Obrolan burung di fan page facebook.com (1)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran di Facebook.com merupakan halaman yang saya buat sebagai halaman penggemar burung kicauan di facebook.com (fan page). Saya merasa perlu membuat halaman ini karena fakta menunjukkan bahwa banyak sekali penggemar burung dan khususnya penggemar omkicau.com yang suka FB-an. Artinya dengan adanya halaman itu, saya ingin memudahkan teman-teman penghobi burung untuk mengikuti perkemangan terbaru dari omkicau.com.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebab, beberapa artikel di omkicau.com juga saya upload sebagai catatan di halaman HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN.

Berkaitan dengan banyaknya tanya jawab di halaman tersebut yang perlu diketahui pembaca omkicau.com, berikut ini akan saya sajikan sejumlah tanya jawab yang relavan dengan persoalan burung yang terjadi di halaman HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN. Saya akan menurunkannya secara bersambung, dengan versi yang sedikit banyak hampir sama dengan versi yang ada di halaman HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Pada tulisan di bawah ini yang menggunakan nama HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN adalah saya (Om Kicau). Silakan disimak.

(1)

Jati Priyono wahai…burung dalam sangkar…kacian dech burung…bisa terbang bebas nggak?? freedom….

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Upaya penangkaran sebagai salah satu upaya mencegah kepunahan burung akibat perburuan liar. Pada saat kita mengimbau pengurangan perburuan liar, kita bersama-sama beloajar menangkar untuk kelestarian burung. Salam Om.

(2)

Rori Jabrix maaf om, sblmnya slm knl, q mo nanya..sy br blajar nangkarin burung Kacer, selama 5hr kurungan saya tempel, kmudian betina aku masukin ke sangkar besar, jantan aku masukin jg tp msh sama kurungannya,selama 3 hr, stlah itu aku lepas semua di kndang besar, tp sampe skarang blm mau bertelur, apa ada yng salah????

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Belum birahi tuh betinanya Om. Atau juga bisa kedua-duanya. Yang jelas betinanya kalau sehat pasti bertelur, entah dikawin atau tidak. Nah kalau kosong, berarti kemungkinan memang tidak dikawin atau gagal dalam perkawinannya.

(3)

Arief Fadhillah salam kenal semua……minta info price list anakan burung kicau (penangkaran) dan dimana belinya Ths semua

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Di omkicau.com ada list penangkar burung Om. Top Breeder, begitu.

(4)

Neo Amzah salam kenal semuanya.. saya minta artikel cara penangkaanr burung kenari dong… dan cara pemasaran juga. trima kasih sebelumnya

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

beberapa sudah saya upload ke omkicau.com Om. Kalau ada yang belum jelas/ada, bisa kirim pesan di sini atau langsung tinggalkan komentar di web omkicau.com.

(5)

Wawan Hadi Kebetulan Om. Ada sedikit yg ane mau tanya… Kenapa kenari F1(Jantan)ku…. nggak bunyi2… ngeriwik terus, padahal udh umur 17 Bln…Makasih…

Budiyono Yono

maaf mas sudah coba dikasih kroto belum tuh

Wawan Hadi

Budi@Kroto nggak mau makan…..seperti memang kurang birahi….Ada Solusi?

Frans Aprillia Pascanora

WH : coba di kasih apel mas…he he h ehe

Wawan Hadi

Om Bayu@Sdh habis 1 Gudang Om….he..he…atau memang jangan2 kenariku bencong…

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Prinsipnya, semua burung sehat pasti bunyi dan burung sehat pasti bereproduksi. Kalau ada yang bunyi tidak maksimal, maka kesehatannya kurang maksimal Om.

Wawan Hadi

Setelah Aq analisa lebih detail, sepertinya memang kesehatannya….bulu rontok nggak pernah selesai..Atau jangan2 kena gurem/ kutu ya Om?…Apa obat yang bagus?

(6)

Lobrin Agung Qurniawan salam kenal mas… saya punya muda hutan kondisinya masih giras dan kicauannya sudah ada tapi masih pelan….. gimana supaya berani berkicau keras..sekedar info saya punya cucakrowo umurnya kurang lebih 1 tahun sudah bersuara keras.. selamanya ini saya kasih pakannya pisang sama jangkrik… mohon sarannya terima kasih..

