Antara doping burung dan para jawara lomba kicauan

Saya pernah menulis tentang masalah doping burung dengan judul “Kenali-Hindari Burung Dopingan”. Mengapa saya menulis mengenai hal itu? Ya, seperti kita ketahui fenomena doping baik yang “legal” maupun “illegal” untuk burung lomba, sudah kita dengar dan barangkali di antara Anda sudah melakukannya.
Ya, dengan doping, burung memang bisa main gila-gilaan. Secara normal, burung hanya bisa main di dalam satu-dua kelas lomba. Tetapi dengan doping, bukan hanya dua kelas bisa diikuti, tetapi sampai empat kelas atau lebih. Bahkan setelah dibawa pulang, burung masih saja gacor seakan tidak pernah kehabisan tenaga.
Cuma memang semua ada efeknya. Penggunaan doping yang tidak tepat, akan menyebabkan burung “ketagihan” dan menjadi loyo begitu tidak didoping. Banyak memang macam doping dan sangat buruk dampaknya jika penggunaannya tidak terukur atau malah ngawur.
Celakanya lagi, kalau kita membeli burung yang kita anggap bagus tetapi hanya menang sekali dua kali di tempat kita, setelah itu loyo bahkan sakit-sakitan dan mati..duh…
Dalam tulisan saya mengenai doping sebelumnya (Kenali-Hindari Burung Dopingan) saya tulis secara umum mengenai masalah doping ini. Namun beberapa waktu belakangan ini, saya lihat masih banyak dan malah semakin banyak fenomena doping burung. Pertanda apakah ini?
Yah, barangkali memang semakin banyak orang yang frustrasi bermain burung karena burung mereka tidak pernah menang. Entah karena secara kualitas burung memang kurang, selalu “dikalahkan” juri, dan sebagainya dan sebagainya. Akhirnya, karena pengin segera memiliki burung jawara, doping pun digunakan. Hanya saja, karena pengetahuan tentang doping terbatas, bukan burung tampil bagus yang terjadi, tetapi malah burung loyo, drop bahkan mati.
Nah berkaitan dengan persoalan semacam itu, sebaiknya Anda memang harus tahu apa dan bagaimana doping burung sehingga benar-benar untung yang diraih, bukan malah buntung.
Jika Anda tertarik, ya bergabung saja bersama saya di OM KICAU HOTLINE. Di sana akan kita bahas tuntas tips dan trik mencetak burung jawara. Saya tidak bisa menjanjikan hal yang muluk-muluk kepada Anda ketika memberikan semua tips dan trik yang saya ketahui tentang dunia lomba burung. Saya hanya memberikan jalan, Anda yang menentukan.
Jika menjadi jawara lomba burung yang Anda inginkan, sudah saatnya Anda tahu jalannya.
Salam…

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.