Perbedaan burung jantan dan betina

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Saya mau tanya nih om, tp ini menurut “pandangan” Om Duto sendiri ya, ciri2 AM jantan yg signifikan tuh gmn atau d bagian apa om? Apakah di waktu trotol jg sh keliatan atau justru kalo udah dewasa?

Kata temen saya, yg paling jelas tuh lubang hidungnya yg depan berbentuk lancip atau menyerupai bentuk canary seed, apa benar tuh om? Selain itu apa aja. Mohon penjelasanya ya om.

Salam, Anas

Jawab:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Intinya, selama yang kita bahas adalah burung sexuality monomorphic, maka saya tidak pernah percaya beragam teori tentang jenis kelami burung yang ditilik berdasar penampilan yang terlihat (visibility) tanpa dipegang/diraba atau dibuka di bagian bawah bulu-bulunya.

Jika jantan-betina burung bisa dibedakan berdasar “tampilan yang kelihatan” antara jantan dan betina, maka burung itu disebut dimorphic (a species is dimorphic if the cock is visibly different in color from the hen).

Anis merah
Anis merah burung monomorphic

Sebaliknya, adalah monomorphic. Burung yang termasuk dimorphic ini misalnya cucak ijo, tledekan, MB, kacer, gould amadine dll. Untuk LB misalnya, ada yang dimorphic ada yang mono. LB yang dimorphic adalah species Madagascar, Red-faced, dan Abyssinian.

Contoh burung yang monomorphic adalah AM, AK, CR, CJ, kenari dll. Dengan demikian untuk tampilan fisik lain yang katanya “terlihat lebih panjang, lebih lancip, lebih pipih dsb” itu menurut saya sangat relatif.

Karena relatif, kita tidak bisa menjadikannya sebagai patokan untuk orang lain. Bisa saja saya mengatakan, kalau pilih AM jantan itu ya yang “begini-begitu”. Nah, selama yang namanya “begini-begitu” tidak ada ukurannya yang pasti, maka hal itu tidak bisa menjadi patokan yang dijadikan pegangan orang lain.

Dalam membedakan jenis kelamin burung monomorphic dari tampilan langsung tanpa pegang, biasanya “jam terbang” yang berbicara.

Orang yang sudah lama bergulat dengan burung, dia akan mudah bilang ini jantan atau ini betina karena pengalamannya dalam melihat postur burung dengan proporsi tertentu (proporsi adalah “perbandingan” antara bentuk dan besaran bagian tubuh tertentu dengan bentuk dan besaran tubuh tertentu lainnya; dan bukan besaran satu bagian tubuh tertentu saja, misalnya ya hidung menyerupai canary seed dsb itu).

Jalak
Jalak suren, burung yang susah dibedakan jantan betina berdasar tampilan fisik

Coba tanya ke mereka yang sudah punya jam terbang cukup dalam perburungan, mengenai ciri-ciri yang dia gunakan sebagai patokan menentukan jantan atau betina, maka dia tidak bisa menjelaskannya secara rinci. Mengapa? Ilmu yang belum “terkodifikasikan” di benak dia, memang tidak bisa diomongkan/didefinisikan secara pasti melalui tuturan kata-kata. Maka singkat kata, kalau ditanya mengapa bisa mengatakan jantan atau betina, dia akan bilang, “Ya feeling aja sih.”

Kalaupun dikejar lebih jauh, ya bisa saja dia bilang “kakinya terlihat panjang, hidungnya mancung, kulitnya putih dsb,” hehe.

Nah, dalam kaitan inilah meskipun saya secara sekilas lihat mungkin sudah bisa mengatakan apakah burung tertentu itu jantan atau betina, tetapi karena semua berkaitan dengan masalah “ukuran” yang relatif, lebih baik saya tidak menyampaikannya karena hanya akan membuat bingung.

Kalau memang ingin memastikan apakah burung monomorphic tertentu itu jantan atau betina, kalau “feeling-nya” belum jalan yang bisa dijadikan pegangan ya langsung pegang itu burung.

Untuk burung muda (trotol), di pangkal lidah yang bercabang menghadap ke belakang, kalau jantan berwarna gelap/hitam; kalau warna merah jambu atau terang berarti betina.

