Persian Canary

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Oleh: Kian Sing

Pepatah mengatakan bahwa semakin kita mempelajari sesuatu, kita akan merasa semakin bodoh. Dari berselancar di web ini, saya tertantang untuk mempelajari lebih lanjut segala sesuatu tentang burung kenari. Pada pertama kali saya berpikir bahwa tolok ukur burung kenari adalah negara-negara Eropa dimana mereka adalah cikal bakal peternak dan pencetak burung kenari. Dengan pengetahuan dan kreatifitas mereka berhasil mengembang-biakkan dan mencetak jenis baru.

Seiring perkembangan jaman, burung kenari menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Adalah peternak Amerika Serikat yang juga berhasil mencetak kenari penyanyi baru yang diberi nama American Singer Canary dan di jenis kenari postur mereka juga berhasil mencetak Columbus Fancy Canary.

Baca artikel lengkap kenari

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 38 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Om, sy py kenari 1 pasang, sy sudah berhasil menetaskan dan membesarkannya. tapi pas tinggal nunggu panjang buntut pasti selalu mati… itu apa pnyebabnya ya..? thanks sblumnya…

  2. om selamat menunaikan ibadah puasa mau tanya dong om kenari anakan mulai bunyi berapa bulan om dan makan tambahan apa aja biar cepat ngacor suwun

  3. Ya om,Kalo ada informasi/artikel mengenai Kenari dtmbh lg ya om, gambar burungnya bagus2 & lucu2, oh ya om jngn lupa ya OM kalo ada tman/saudara DiPB PRAMUKA/BARITO sy diberitahu ya Om infonya? Email: Yosep.sugono@ovi.com trim’s

  4. Om ko pertanyaan sya ga djawab2 ya om, kacian dech ysp!.Tlong dbls donk om. Om kulo arep takon mneh ki, ne gole kenari sing ngango ring di wilayah JKT/bogor dmna,sy hrus hub sopo?rencana mo nangkarin butuh 1-2pasang yach yg pasti kualitas baik/standar gt dan sesuai isi kantong

  5. Langsung aja ya om,he..he..he lg buru2 nich. om ciri burung hsil penangkaran itu sprti apa,apakah hrus ada ring dkakinya/tdk? tuk jenis kENARI & MB dburung lainya yg tdk memakai ring apakah dcap sbg penangkapan dr alam/tdk?apakah brung tipe sprti itu dpt dikut sertakan dlm perlombaan?maf om kbnykan tanya ya,maklum pemula mslhnya sy bru tukaran MB bakalan hutan dngn 2 kenari kyknya sich jenis holland & gereja/hijau tuh brungnya sma2 tdk pake baju,eh ring mksudnya bsa ga dikut lombain?brung lg tahap pembelajaran/dmasterin lwt Hp download swara burung lumayan bnyak jg buat persiapan

    • 1. Tidak harus.
      2. Untuk MB iya, untuk kenari, sekarang ini tidak ada kenari di pasaran adalah hasil tangkapan hutan, kecuali punya orang lepas hehehe.
      3. Tetap bisa dilombakan.

  6. om..bisa tolong minta informasi ttg peternak kenari di bandung yg buagus dimana ya?
    trima kasih sblmnya…kalo tidak ngerepotin bs tolong sms nda om…ke 08179119082

    romy

    • Om tedi sutendi
      YS produk lokal biasanya lebih mahalan ketimbang impor. Teman beli dua ekor di tempat Pak Sunhaji Malang Rp 5 juta. Itu kondisi belum fit. Sekarang sedang molting.

  7. omm mau tanya dong di rumah poenya kenari empat tapi yang satu ini mabung sudah lama hampir 2bln tapi blm selesai apa ada masalah ya om ? burung warna hijau dulu pernah juara dua tapi apa ada solusinya ya biar cepat selesai ? tambah makanya apa dan vitamin apa ya omm terima kasih saya minta saran aja omm

    • Om suki
      Banyak burung yang perlu waktu lebih lama untuk tuntas mabung. Bisa jadi dulu pernah diberi suplemen dsb sehingga metabolisme tubuh sudah tidak ada alami. Bulu yang seharusnya sudah rontok misalnya, belum rontok2 juga.
      Biarkan saja nggak usah ditambah masalah dengan pemberian vitamin atawa suplemen. Disabari saja, anggap nggak punya burung tetapi ngrawat burung. Jadi tidak stress gara2 nunggu burung tuntas mabung.

