Kalau burung bakalan kurang nafsu makan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Di forum tanya jawab tentang Produk Om Kicau di kicaumania.or.id, Om Leo Andrie bertanyan tentang penambah nafsu makan untuk burung bakalan. “Biar nafsu makannya banyak dan cepat makan voor, produk yang digunakan yang mana Om Duto?”.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Saya menajwab bahwa kekhawatiran terhadap kurangnya nafsu makan pada burung bakalan bisa dimengerti, akan tetapi, hilangnya nafsu makan sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi pada burung bakalan karena dia lebih terfokus pada penyesuaian terhadap lingkungan, termasuk pola dan jenis pakan.

Hilangnya nafsu makan bisa juga merupakan satu gejala umum adanya penyakit. Apabila kehilangan nafsu makan bersifat akut atau serius, hal penting yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan mengobati penyebabnya. Pada burung dapat berupa infeksi akibat gangguan parasit, terutama cacing (Ascaridia galli) dan kutu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Untuk mengatasinya perlu diupayakan dengan membasmi parasitnya serta menjaga nutrisi pada pakan burung dengan voer yang berkomposisi bagus dan sering-sering coba diganti jenis EF-nya.

Jika kehilangan nafsu makan tidak disertai dengan adanya tanda penyakit, maka sangat dimungkinkan kehilangan nafsu makan burung adalah gejala normal pada masa penyesuaian dengan lingkungan dan jenis dan bentuk pakan yang baru.

Hal-hal yang harus diperhatikan dengan baik berkaitan dengan kasus kurang nafsu makan pada burung, adalah menghindari memberikan voer yang mempunyai aroma yang keras atau berwarna tajam karena hal itu menjadi barang yang sangat asing bagi burung.

Adapun pemberian “obat penambah nafsu makan”, tidak perlu lagi bila burung telah mendapatkan voer dengan komposisi nutrisi yang seimbang (karbohoidrat, protein dan sejumlah jenis asam amino serta mineral). Vitamin hanya diberikan bila memang burung kekurangan vitamin dan atau mineral tertentu.

Jadi pastikan burung tidak terkena gangguan parasit dan mendapat makanan dengan komposisi nutrisi yang seimbang. Untuk membasmi parasit bisa gunakan FreshAves (bebas bahan peluruh zat lilin) dan/ atau BirdFresh. Kalau Om ragu mengenai komposisi kandungan nutrisi pada voer dan EF, bisa gunakan BirdVit untuk memastikannya.

Kegemukan

Menanggapi pertanyaan Om Leo Andrie itu, Om Yogi Prayogi alias Om Cj mengatakan, “Hati-hati nati gemuk terus malas berkicau he he he ….” Tetapi Om Cj juga mengatakan begini (saya jadi GR, heheh): “Saya mau pesen mineralnya aja deh.. mantap nih..”

Menimpali pernyataan Om Cj saya mengatakan “Betul.” Dan untuk mencegah burung gemuk serta dampaknya, saya pun mengatakan perlunya dibaca artikel tentang “Agar burung terus berkicau, stop pakan sebelum kenyang”.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam artikel itu pada intinya saya mengatakan bahwa berikan pakan kepada burung ketika lapar dan stop pemberian sebelum kenyang (atau kekenyangan). Tapi perlu diingat, bahwa ini adalah pola perawatan bagi mereka yang “sempat” dan bisa konsisten.

Caranya, setelah burung mandi (pada pagi hari, kalau biasa dimandikan pagi) katakanlah jam 7, berikan pakan seperti sediakala. Selepas jam 9, keluarkan wadah pakan. Ini bertujuan agar burung tidak makan melulu setelah itu. Sekitar jam 12, baru wadah pakan dimasukkan lagi. Kalau siang biasanya diberi tambahan jangkrik entah berapa ekor misalnya, ya berikan seperti sediakala. Keluarkan lagi wadah pakan sekitar jam 13. Masukkan lagi pada jam 17-an atau setengah jam sebelum burung masuk peraduan. Dan keluarkan wadah pakan bersamaan dengan Anda mengerodong burung, atau kalau yang tidak biasa kerodong, ya pokoknya keluarkan wadah pakan agar burung tidak makan di malam hari.

Pola di atas memang tidak baku, terserah Anda bagaimana mengaturnya yang jelas tujuannya adalah agar burung tidak makan melulu dan kekenyangan. Burung yang selalu kenyang, selain relatif tidak rajin bunyi, juga gampang menjadi gemuk. Padahal kalau burung kegemukan, pastilah relatif nggak rajin bunyi.

