Lagi-lagi kacer mbagong

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Banyak teman yang bertanya mengenai mengapa kacer mereka mbagong (nguda laut) atau berbunyi ciirrr…cirrr…sembari menekuk kepala dan memekarkan bulu.

Pertanyaan itu pernah disampaikan teman kita juga di blog ini:

“Mas,mau tanya lagi dong.. saya baru dapat kacer Jawa Barat , Suara tebel abis,bikin  kuping pengeng. Sering saya umbar. Pagi2 pas saya keluar kan berbarengan dgn AK , kacer langsung ngebagong. Aapakah kacer saya takut pada Anis Kembang? AK-nya memang sudah ngeplong dan ngerol..bagaimana cara menghilangkan ngebagong kacer tersebut?

TBB bikin burung ngos jadi joss

Jawab saya waktu itu adalah:

Bisa jadi kacer Om mbagong karena ketemu AK. Hanya saja barangkali bukan itu penyebab mutlaknya. Sebab pada dasarnya kacer mbagong atau tidak, itu sangat kondisional.

Sebelum saya tunjukkan mengenai tempat saya pernah membicarakan soal kacer mbagong, saya ingin mengomentari mengenai umbaran untuk kacer…. Selama ini saya masih punya keyakinan berdasar pengalaman bahwa umbaran itu tidak bagus untuk burung lomba. Hanya saja, bila memamg sudah menjadi kebiasaan burung Anda,dan terbukti bagus, silakan dilanjutkan.

Kacer Brandon
Kacer Brandon meraih double winner dalam kontes P23B Ngebong Boyolali.

Soal kacer mbagong, memang rata2 kacer so pasti mbagong. Hanya saja munculnya karakter itu antara satu kacer dengan yang lainnjya berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental kacer pada saat itu.

Rata-rata kacer yang jawara pun pernah mbagong. Jadi, harus ada semacam catatan pada kacer kita, dalam kondisi apa dan penyebab apa kacer itu biasanya mbagong dan dalam kondisi seperti yang tidak mbagong jika ketemua kacer lain. Dengan mengetahui itu, kita bisa menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong kalau ditarungkan.

Dalam persoalan mbagong dan tidak mbagong ini, bahkan saya berani mengatakan bahwa “tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong”.

Saya sangat setuju dengan tulisan rekan LinduAji di forum kicaumania. Dia menulis seperti ini:

1. Kebanyakan kacer PASTI bagong dan itu tidak dapat dipungkiri karena itu bawaan dari alamnya. Saya berani jamin dah burung-burung kacer yang bagus-bagus di lapangan lomba sepintas memang tidak bagong tapi coba dilihat sehari-harinya mesti dia akan sempat bagong cuman yang terpenting adalah perawatan dan penguncian di lapangan yang harus ekstra ketat.

2. Burung Kacer bagong ada berbagai penyebabnya:
a. Segi bawaan: ada burung memang dari segi bawaan dia sudah sering bagong jadi dari segi ini burung sudah tidak harapan untuk dibuat lomba atau untuk dipoles lagi karena akan menuai hasil yang tidak bagus. Sarannya jual saja ke pasar.
b. Segi perawatan: dari segi ini apakah kita sudah benar dalam hal perawatannya, misalnya mandi, jemur plus ekstra foodingnya. Kebanyakan kacer bagong karena dari segi perawatannya memang sudah salah. Kacer itu burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto itu sedikit saja atau kalau tidak sekali selang waktu dua hari; itu bertujuan meredam hawa birahi yang berlebihan karena sifat dari burung kacer adalah fighter, sehingga diharapkan dalam pemberian kroto selang dua hari ini agar burung tetap fit di lapangan alias tidak gembos di tengah jalan. Saran saya, burung kacer itu lebih baiknya difooding jangkrik saja sekitar 10 sampai 20 sehari karena di dalam tubuh jangkrik itu bersifat dingin dan lebih berpotensi untuk menjerihkan suara plus power.

Voer jangkrik luar biasa
Kacer Bodrek
Kacer Bodrek, gaco lawas milik H Mahfud yang terus berprestasi.

Dapat dibuktikan burung (dalam hal ini kacer) yang kebanyakan ekstra kroto sama jangkrik itu dapat kita lihat jelas sekali perbedaannya. Burung kroto pasti terlalu birahi dan kebanyakan bagong kalo burung jangkrik mesti powernya dahsyat dan burung diam di plangkringan alias anteng tapi kerja dan tidak gembos.

Masalah mandi cukup sehari sekali karena kalau burung kebanyak mandi seperti kacer akan mengundang birahi bagongnya karena si burung akan sering “didis” (merawat bulunya) sewaktu kita jemur.