Untuk burung dewasa, kalau dua supit urangnya keras dan sela di antara dua supit urang tidak bisa direngganggkan, berarti jantan. Kalau bisa direnggangkan, berarti betina.

Tips mengatasi kenari patah-patah1
Menentukan jenis kelamin kenari relatif mudah

Untuk kenari dan beberapa burung jenis finch tertentu, kalau duburnya menonjol dan membentuk sudut ke arah depan, berarti jantan. Kalau rata atau menonjol tetapi tidak membentuk sudut, berarti betina.

Untuk betina kenari yang dalam kondisi siap kawin (birahi), malah duburnya kelihatan sekali memerah.

Bagaimana Om?

Coba saya menjawab oh kakinya panjang, bulu berwarna gelap, muka putih dan mulus, mata menonjol dsb… maka Om pasti akan bertanya lagi “berapa cm?”, “gelap itu campuran warna hitamnya berapa persen dan putihnya berapa persen?’, “kalau mata menonjol itu, tonjolannya berapa mm?”,  “kalau bulunya  putih dan mulus itu, sama Luna Maya putih dan mulus mana”, waduhhhh kan malah tambah puyeng…

Biar enggak puyeng, ya itulah jawaban saya.

Salam enjoy saja (bukan iklan lho),

Duto Solo

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

35 Comments

  1. tanya maning tanya maning……
    om tanya maning om….

    tadi saya liat2 di pasar ngasem (pabu di jogja), coz temen br cr MB.
    Nah pertanyaan saya bgmn membedakan MB jantan dengan betina om, apa bisa dilihat dari tampilan fisiknya saja?? klo bisa yang jantan bgmn om ciri fisiknya??

    klo katane penjual sich jantan (tp kn yg namane penjual bisa saja “kaki dikepala kepala dikaki”)
    betul gak?? coz punya pengalaman buruk beli kacer katane kacer jawa (bulu dada item) e…. setelah bbrp bulan berubah jadi kecer poci lho kok bisa aneh to?? ternyata eh ternyata kacer poci yang bulu dadanya putih disemir entah pake pewarna ato pake semir sepatu (kayak sepatu aja) hehehehehe……. penjual yg pintar (dlm hati : pengen gue tonjok nih penjual)

    kemudian saya tanya ke penjual itu : ktne MB medan, Jantan, Umur 3 bulan, diternak sendiri (dikaki ada ringnya), makan voer, harga cm 275rb
    nah menurut om bgmn kita memastikan klo itu MB medan, jantan, umur 3 bulan, baca ringnya gmn? kemudian harga pasaran MB medan apa emg segitu??
    gitu aja om, thx b4 / terima kasih sebelumnya / matur nuwun sak derenge
    salam cuit..cuit…

  2. Mau tanya om..saya punya AM kira umur 7bulanan,klo ngedenger burung AM yg gacor suka nyuit2 panjang gitu.apa AM saya ini betina?
    makasih om.

  3. cara termudah membedakan jantan -betina AM Gampang coy …gacor teler itu jantan .gampang kan …intinya sabar jadi klo ga sabaran jangan beli AM BAKALAN …gita aja repot

  4. Melanjutkan sedikit Om Duto Ada Pengaruhnya tidak dipengang untuk menentukan jantan betina misalnya malah membuat burung makin ndak mau bunyi atau apa soalnya kalau mau bilang burung stress sebagai ukuran stress pun belum jelas antara stress dan takut he he tapi gambaran secara umum sudah saya dapatkan terimakasih atas penjelasannya
    lain waktu nanti saya ingin bertanya lebih banyak lagi soal permanukan dengan om Duto sekalil lagi matur suwun atas komennya

  5. sblmnya mhn maaf ya om, aq mo nanya, aq beli AM pada saat bunyi sekali dua kali terus teler sebentar sambil jln di tangkringan sekitar 8 detik krn byk orang langsung saya beli takut kedahuluan orang trs sy bawa pulang dan mabung dirumah tp AM tdk mau mandi keramba; Dan skrg kelar mabungnya dan bunyi hanya ngeplong tp pagi akan tetapi akhir2 ini tdk mau bunyi sama sekali, gimana caranya biar AM ku bunyi lagi dan teler atau AMku betina Om? trims

