Warna anakan kenari hasil silangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Foto ilustrasi dari http://prasetya.brawijaya.ac.id

Di halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran, Om Sahbudin Nyanyang bertanya apa bisa kenari abu-abu dikawinkan dengan kenari kuning, dan bagaimana anakannya? Pertanyaan ini dijawab “bisa” oleh Om Irvan Sadewa, salah satu admin halaman tersebut. Bagaimana penjelasannya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Seekor burung Kenari terdiri dari 42 kromosom. 21 kromosom berasal dari induk jantan dan 21 kromosom lainnya berasal dari induk betina.Kromosom ini membawa kode-kode gen informasi dari masing-masing induk, seperti jenis, warna, karakter lagu, karakter dasar, postur, bentuk dan lain-lain….
Di samping itu juga dalam dunia breeeding, kita mengenal hukum Mendle yang memungkinkan adanya banyak variasi keturunan karena suatu sifat yang menonjol atau tidak tampak, misalnya:
1. Dominan,
2. Intermedier
3. Resesif

Menjawab pertanyaan om Sahbudin Nyanyang di atas, apabila burung kenari berwarna abu-abu dikawinkan dengan burung kenari berwarna kuning akan menghasilkan kenari berwarna apa?
Ini akan menghasilkan warna yang sulit ditebak, karena di dunia burung kenari kita mengenal juga faktor warna lipochrome dan warna melanin. Di samping faktor hukum Mendle yang disebutkan di atas.
Bisa jadi hasil keturunannya akan berwarna:
1. Kuning (Lipochrome dominan atau Berlaku hukum Mendle)
2. Bon Kuning (Berlaku hukum Mendle)
3. Bon Hijau (Berlaku hukum Mendle)
4. Putih (Berlaku hukum Mendle)
5. Issabel (Berlaku hukum Mendle)
6. Mozaik (Berlaku hukum Mendle)
7. Abu-abu (Melanin atau Berlaku hukum Mendle)
8. Mutasi menjadi warna yang baru
9. Dan lain-lain.
Inilah daya tarik tersendiri dari breeding burung Kenari, karena kita tidak bisa menebak dengan pasti bagaimana warna dari anak keturunannya. (Irvan Sadewa)

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

30 Comments

  1. mf om kicau, minta saran. kepingin ternak kenari merah padahal baru merintis belum ada pengalaman ternak burung sebelumnya. bagaimana sya harus memulai? trimakasih

  2. om q pernah nernakin black red sama AF dan anaknya jadi warna bon kuning… q mau tanya anaknya itu bisa di katakan jenis apa om…. tolong jawab tks….

  3. Mau nanya om….jantan AFS holand (F1YSxholand) kawin dengan betina taiwan, jadinya apa ya om… Mohon info. Mksh n sukses wat kenari

  4. salam kenal om kicau, mau kasih masukan kedachyar .
    kalau blacken saya pernah buat warna abu2, bedannya yang jelas pada paruh dan kepala.
    paruh kecil dan lancip, sedangkan kepala seperti burung branjangan rambut atas kepala kadang agak njegrik. untuk blacken biasanya pungungnya ada warna kuning seperti blacktroath, kecuali warna starblue biasanya keluar tipis atau sama sekali tidak ada. semoga dapat membantu ya. thanks.

  5. saya pernah starblue bon putih(dominan warna starblue) jantan dan kuning polos
    menghasilkan putih polos 4 kali peranakan.

  6. om kicau yang baek. saya mau tanya nih. boleh gak? saya mengawinkan kenari betina warna kuning putih dengan jantan warna rootbeer. tp sudah dua kali periode bertelur tidak ada yang menetas satupun. kenapa ya??? trims tanggapannya.

  7. nanya lagi Om,
    kalau jantan dah siap, tapi betina belum nampak mengelaeparkan sayapnya apa kalau digabung berisiko? yang jantan sih kalau dideketin dah kebas2 sayapnya dan ribut
    trimakasih..

  8. salam kenal om kicau. saya punya kenari warna star blue body kesil di pelipis ada garis putih dobel spt blackcroat suara nyaring keras sekali. apaka ini jenis kenari silangan ( Blacken)? by Dachyar di jkt.

  9. Salam Kenal Om.. mau nanya nih
    saya punya kenari Taiwan jantan, kalau mau belajar ternak, sarannya dijodohkan dengan betina apa om? rencana mau saya belikan betina Holland dan taiwan, bagaimana pendapat om?
    Saya juga punya F1YS masih umur 2 bln, umur berapa dia siap kawin om? adn rencana nanti mau saya jodohkan dengan betina Holland, bgamna menurut om?
    Trimakasih banyak,,, salam..

    • Jodohkan saja dengan betina YS kalau ada. Kalau tidak ada, bisa juga dengan kaneri F! atau F2 keturunan YS. Tujuannya untuk mengejar body.
      Untuk F1YS-nya bisa dikawinkan sekitar usia setahunan Om. Atau setelah dia benar2 gacor dan birahi kalau ketemu kenari betina.

  10. Om aq pnya kenari umur 4bln aq pgen memasternya ,yg pling bgus pkai suara burung apa ya om bwt memasternya.1lg om aq prnah bca di blog om kicau ktnya klo kenari pas lg mabung klo d ksih pkan cabe bsar wrna merah tumbuhnya bulu bsa brbah merah apa btul om?mksih ya om.

    • Bisa menggunakan suara ciblek dan gelatik wingko Om.
      Soal warna merah, tentunya itu hanya efektif untuk kenari yang membawa bakat (gen) warna merah. Untuk kenari dengan kecenderungan warna lain yang gelap (hijau, startblue dsb), kalaupun ada semburat merah, tidak akan terlalu jelas.

Komentar ditutup.