Catatan:
Pola pengaturan pakan seperti ini berlaku untuk burung dalam kondisi normal (tidak sakit/ mabung; tidak dalam treatment khusus menghadapi lomba dsb) dalam perawatan sehari-hari.

Pola pengaturan pakan seperti ini mutlak diterapkan kepada burung-burung jenis tertentu (dalam kondisi normal untuk perawatan sehari-hari) yang kerjanya kebanyakan makan melulu seperti kenari. Jangan biarkan sangkar kenari Anda selalu ada pakan di dalamnya, karena selama ada pakan, kenari tidak pernah berhenti makan. Atau, cukup letakkan pakan kenari 1 sendok makan (atau bahkan kurang) pada pagi hari (dengan asumsi masih ada sayur/buah, atau kadang malah telor puyuh dsb). Cukupkan itu untuk makan kenari dalam sehari. Kalau sore hari sudah kosong, biarkan saja. Dan baru diberi lagi pagi hari keesokannya.

Terapkan ini secara konsisten, niscaya burung Anda yang seharusnya rajin bunyi tetapi angin-anginan, menjadi rajin bunyi.

Salam Sehat Burung Indonesia, Om Kicau

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

20 Comments

  1. Om saya habis beli parkit holland sepasang, sampai di rumah jadi malas makan dan murung tidak pernah bunyi, cuma mau nyentuh jagung yang disediakan, besoknya kotorannya jadi putih om, gimana ya om jalan keluarnya. Oh iya burungnya saya masukkan di kandang aviary ukuran p1xl2xt2

  2. om, CI saya tiba2 lemas dan kurus gara2 saya paksa buat makan foor,nggk tau nya sekarang malah kurus banget,,,gmna solusinya Om?mhon pencerahannya…

    • CI tidak perlu dikasih voor cukup berikan pisang kepok saja, apalagi masih bahan perlu asupan nutrisi yang lebih banyak.

  3. Om…!!! aku punya cucak ijo masih muda.waktu beli burung kurang perawatan sampai-sampai kurus..sesudah 1 minggu dipelihara ternyata burung tersebut kurang punya nafsu makan.. persoalannya gimana cara membuat nafsu makannya besar..??? trima kasih..!!!

    • Burung kurang nafsu makan bisa jadi akibat stress/drop setelah kalah mental sehingga diperlukan tritmen tersendiri, coba berikan buah segar seperti pisang, pepaya, apel, dan sawo serta tambahkan kroto. Selama masa pemulihan bisa juga dibantu menggunakan birdvit.

  4. Om saya punya kacer hibah dari alm.adik saya,sampai sekarang ngga mau kicau? Bulu ekornya pada rontok dan dia hanya diam saja,gimana cara ngatasinya ya om???

  5. maksih om atas pencerahan nya
    kebetulan aq lg stress ni cos MB bakalan aq kurang nafsu makan.
    badan sedikit kurus tp sehat,tidak terlihat lemes 🙂

  6. om saya mau tanya kenapa setiap kali saya beli burung cendet kok selalu mati n lemes gak mau makan….? udah 4 x saya beli cendet tp ttp saja mati n gak mau makan padahal burung pas waktu di pasar sehat2 saja tp pas waktu q bawa pulang selalu burung gak mau makan n lemes dan akhirnya mati…? gmn ya um caranya minta tolong petunjuknya om….trimakasih

  7. Om saya baru beli kenari red intensif import, yang bertina yang betina terlihat, loyo, nyeteter dan badannya kurus. sebaiknya diobatin apa ya Om ? Terima kasih banyak

  8. om,saya mau tanya,,,,burung knari saya sdh bertelor n di erami tapi tdk netes gmana caranya om,,,,,padahl sdah sy jodokn sm yg jntan,,,,,,mhn saran piandang nya om…..dan gmana cara tercepat cara penjodohan burung kenari

  9. om Duto, apa BirdVit boleh disajikan dengan cara tabur di voor ato kroto?, karena beberapa jenis burung termasuk MB maupun KN, sensitif dengan aroma bau om. bagimana om?…

    matursuwun sanget…

  10. Om..,bisa tolong carikan download suara burung decu? atau bagusnya decu di master dengan apa ya?…..dan liputan ttg decunyaditambah ya…..txs

Komentar ditutup.