    • Om mujiono
      Coba dilihat2 lagi postingan mengenai mengapa burung macet bunyi dan juga tentang performa burung. Gunakan fasilitas pencarian (searching) ya..ketemu deh nanti…

  6. Om Duto,

    Saya memiliki AM yg sudah dewasa, dan saya pernah mencoba untuk meraba Supit urang burung tsb dan menggunakan bandul untuk mengetahu jenis kelamin AM tsb yg ingin saya tanyakan :
    1. seberapa renggangkah supit urang jika kita raba ( apakah sebesar ujung jari kita atau sangat rapat dan jika bisa direnggangkan seberapa renggangkah )…???
    2. Jika menggunakan teori bandul keakuratannya seberapa besar ….?

    yg pernah saya rasakan ketika menggunakan kedua teori tsb, Supit urangnya Lebar sampai ujung jari saya bisa msk ke supit urangnya, dan ketika menggunakan teori bandul gerakan bandul tsb kadang memutar tp lebih dominan ke kanan dan kekiri kira2 jenis kelamin AM ku apa ya Om Duto….???

    SALAM

    • Om Raya
      Om cara meraba supit urangnya yang tidak akurat tuh. Supit urang terlebar/betina paling satu cm. Supit urang itu tulang yang mengapit jalan keluar telur/dubur. Bukan jarak antara dubur dengan tulang dada/iga.
      Untuk metode bandul, ada pengaruh sugsti di dalamnya. Banyak metode, tetapi kadang salah penerapan. Coba nanti saya cari tulisan saya tentang penggunaan pendulum/bandul. Nanti saya turunkan di sini.

  7. mengenai tulisan om duto mengenai monomorphic dan di morphic ni
    om maap klo pertanyaan awm bgt
    maksudnya supit urang tu pa om???kq klo kenari om nyebutnya dubur??apa dubur beda dgn supit urang yah
    matr nuwun.

    Jawab:
    Beda Om… supit urang adalah tulang yang melindungi bagian kloaka/dubur. Bisa ditengarai dengan cara diraba…

  8. da yng kelupaan om, skerang saya da istilah burung pk grade sgala pa y maksudnya???
    da MB grade A dan AM grade A
    maap klo bnyka tannya hwe he.

    Jawab:
    Untuk grade burung hasil penangkaran tergantung dari indukan. Dalam satu lokasi penangkaran ada indukan2 yag sudah dikenal punya anakan2 bagus. Nah anakan dari keturunan ini biasanya lebih mahal ketimbang dari kandang lainnya.
    Untuk AM, “grade” biasanya hanya berlaku untuk “jantan” atau “betina”. Kalau soal grade dari indukan AM bagus atau tidak, biasanya langsung dari pengepul ke pembeli akhir/user. Kalau agen atau penyalur, mereka biasanya tidak mau mengambil risiko membeli anakan kualitas “A” kecuali dapat pesanan dari pelanggan.

  9. salam kenal pak Duto ikut nimbrung nih, saya punya murai batu yang lagi mabung, tetapi ada permasalahannya, kok MB tersebut mabungnya separuh2, sebulan lalu bulu halusnya hampir rontok semua, pas sekarang ini buntutnya habis total, tetapi sebelumnya burung tesebut setelah mabung yang pertama, saya dah lakukan seperti burung yg sudah selesai mabung soalnya saya kira hanya nyulam saja selam 1 bulan, bahkan dah saya trek dengan MB lainnya, memang ketika ditrek murai saya itu diam saja gak ngelawan seperti biasanya, padahal sebelumnya MB itu berani sekali dengan MB lainnya. yang ingin saya tanyakan apakah MB tersebut kembali saya perlakukan seperti mabung yang awal ( full kerodong ) tanpa dimandikan. Mohon pencerahannya pak Duto. terima kasih

    Jawab:
    Iya Om. Jangan tergesa-gesa apalagi ditrek segala, soalnya bisa rusak secara fisik (mabung nggak tuntas) maupun mental (ngedrop nggak mau bunyi dalam waktu lama).