  8. ok om thanks buat infonya. wah om duto lagi jalan-jalan ke bali ya, mohon di info m hasil jalan-jalannya nanti. oya… om kalo di bali mau liat-liat burung yang ok dimana? termasuk alamat penangkar AM di bali lokasinya dimana? thks,

  9. melanjut pertanyaan diatas om….. sebelumnya saya suka pakai antiseptik dengan merek neo antiseptik, hanya saja sekarang saya sempat cari kepasar burung obat tersebut tidak ada terus, mohon informasinya om duto untuk merek antiseptik lain yang cukup ampuh berdasarkan pengalaman om.

    Jawab:
    Neo antisep memang biasa saya pakai juga. Bisa gunakan Detol atau Betadine (cuma yang ini jadi agak mahalan jatuhnya)…

  10. om….. mau tanya saya punya beberapa kenari dirumah, tapi kok kenapa ya kenari yang saya miliki selalu terkena snot setelah beberapa lama saya pelihara. burung kenari saya saya simpan digarasi kalo malam dengan kondisi menggunakan krodong, karena kesibukkan bekerja memang kadang2 burung tidak dikeluarkan dari garasi, atau kadang2 kalo saya sedang agak sibuk di kantor dan burung sedang saya gantung diluar burung baru saya masukkan ke dalam garasi sekitar jam 6 atau jam 7 malam. apakah itu penyebabnya om? dan apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkannya dan mengembalikan burung kenari saya pada keadaan semula. mohon masukkannya.

    Jawab:
    Kalau untuk penyembuhan, jika terlambat, kadang sulit dilakukan tetapi bisa dicoba beberapa obat yang ada di pasaran (lihat label dan cara penggunaannya).
    YANG LEBIH PENTING:

    Lakukan sanitasi secara menyeluruh. Cuci dan semprot semua sangkar satu persatu (burung dikeluarkan/pindahkan) dengan larutan antiseptik; begitu juga semua wadah / sarana prasarana yang berhubungan dengan burung (karamba, wadah jangkrik, dsb); juga semua dinding dan lantai garasi.
    Garasi Om sudah tercemar virus atau mikroba penyebab berbagai penyakit burung.
    Hal itu bisa dilakuklan sekitar 2 bulan sekali atau tiga bulan sekali, terutama pada masa pancaroba.

  11. keren,juga kenarinya tapi kok bodynya panjang amat mengenai kualitas suara ,gimana ?bos.

    Jawab:
    Relatif Om. Secara umum untuk kenari body besar volumenya lebih keras (walau sering malah cumangebas/kurang kristal). Soal lagu, juga tergantung dari pemasterannya.

  12. saya pernah mendengar KN java singer apa maksud nya ya,apakah itu jenis baru dan dimana di kembang biakan nya .trim om.

    Jawab:
    Kalau ini kenari strain/galur baru yang dihasilkan di farm-nya Om Ivan Jogja. Cuma, apakah strain ini memang memiliki keunggulan dibanding strain lain yang sudah ada, hanya waktu yang menentukan. Lagian, ini masih menuntut kerja keras dari Om Ivan untuk bisa membuktikan bahwa JSC memang strain yang berbeda dengan strain yang sudah ada selama ini.

  13. kenari nano nano itu apasih jenis baru ya? dan bagaimana bunyi nya ,dimana saya bisa dapatkan dan brapa hgarga tertinggi nya dan bisa untuk di lombakan gak?trims loh om atas jawabannya.

    Jawab:
    Saya malah belum paham apa yang disebut kenari nano-nano Om…

  14. sy mo coba ternak jg …sudah punya yorkshire 2 ekor.

    Jawab:
    Dicoba saja, cuma untuk menangkar kenari perlu kesabaran yang lebih ketimbang menangkar kenari lokal. Kecuali kalau YS Om juga produk lokal, maka relatif mudah.

  15. klo ada burungnya, harga pasarannya berapa oom…? sdh ada yg berhasil menangkarkannya blm..?

    Jawab:
    Untuk kenari2 impor, coba tanyakan informasinya ke Om Ivan Jogja. Nomor telepon 0816686432. Begitu Om.

  16. om boleh tw ga sie dimana yg jual kenari jenis persian singer n moghhom,?

    Jawab:
    Coba nanti saya tanyakan ke Om Kian Sing. Saya sedang nyari nomor teleponnya nih…

  17. Ternyata ada kenari yang lehernya seperti burung bango. Tapi dilihat gambarnya gayanya seperti burung punglor. Apa kalau lagi berkicau juga bergaya seperti itu?

    Jawab:
    Menurut Om Kian Sing, penulis soal kenari dari Jogja, soal suara sama saja. Untuk kenari yang beginian, memang dinikmati tongkrongannya.

Komentar ditutup.