak ada yg tau tempat jual burung lovebird yg siap di ternak aku butuh 2 pasang kalau bisa kirim langsung ke Sangata kalimantan timur

  4. Terima kasih om,.. maunya dari telur 5 tuh netes semua biar yang punya cepet kaya hehehehe ya kaya siapa aja lah ….. ya am, tetep kok di syukuri setelah lama menanti… sukses buat Om selalu biar makin ngeto markotop.

  5. Om Duto,t erima kasih sarannya… saya akan hunting jodoh kalo gitu, btw anyway kenapa LB saya kok anaknya cuma dua, sekarang netes lagi kloter ke dua tapi dua lagi anaknya OM, padahal ga pernah saya kasih penyuluhan tentang keluarga berencana lho hikhikhik.. wah boleh deh gabung dengan kicau hotline, karena seneng liat mereka netes and muncul anak yang cute banget, terus kemaren ada yang pilek om tidur terus karena ga tau di kasih apa, saya kasih scot emulsion antibiotik ama obat flu terus saya minumkan.. minumnya saya kasih b komplex dan vitamin.. eh seger lagi tuh ga mojok tidur terus hehehe.. terima kasih Om suportnya..

    • @maria
      Selamat ya. Dua juga sudah bagus tuh, sukses punya anak dulu yang penting. Lha apa mintanya cuma satu? Hehehe…
      Silakan kalau mau gabung Om Kicau Hotline…

  6. om, gue mau nanya untuk dapatkan indukan LB di kota Bandung dimana tempatnya??Saya mau beternak LB juga nih dan saya sekarang ada di di Bandung lg ada tugas ktr. Kalo posisi saya ada di Kal-Sel nih, apa kalo saya beli bisa di bawa lewat pswt udara.

  7. Haloo Om Duto, mau tanya nih misal sama2 bersodara dari 1 kloter penetasan terus berjodo apa bole? apa harus dari anak indukan lain?pertama kali netes 2 ekor tapi ga tau jantan apa betina.karena dari 3 pasang tinggal sepasang lainya di jual karena induknya kok suka cangkruk dari pada ngerami telornya. demikian yagn mau di tanyakan, terima kasih Om

    • @maria: Lebih baik pasangkan dari indukan yang berbeda ya. Inbreeding dalam kasus tertentu bagus, tetapi dalam kasus lainnya jelek.
      Kalau mau lebih mendalami masalah penangkaran, saya sarankan gabung saja ke OM KICAU HOTLINE karena otomatis menjadi peserta pelatihan penangkaran online dengan nara sumber penangkar2 sukses. Sekadar saran loh (hehehe).

  8. saya mau tanya untuk menghasilkan anakan LB mutasi warna coklat klep didapat dari hasil persilangan induk warna apa?(bukan dari penjodohan gen resesif coklat dg coklat)

  9. Mas sy jg tertarik LB, br aj mulai. Untuk suhu tmpat penangkaran brp yg cocok, masalahnya tempatku atapnya seng, panas. Apa bs Mas DUto ?

  10. Om/mas/paklik/pakde Duto yth. Saya mau nanya nih. Untuk menentukan jenis kelamin
    burung nuri saya caranya bagaimana ya? Burung saya kepala hitam …….eh … maaf keliru, burung nuri peliharaan saya kepala hitam ada beberapa ekor dan saya pisahkan satu persatu, untuk mengetahui jenis kelamin masing2 tu caranya bagaimana ya? Dan bagaimana caranya agar cepat mau bicara? saya pelihara sejak bulunya belum tumbuh sempurna (brondol-jw) sejak 6 bulan yang lalu, sekarang bulunya sudah lengkap. Alamat penjenengan di Solo tu dimana? Siapa tau saya ke Solo bisa mampir. Untuk kota Solo alhamdulillah saya masih hafal sampai ke lorong-lorong kecilnya.

    • Saya belum paham betul jantan-betina nuri Om, nanti saya carikan referensinya. Itu nuri jenis apa? Ada fotonya? Jangan2 termasuk burung yang dilindungi hehehe…

  11. Salam kenal mas Duto,ni penghobi baru, mau ngikut nimbrung. baru saja saya beli sepasang LB pastel kuning,kata pemiliknya sdh pernah bertelur tp ndak jadi (kopyor), Yang ingin saya tanyakan.
    1. KOPYOR itu dikarenakan apa ?
    2. Apakah ada pengaruh untuk telur2 selanjutnya ?
    3. Ciri2 burung yang sdh tua atau msh muda itu gmn ?
    terimakasih..Salam laris manis.

    • menurut pengalaman saya cara paling akurat menbedakan sex LB adalah dengan meraba os. pubis atau tulang supit pada pangkal kloaka/dubur. LB jantan tulang cenderung kaku dan jarak antar tulang sempit selain itu jarak ujung tulang dada dengan tulang supit (perut) pendek. untuk LB betina tulang elastis bila dipegang dengan jari lentur kesamping dan jarak antar tulang lebar dan perut panjang. kalau secara performan fisik tidak bisa menjamin keakuratan jenis kelamin kecuali LB benar2 telah siap kawin.

  12. Salam kenal smua, sy excell, sy breeding LB jenis Opaline, Lutino, Golden Chery, Aqua, Slaty n Sabel. Sy mau coba silang-silangkan jenis diatas. Klo ada yg tau dr jenis diatas bagusnya kawin silangnya gimana ya supaya mengahasilkan mutasi warna yg bagus. trims

  13. punten!saya pemula mau beternak LB,cara memilih LB yg Bagus+cepat bertlur yang kaya gimana,kayaknya berternak LB sangat menjanjikan?

  14. teman2 aku ada 1psg lovebird:lutino(jantan)dan pastel putih anakan albino(betina)usia 7 bln mau aku jual soale lgi BU nie..barang kali ada yg minat coba hubungi sms aku ya di nomor 08816368053 makasih.hrgne nego

Komentar ditutup.