  10. Om, ❓ saya pengen punya Cj,untuk masteran.Bagus yg mana Jantan/betina?
    Klo perbedaan untuk fisiknya Cj jantan/betina seperti apa y Om?
    Terimakasih y Om
    Nardi

    Jawab:
    Kalau untuk masteran bagusan betina, lebih ceriwis biasanya. Nggak beda jauh. Betina, jambul dan jenggotnya nggak begitu panjang (banding2kan antar CJ yang sedang dipilih)…

  11. Om Duto….

    untuk MB betina apa suara nglepongnya hanya monotone ?
    karena Qu punya MB ekor lumayang panjang ( lebih panjang dari MB betina yang Qu punya laninya ) tapi MB yang ini jika ngriwik lumayan pepak , tapi jika ngeplong hanya suara monotone kas MB betina, menurut Om Duto MB ini jantan atau betina ?
    makasih atas jawabnya

    Jawab:
    MB betina ada juga yang punya lagu ngerol Om. Saya di rumah ada satu, kalau ngriwik dan ngeplong sendirian kadang seperti lagu MB jantan. Tembakan-tembakannya juga sering keluar. Begitu Om. Cuma untuk memastikan apakah MB Om jantan apa betina, coba dekatkan dengan jantan. Dia ngelawan seperti jantan ataukah hanya ngeplong-ngeplong dan manggil2…

  12. sory nie om nanya lagi nanya lagi om! maklum Om lagi kedanan burung kicau om. kalo di Nangroe Aceh Darussalam tu ya om harga AM yg udah jozzz gandos sekitar 3 – 5 jt kira-2 kalo dijogja berapaan ya om trusss kalo beli yg bagus di Warnet mana ya eh salah ditempat siapa. Biar ntar kalo Pulang ke kapung halaman saya tak ubek-ubek pulau Jawa lah soalnya harga 3 -5 jt di Aceh tu sangatlah Susah nyari… tanks om duta ya maklum baru Demam Burung Am om.

    Jawab:
    Soal harga tergantung kualitas. Untuk burung2 juara-juara kelas latberan ya seharga itu Om. Kalau sudah kelas lomba, bisa jauh di atasnya. Ya kalau pas mau pulang saja kontak2 Om soalnya kalau keadaan sekarang pasti beda dengan keadaan ketika Om mau pulang nanti. Oke?

  13. Om slam knal, Q kicau mania amatir q pnya trucukan dan prenjak, untuk prenjakx dpat anakan tpi kok jinak amat spai suaranx gak bsa kras & untuk trucukax giras amat dan mhon pencerahan co/ce trucukan.

    Jawab:
    Untuk prenjak yang terlalu jinak dan kurang kemaster (dengar suara prenjak lain) memnang cenderung pelan bunyinya Om (nggak mau ngotot). Susah diterapi karena sudah menjadi karakter. Coba latih untuk mengeluarkan power dengan cara dipertemukan dengan prenjak punya teman lain.
    Untuk trucukannya dijinakkan saja dulu. Caranya ada di sini. Cowok cewek sama2 bunyi, cuma yang cewek biasanya kurang keras.

    Jawab:
    Rawatan yang betul – lihat di sini.
    Jangan terlalu kenyang – lihat di sini.
    Oke Om?

  14. smpurasun om dutoo…saya beli AM kira2 umur 1 tahun, perawatan mandi setiap hari pagi aja, jangkrik 2 pagi dan sore, kroto 1 minggu 3 kali, buah apel tiap hari tapi AM saya hanya cit..cittt saja om..gimana biar bisa ngeplong.

    Jawab:
    Ada beberapa kemungkinan:
    1. AMnya cewek (meski ada cewek yg juga ngeplong bahkan teler, etapi secara umum tidak ngeplong apalagi teler).
    2. Karakter lama bunyi (ada yang karakter cepat bunyi, bahkan selepas trotol sudah ngeplong dan teler).
    3. Perawatan kurang maksimal (coba kroto 1xsepekan saja dan diberi cacing 2 kali sepekan @2 ekor).
    4. Ada burung lain yang membuat AM tersebut ngedrop/takut tanpa kita sadari.