Kacer Pringgondani
Kacer Pringgondani

Penjemuran untuk kacer itu relatif tergantung burungnya. Kalau burung bakalan mau kita jemur lama sih tidak apa-apa karena bertujuaan untuk pembentukan badan dan melatih nafas agar tidak mudah terserang penyakit. Kalau burung jadi, maksimal penjemuran sekitar tiga jam itu sudah sangat cukup, dengan alasan burung jadi itu tidak perlu lama-lama dijemur karena nanti kalau pas di lapangan akan cepat habis tenaganya alias gembos tengah jalan. Makanya kita banyak-banyak kerodong dia agar banyak istirahat. Supaya nantinya fit di lapangan.

Nah begitulah tulisan Om Lindu Aji.

Sekadar tambahan referensi, untuk kacer yang kebanyakan bagong, Anda bisa melakukan terapi mandi pasir. Apa dan bagaimana mandi pasir, bisa dilihat dalam tulisan: Mandi pasir untuk burung, fungsi dan kegunaannya.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

36 Comments

  1. maaf mas mau tanya ak punya kacer jabar suara nyaring dan tebel tp kl bunyi pas gada orang ja kl ada orang dia diam dan ga bunyi kl pas kontes dia hanya bisa loncat kesana-sini ja, itu tuk ngatasi hal semacam itu gmn mas makasih ya sebelumnya.

  2. Om mau tanya Kacer saya sudah selesai mabung tapi setelah satu bulanan ada bulu ekor dan sayap yang jatuh ngak banyak sehari paling satu, Kenapa yah? terus gimana perawatannya?
    dirumah ada kacer dua ditaruh jauhan dan tak saling lihat and ngak pernah saling lihat bolehkah? thanks

  3. om q pnya kacer bunyi terus saling sahut-sahutan ma kacer tetangga q, tp kok kecr q bunyinya kalah kenceng ya?? kadang2 kenceng sih tp jarang banget, nah biar suaranya kenceng ada tips gak om??
    perawatan harian : pagi jemur, jangkrik pagi 6 sore 6, kroto stop, gak prnah krodong, mandi jarang
    truz kacer mbagong tu cirinya gmn om???
    truz caranya biar kacer bunyinya 24 jam non-stop gmnom, coz kacer q klo bunyi cm pagi pe siang jam 2an habis itu sama sekali tidak bersuara alias bisu….
    klo dari perawatan ada ygkurang gak om??
    matur nuwun om………

    • Untuk menambah volume enggak bisa Om kecuali kalau dia masih muda, maka dengan bertambahnya umu, di akan semakin matang suaranya,
      Untuk rawatan ya sudah cukup, cuma mandinya kurang tuh Om.
      Sementara kalau untuk bunyi 24 jam non-stop weleh-weleh, apa ya ada burung yang gitu Om hehehe. Singkat kata, burung sehat fisik dan mental pasti gacor, begitu Om.
      BTW, kalau terus tarung sama kacer tetangga, bisa2 kacer Om drop loh (atau kedua2nya drop).

  4. mas saya mau tanya bagaimana caranya menjinakkan kacer bakalan yang sudah dewasa,jenisnya kacer rawa kalimantan… badannya besar,paruhnya panjang dan tebal,suaranya keras abis….. cuman kendala saya di tiap kali di deketin masih nglabak…. tolong beri bimbingannya,kalo bisa balas di email…..

  5. Numpang tanya om. Saya punya Kacer Poci. Trotol bulu leher. Bro lama slese trotolnya? Trus g mw bunyi, gmn biar mw bunyi y om? Saya momong hmpir 2 mingguan. Thx y…

  6. om yg baik .mau tanya lagi mas.murai gw 1mingguan lagi mau di kontes.biasa nya perawatan untuk 1 mingguan ini sebelum kontes gimana?di keredung terus dan makan teratur atau gimana lagi? dan pas hari H nya sebelum di bawa ke lapangan..apa perlu di mandi jemur atau ga perlu?
    thx

  7. ok tq om…soal perawatan saya bisa atasi.
    trus ada 1 hal lagi mas yg mau saya pertanyakan. sebenar nya burung itu bagus nya jemur dulu baru di mandiin atau di mandiin dulu baru di jemur.
    thx.

    • Mandikan, diangin2kan biar bulu kering dulu dan sudah dirapikan sama burungnya, baru dijemur. Kalau tergesa2 dijemur, bulu pada ngelionting Om.

  8. Om..mau tanya ne.gw punya kacer muda,kira2 baru berumur kurang dari 1 thn.dari segi suara sudah bagus dan banyak variasi,tapi burung saya ini dari pertama nya ga pernha di kasih kroto,selalu jangkrik pagi 5 sore 5.Dan saya sering bertemu tukang burung yg kata nya kacer jgn di beri terlalu banyak jangkrik,nanti birahi,yg harus banyak adalah kroto.
    setelah itu saya coba dengan tiap pagi sesendok kroto tanpa jangkrik dan jangkrik nya cuma sore 5 ekor.setelah saya menganti pola makan nya seperti itu di hari ke 4 tiba2 kacer saya jg terjadi perubahan. pertama : burung nya suka di bawah terus,jadi semakin liar,dan berkicau nya jadi tanpa variasi yg biasa di keluarkan sebelum nya.

    pertanyaan saya : apakah benar yg di katakan para tukang burung itu?kenapa kacer saya berubah jd gitu?
    mohon di maklumi.sebelum nya saya blon pernah bermain kacer.thx

    • Kalau saya sebaliknya Om, kacer tidak perlu diberi kroto. Tidak signifikan menambah penampilan. Jangkrik saja sudah bagus. Cuma kalau diubah kroto kemudian berubah perilaku dan suaranya, saya kira ada faktor lain selain karena pemberian kroto.
      Rawat burung perlu konsistensi Om, baik pakan, mandi dan jemurnya.