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Agara burung gacor, dia perlu tidak takut dulu dengan lingkungan. Kalau dia masih takut berarti secara mental dia “sakit”. Prinsipnya, burung sehat pasti bunyi, burung sehat pasti berreproduksi. Oleh karena itu perlu dilakukan proses penjinakan. Hal itu bisa Om baca pada tulisan: https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/
Untuk CUCAKROWO-nya, perlu dilatih makan voer agar kecukupan asupan pakannya (vitamin, mineral dll).

(7)

Arul Firman

Sy baru belajar breeding kenari ne, Jika kenari dikawinkan antara jantan n betinanya yg msh sedarah misal induk dg anak ato bpk dg anak ato sodara setetasan, dg mksud utk mmperbaiki kualitas warnanya, apa warnanya akan lebih pekat? Dan gmn jika tujuanya utk suaranya?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Belum tentu juga Om, tergantung gen pembentuk warna, mana yang dominan.

(8)

Daniel Wijaya

numpang tanya nih om…
kira2 cucak ijo di tangkar pakai kandang umbaran yang gantung, ukuran 80x80x100 cm bisa berhasil gak yah?
soalnya klo bikin kandang di luar rumah belum siap, belum di bikin pagar takut di gedor2 anak anak kecil. dulu pernah ada. malah burungnya stress semua dan tewas. hahaha dasar anak anak

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

@Daniel: Bisa tetapi tingkat keberhasilannya kecil karena CI sangat rentan stress. Rentan goyangan.

(9)

Soerono Tan salam kenal untuk semua … langsung mau nanya dan minta nasihat … sy punya Anis Kembang yg 2 minggu lalu tiba-tiba serak suaranya. sudah diobati macem-macem tapi sampai sekarang suara mash tetap serak. minta saran dari teman-teman sekalian … tks

Agung Endry

Emg pnybbnya ap om? Dl sy jg prnh alami pd anis merah sy yg suaranya tiba2 serak n jd pelan stlah sy ksh ult hkg n pas tu suhu udra jg lg pnas bgt.. Bisa jd brung om jg kpanasan gr2 suhu udra yg pnas.. Trs ANIS MERAHsy ksh minuman pnygar bwt pns dlm gt om alhsil suaranya jd nrmal lg..bnyakin jg buahnya om..

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Ya betul diperbanyak buahnya. Dan sementara ini jangan dijemur dulu karena kalau kepanasan nafasnya lebih memburu dan membuat paruh membuka terus. Berisiko tambah serak.

Soerono Tan

memang Malang lagi puanas buanget. Pernah satu sore saya mandikan dan saya angin2 mungkin kelamaan. setelah itu besoknya lsg serak. oke akan sy coba dg larutan penyegar … tks

‘Budi Gunawan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

kasih buahnya pepaya / pear aja om , supaya badannya dingin

Agoes Riyanto

saya pernah mengalami seperti itu om tak kasih madu,sama masukkan di kandang umbaran

(10)

Dailami Rachman Marzuki 1)om mau tanya nich kenapa kenari saya bulunya pecah2x?
2)tips perawatan kenari menjelang lom biar pas:)?
3)manfaat sayuran mentimun buat burung kenari?
4)makasih klo dijawab

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Oke Om.
1) Bulu yang mana Om? Sayapnya? Kebanyakan sehabis dia mandi lalu Om jemur? Biasanya begitu. Kalau pecah2 menyeluruh bisa jadi karena kutuan Om.
2) Yang penting istirahatkan total selama 3-4 hari sebelum lomba. Jauhkan dari suara kenari lain atau suara2 yang merangsang bunyi, agar istirahat dan mengumpulkan tenaga dan jadi jos masuk arena.
… Lihat Selengkapnya3) ya tentu penyuplai vitamin (meski minim). Yang jelas, dengan adanya mentimun burung jadi lebih banyak makan mentimun dan mengurangi makan karbohidrat. Artinya kalau kegemukan bisa menjadikannya lebih singset.
4) Sama-sama.

(11)

Ridwan Nur Ef Salam kenal semuannya, ikut gabung nich. Saat ini saya br mencoba masukkan kandang besar MB Nias (jantan) & MB Medan ekor (Betina). kira2 kalo jadi F1-nya kayak apa yach… ?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Body seperti indukan betina (ada bulu putih di ekor), gaya dan mental seperti indukan jantan. Bagus Om.