  15. Om mau nanya soal
    1. Perbedaan Kenari Jantan & Betina
    2. Perbedaan Kenari yang dipasaran yang muda & Tua
    3. Perbedaan kenari yang siap untuk dikawinkan
    4. LB yang Betina dan Jantan
    5. Perbedaan LB yang dipasaran yang Muda & Tua
    6. Perbedaan LB yang siap untuk dikawinkan

    Jawab:
    Om semua yang ditanyakan itu sebenarnya sudah saya bahas semua, baik di sejumlah postingan maupun menjawab pertanyaan teman-teman di forum Curhat.
    Untuk persoalan kenari, jenis kelamin dan kesiapan kawin bisa dibuka di tulisan-tulisan kategori kenari atau bisa juga di masalah perbedaan jenis kelamin (baca juga bagian tanya jawabnya ya Om).
    Untuk LB juga ada di postingan kategori LB .
    Yang belum ada, seingat saya adalah masalah LB tua atau muda. Yang tua, pada bagian paruh sudah terlihat terang/jernih dan tidak ada warna gelap. Kalau anakan, warna paruh bagian atas masih ada semburat hitam. Juga untuk warna bulu, pada anakan belum terlihat kontras. Secara umum, kaki anakan terlihat masih basah (tidak kering) juga belum bersisik. Begitu om.

  16. Om saya baru beli jalak putih.belum gacor,tapi udah mulai bunyi.dari lihat kaki n informasi dr yg jual burung br umur 1 tahun lebih sdikit.Pertanyaan saya :
    1. Gimana caranya burung biar cepet gacor>?
    2. EF nya apa aja n takerannya setiap hari gmn?
    3. Bedanya jalak putih cewe & cowo apa?
    4. Jalak putih cewe apa bisa gacor?
    Terimakasih mas atas penjelasanya.
    Salam
    jono

    Jawab:
    Cowok cewek sama-sama bisa gacor, cuma kalau cewek meski gacor biasanya lagunya cenderrung monoton.
    Untuk mempercepat gacor, pemberian jangkrik atau serangga lain perlu dilakukan rutin Om. Untuk jalak putih, bisa 6-5 pagi sore. Jangan lupa diberi air di wadah yang besar untuk mandinya soalnya jalak suka sekali mandi dan selalu gelisah kalau nggak ada wadah aior besar untuk mandi.
    Beri juga buah2an ya Om. Pepaya saja. Cuma memang terkesan jadi kumuh, tetapi asal kita rajin bersih2 nggak masalah.
    Beda jantan sama betina pada tongkrongan (jantan lebih besar), jambulnya (jantan lebih mekar dan panjang) serta warna di lingkar mata. Yang jantan kuningnya lebih terlihat menyala tidak kusam.

  17. Om duto mau nanya nie MB saya Gacor banget saat kemarin lombakan Se Sumatra tapi yang saya kecewakan adalah Burung saya sangatlah Bodoh sekali dalam meresap suara burung lain/masteran lainnya gimana nie om caranya biar burung e inyong cepat respon sama Suara Masteran.

    Jawab:
    Ada burung denga karakter suara tertentu yang tidak bisa menirukan warna suara tertentu. Coba perhatikan lagi postingan masalah burung dan pemasterannya. Cari karakter suara yang paling menonjol dari MB Om. Kalau dia karakter suara ngerol, ya diisi dengan suara2 ngerol (jangkrik, kenari, dll). Kalau dominan suara tembakannya, diisi dengan suara ciblek, LB dan sejenisnya. Nggak usah dipaksakan karena setiap MB ada kekurangan dan kelebihannya dibanding MB lainnya.

  18. Salam kenal ni Om Duto, Sy baru beli AM yg sudah bunyi dan teler. dibawa kemana saja teler terus mental keliatan bagus. waktu saya beli itu hari minggu sore burung di anter ke rumah, hari senin,selasa saya masih bisa dengar kicauan & telernya. tapi hari rabu burung tiba2 keliatan seperti ky kedinginan (bulu ngembung) terus hari kamis pagi burung sudah dibawah sangkar dan sorenya mati dgn tiba2. saya sampe skr masih terheran2 dan yg pemilik lama jg bingung, kenapa bisa seperti itu. mohon saran & infonya om, trims.

