Kalau burung kita kemaster suara “setan”

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Persoalan klasik lain dalam perawatan burung adalah burung yang secara tidak sengaja telanjur menirukan suara-suara yang tidak kita kehendaki, atau sebut saja s”uara setan”. Misalnya adalah pertanyaan Om Hari di postingan “Rawatan lanjutan Anis Kembang dan Murai Batu“. Tanya jawab tersebut seperti ini:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

“Saya punya Cucak cowo, karena pernah digabung dengan murai batu, sekarang klo berkicau sering suara MB. Bagaimana caranya mengembalikan ke suara asli CR?”

Jawab saya adalah:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Satu2nya jalan ya dipisahkan dari suara burung lain, dan kemudian dimaster ulang. Cara pemasterannya ya biasa saja. Perdengarkan suara CR yang diputar dengan CD player atau kaset dengan tape recorder. Tidak perlu seharian diputar, cukup pagi dan sore saja.
Untuk CR yang punya karakter suara ropel, bisa dimaster dengan suatra ropel, yang engkel/ hanya nglagu, ya pakai masteran engkel. Banyak dijual di pasaran kok.

Nah dalam hal burung lain selain CR, caranya hampir sama. Untuk pemasteran yang lebih efektif, bisa dilakukan ketika burung bersangkutan molting/moulting (mabung).

TULISAN TERKAIT:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. hehehe…jd malu kalo inget2 yg dulu, msh pemula banget, asal senang langsung sikat (maklum blm py "buntut"), waktu si kecil nongol, langsung semua disikat hbs, soalnya takut…wabah flu burung baru merebak n demam tanaman, skrg mo cr lg, dah gak kuat modalnya…(semoga ada yg mo hibah-in…:D)

    Jawab:
    Dicari: pemberi hibah burung…hubungi Nanang no telp bla…bla…bla…heheheh…

  2. berarti untuk suara2 setan yg laen bs dihilangkan donk, kayak suara kucing dan ayam yg ditiru oleh samyong sy (bahkan dominan banget, padahal gak ada lho kucing ato ayam di sekitar rumah, dah 2x mabung suara2 setan-nya gak hilang)
    dulu py MB bagus terpaksa dijual krn kemasuk-kan suara perkutut ma kacer.

    Jawab:
    Hahahahaha…samyong dari mana Om? Kalau itu sih memang dasar suara samyong suka ngebyong dan ngeyong begitu… Cuma sayang ya sudah dijual heheh.

Komentar ditutup.