(12)

Agung Endry Da yg py tips jitu ngtasin ANIS MERAH birhi g? Thx

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

https://omkicau.com/2008/12/tips-lain-mengurangi-anis-merah-birahi-secara-cepat/

Agung Endry

Salam om.. Mo nanya nich om? Punya tips jitu bwt ANIS MERAH yg birahi g om? Thx

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

@Agung Endry: Birahinya bagaimana Om? Coba lihat di halaman ini: https://omkicau.com/2008/12/tips-lain-mengurangi-anis-merah-birahi-secara-cepat/

(13)

Djanun Sukasto salam kenel semua…, mau ikut gabung sekalian sering permasalahan perburungan
piaraan kami CUCAKROWO 2, Murai 3 Jengot 3, Kenari 7 Love Birt 1 dan jalak suren 1

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Ya Om, moga-moga MBnya nggak kemaster CUCAKROWO ya. Tetapi no problem kok…. MB kalau pas nemabak dan nge-fight juga nggak akan keluarkan suara CUCAKROWO…Sukses Om.

(14)

Endra Susila kalo bisa lomba kicau atau sekedar memelihara yang lebih digiatkan burung hasil tangkaran sokur2 jadi tren ke depan seperti itu, diharapkan tekanan terhadap burung liar akan berkurang secara signifikan

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Setuju Om…

Hadhi Btg

Setuju tuh mas.. Memang kedepannya kita jg hrs memikirkan konservasi.. Gak mau enak sendiri, mau seneng tuk diri sendiri/egois gak mau tahu brg2 dialam dah habis. Dengan penangkaran kt bs melepas sebagian ke alam, kt menjaga keseimbangan alam, jt jd hobies yg bertgg jwb dan pduli. kt lihat bali misal, bgmana adat jg ikut menjaga kelestarian burung2… Lihat Selengkapnya disana terutama AM, mestinya daerah2 lain jg bs meniru, jangan sampai anak cucu kt gak tau seperti apa burung podang (misal) karena telah punah sebab penangkapan dari alam yg gak dikontrol dan tidak adanya perlindungan dari adat ataupun pert. Pemerintah.

(15)

Hadhi Btg Slm kenal smuanya. Ikut gbng, ada yg tau penangkaran BT disktr jateng?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Ada di wilayah Kartasura, punya Om Hasto (Papburi Solo) Om.

(16)

Hadhi Btg Aq kok bingung klo liat lomba burung..Tuh lomba teriak ato lomba brg?! Ygng teriak sm burvng rame yg teriak..Apa enaknya?Labelnya non teriak… Ee diarena semua pd bw suporter dan slg berteriak, bahkan saling ejek. Apa mgkn sprt ini bs fair play?

Riko Gunawan

betul om..saya jg nggak bisa menikmati yg ada malah pusing

Andri Wahyudi

lomba di aceh malah lebih parah.. ada yang bakar petasan..

Hadhi Btg

Mungkin itu cerminan sebagian masyarakat kt, gak mau naati aturan, mau menang sendiri dan esensi dari hoby sendiri jd kabur… Ini hoby ato mau cari menang.. Pdhl hoby tu kan cari ksnangan. Mestinya ini pr bg pelaku masing2, ya hobies agar mnaati aturan disisi lain pihak EO jg hrs brni tegas shgga kt bs nikmati lomba brg dg nyaman. Kr2 bisa?

Choirul Asrofi Asrofi

Sekarang udah ada kok lomba NON TERIAK tapi kalo udah dilapangan ……………….????????????????

Endra Susila

bener mas hadhi, yang jelas kita itu MUDAH SALAH KAPRAH, jadi apapun aturan diplintir jadi salah kaprah, mungkinkah ada pemikiran atau bahasa menterengnya reformasi bidang ini sehingga tidak hanya menarik bagi penggemarnya saja tapi di luar komunitas itu juga merasa tertarik dan bisa menikmati acara itu sehingga tambah jadi makin asik

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Saya dan teman-teman Jogja sedang mengupayakan bird beauty contest. Jadi kontes bukan semata suara, tetapi lebuh penting lagi adalah kontes kesehatan burung (kecantikannya, keuinikannya dsb).
https://omkicau.com/2009/01/bird-beauty-contest-dan-kontes-lagu-galur-murni/

Dino Pramono

Kalo bisa jangan di jogja aja tp seluruh indonesia

Adit Untuk Rakyat

iya itu yg teriak2 harus dibasmi…wkwkkwk

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

@Om Dino: Ya sebagai pilot ptoject dulu Om…

Endra Susila

kayaknya perubahan paradigma baru juga sebaiknya ada dalam agenda kicaumania supaya dapat diapresiasi kalangan yang lebih luas lagi dan dapat memberi efek ekonomi yang signifikan lagi di ujungnya. (Bersambung)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.