    Jawab;

    Kalau untuk yang mati mendadak, saya pernah menjawab di sini. Cuma kalau kasus punya Om itu ya, kasus biasa sih sebenarnya. Burung sakit dan bisa macam2 penyebabnya. Kebetulan saja sakitnya pas setelah dipindah ke rumah Om. Untuk penyakit ND, berak kapur dsb, biasanya serangannya juga cepet. Untuk penyakit2 ini biasanya sulit ditangani kecuali dicegah dengan kondisi kandang yang bersih, lingkungan tidak lembab dan penjemuran di pagi hari yang cukup.

  19. Om Duto tanya lg nih AM yg ciri2mirip yg om tulis,tpi kok ga mo bunyi,lha mo bawa kedokter, tpi yg saya bingung,apa nanti dipegang Burung ga tambh setres Om?

    JawaB:
    Kalau soal bunyi atau enggak kan banyak sekali variabelnya ya Om. Cuma, kalau masalah pegang-memegang burung, nggak ada tuh selama ini burung yang saya pegang atau obati kok jadi stress. Bahkan kalau habis digurah, burung biasanya langsung mandi dan menata bulu seperti nggak pernah terjadi apa-apa. Begitu Om..

  20. lagi-lagi imam yang tanya terusssssssssss
    ,,,,,
    gini om duto kenariku tiga-tiganya udah 4 bln tapi bunyinya ngriwik terus,,,,
    padahal lama baget kalo ngriwik nyampe 3-4 jam apa kenari saya jantan?aku takut kenariku betina,aq ga bisa bedakan lewat dubur kayak miniatur gunung+gelas dibalik yang om sarankan ,,,,,coz hampir sama semua
    ohyah apa semua kenari pasti akan bunyi seperti bunyi kenari biasa,,,,,
    coz dirumah banyak banget burung sampe2 kenariku ngriwiknya mirip anis,pentet ama cucak ijo,,,,,,,,,,
    makasih om

    Jawab:
    Lha usia kenarinya berapa Om rata2?
    Untuk kenari yang sejak kecil kemaster burung lain, memang akan cenderung menirukan suara burung lain meski itu sekadar variasi dalam lagu mereka.

  21. Om smenjak ktemu blok ini, saya jadi pd pelihara AM,slama ini sy slalu titip sm teman itupun cm 2 ekor.sangking pdnya saya skr punya 8 ekor AM grabakan.tinggal 1 yg blm jinak.sy ngumpulinnya udah 1 bln(stelah pertanyaan pertama).Saya seneng bakalan krn tantangannya gede.cm 1 yg gagal(betina),krn tdk ada garansi.sy mau tanya gimana caranya biar AM betina rajin ngecir.Makasih om Bageur.

    Jawab:
    Waduh, lha apa nggak repot tuh malah….
    Untuk betinanya, beri pakan berprotein tinggi (EF) tetapi dibanyak mandikan untuk mengimbangi agar tidak kegemukan.

  22. Disinilah letak permasalahan saya, pada mulanya saya punya satu burung kenari yang kalau berkicau ropelannya ngalah-ngalahin suara knalpot sepeda motor. Kemudian saya dikasih lagi oleh saudara dari blitar 2 ekor kenari lagi, tapi sama2 tidak tau jenis kelaminnya. Jadi saya pelihara sampe sekarang dan sampe burung pertama saya digondol orang, burung baru tersebut belum bunyi. Yang warna agak orange memang betina dilihat dari tingkahnya yang agak feminim. Tapi yang warna merah gayanya kelihatan maskulin tetapi kok tidak ada bunyinya, walaupun ada bunyinya sangat pelan sekali seperti bisik2 agak ngropel.
    Sampai sekarang saya pelihara sudah satu tahun, semestinya sudah harus berkicau.
    Apa ada cara yang pasti untuk menentukan jenis kelamin kenari, soalnya sama-sama berbulu lebat.