  9. om duto yg baek…
    mo nanya om, kacerku suka banget salto…padahal udah dirubah2 settingan tangkringannya..dia slalu aja bisa nemu cara dan model baru buat salto..kira2 ada jurus jitu gak om buat buang salto nya?
    nuwun om..
    salam kicaumania..

    • Kadang salto dan perilaku aneh lain itu sudah menjadi kebiasaan yang sulit diubah Om. Itu berawal dari stres burung ketika kali pertama dimasukkan sangkar. Ketika burung sudah mulai mapan, lantas dilakukan perubahan-perubahan tangkringan, biasanya menjadikan dia lebih stres.
      Sudah berapa lama kacer itu dipiara?

  10. Om mau tanya nich…saya pliara burung ada MB, kacer, pentet n jalak suren…kalo dijejerkan bersandingan berpengaruh ama bunyinya ga ya….

  11. salam kicou mania.
    Mas duto mau nanya nich… tentang kacer jowo purworejonan ku.
    ngaapa ya kacer ku,kalo di adu kok diam aja cuma gaya yang muncul…..padahal kesehariannya kalo buni gacor dan keras,,,mohon dong kasih tahu,,,,,,
    nuwun…(arie bbh )

  12. om,gimana cara menentukan jenis kelamin kacer yang masih anakan,maksudnya kalau makan masih disuap, soalnya saya mau beli tapi bingung milihnya saya kan maunya yang jantan ,tolong ya om dikasih tipsnya.thx

  13. saya baru piara burung kacer,berarti saya awam banget tenteng burung ini,saya punya satu, kalau soal bunyi so pasti,tapi yang saya heran kenapa suara burungnya ko ngga’ keras,seperti orang berbisisk aja,tolong masukannya dong om-om yang udah pada pengalaman

  14. om tolong aku ya.??? beri info yang akurat tentang kacer mbagong..coz aku punya kacer sumatra bagus banget swara ngepol tiap hari los ga pernah berhenti berbunyi…tapi kenapa mbagong?!! rasanya saya streess setelah tau mbagong, mau saya jual rasanya ga rela banget kalau laku murah,…kasih solosi yang akurat ya om??

  15. malam om duto,
    secara katuranggan, lebih bagus mana antara kacer berbadan besar atau berbadan kecil?
    saya punya 2 kacer jabar, satu badannya besar satunya kecil, mentalnya sama2 baik, salah satunya mau saya jual.
    mohon petunjuknya om, bagaimana saya memilihnya, mana yg harus dipertahankan?
    thx
    salam

  16. sugeng siang mas Duto,saya baru hobi burung (pemula) baru nbeli kacer poci dari ngasem tapi kurang sreg. suaranya keras tapi kakinya sering di angkat sebelah.ternyata kukunya pada nyeplok.
    apa bisa tumbuh lagi ya?? saya jadi cemas,malah pengin di jual lagi aja
    apa ada info penangkar kacer di sekitar jogja??
    maturnuwun

  17. om,kacer sya males bekicau…padahal tiap hari,nutrisinya lengkap.saya pny 2.pelet makanan tetap.tiap hari jangkrik n ulat dikasi jg.dimandiin,kandang di doorsmeer tiap hari,pokoknya servis abissss…

  18. om kacer saya ngebagong padahal saya pakai settingan dan fooding yg sama jumlahnya, saat pertama kali sih dapet ke 1 lalu kedua kali masuk ke 3 dan setelah itu malah bagong, (4 kali tampil) . saya mengumbar burung dari hari senin sampai kamis, dan latihan pada hari sabtu. kira kira apanya yg salah yah? tx b 4

    • Yang salah nafsunya yang punya hwakakakaka…just kidding…La ya kebangeten ah…kasihan kacernya, bisa2 ngedrop betulan dan sedikit2 mbagong…

  19. Om, kacer mana yang lebih baik yang bunyi nya ngerol atau yang nembak-nembak , soal nya saya punya kacer yang bunyi nya nembak-nembak isian nya keleuar semua.

  20. saya punya kacer om,tiap hari betah banget ngriwik tapi jarang banget bunyi yang keras gitu.
    bisa minta tolong kasih solusinya om?!..
    makasih.

  21. om duto ganteng,kacer saya mbagong,klo di trek dengan kacer yang suaranya lebih kencang,.jadi kaya pingwin om,selain cara-cara di atas,ada cara lain lagi ga om?

Komentar ditutup.