    Jawab:
    Gampang Om.
    Pegang dan lihat duburnya. Usia setahun, kalau betina duburnya tidak membentuk sudut, meski terlihat besar dan menonjol (seperti miniatur gunung-lah paling). Yang jantan, membentuk sudut (seperti kalau gelas diletakkan tengkurap).
    Meskipun jantan, bisa jadi setahun belum bunyi karena (a) kegemukan (lihat di perut dan bagian dekat pangkal sayap; kalau ada lapisan kuning di bawah kulit, berarti berlemak dan kegemukan); (b) kenari bulu tebal relatif lama bunyi (coba lihat tulisan saya di sini.). Nggak cepat bunyi lagi kalau kedua faktor itu berkombinasi. Begitu Om.

  23. bagi kenari dong om.pendatang baru nih….heheheh

    Jawab:
    Ya bagi…bagi.. siapa nih yang mau bagi-bagi…saya juga mau, hehehehe. Salam Om, entar kita tunggu siapa tahu ada pengunjung yang sukses tangkarannya dan mau bagi-bagi ya…

  24. OM Duto, maksud pangkal lidah itu yang bulu lehernya yang luar atau bagian cabang paruh dekat pangkal lidah yang berwarna hitam?

    Dan bagaiman menghilangkan suara burung cungcuing (baca sunda) pada burung anis merah ?

    Jawab:
    Bagian dalam Om, harus dicolok-colok neh…

  25. om duto…
    kalo membedakan AK jantan dan betina bagaimana caranya…????
    apalagi yg trotol susah membedakannya…..(menurut saya susah karena g mahir….).

    Jawab:
    Nah, itulah Om mohon dcermati lagi apa yang saya tulis. Kalaupun saya hanya menyampaikan gambaran umum tanpa saya melihat dan (kalau bisa) merabanya, jadinya tidak bisa memberikan gambara sekadar bentuknya begini-begitu. Itulah mengapa saya harus menulis panjang lebar soal burung dimorphic dan monomorphic.

  26. malam om,..saya punya sepasang tledekan,rencananya mau diternak tapi kok gak mau akur ya,yang betina lebih agresif nyerang terus.mohon sarannya Om.trims.

    Jawab:
    Ditempel dekat terus saja, nanti lama-lama betina akan terlihat tenang setiap tledekan jantan itu didekatkan. Kalau memang sampai sebulan misalnya betina masih galak, berarti jantannya memang belum juga birahi. Apa jantannya lebih muda ketimbang betinanya?

  27. Salam kenal Om Duto. Sy punya AM sudah bunyi dan teler. Masalahnya kalau lg teler baik di rmh maupun lomba, selalu goyang kiri kanan nya kalau ada orang di bwh kandangnya atau mengikuti gerakan tangan. Mohon saran dan pengalaman Om Duto. Trim’s. Deni. Jkt.

    Jawab:
    Wah la itu kan berarti memang sudah kebiasaan dia Om. Kalau menurut istilah saya itu burung “aleman” (suka merajuk dan “caper” hehehe). Banyak kok AM yang begitu. Jadi untuk ngubahnya sulit juga. Kalau begitu, saat latber atau lomba cari saja nomor pinggir (ini kan nggak perlu usaha, soalnya nomor gantangan pinggir disingkiri orang sementara gantangan tengah “mahal harganya” hehehe). Dengan demikian, AM itu masih bisa melihat lambaian tangan Om ketika dia ditrek dengan burung lain di arena.

  28. om duto mau share lagi nih …..baru2 ini saya beli di anis merah trotolan (ada ring/cincinnya, jaminan bila betina dapat dikembalikan),yang ciri2 fisiknya dapat dikatakan sebagai burung jantan,pagi2 saat memberi pakan saya perhatikan burung tersebut sayapnya ngeper2 sambil ngecrit….ada yang bilang ciri2 tersebut adalah burung betina….mohon bantuan penjelasannya om duto terima kasih???

    Jawab:
    AM ngecir bukan pertanda betina. Banyak jantan yang juga ngecir….apalagi masih anakan.

Komentar ditutup.