Serba-serbi harga branjangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Oleh: Bagus, Branjee of Jackal

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

PENGANTAR: Ini adalah tulisan yang dikirim oleh Om Bagus, salah satu BirdShop Onliner OmKiau.Com.  Silakan disimak untuk menambah wacana  seputaran burung branjangan atau Mirafra javanica.

Branjangan Batikan Klaten (Body Besar)

Sejak bergabung dengan omkicau.com dan tercantum sebagai top broker spesialis Branjangan (sok-sokan banget, sok spesialis dan sok pakar hehehe), banyak sobat omkicau.com yang berkirim sms dan menelpon menanyakan hal seputar burung branjangan.

Ada beberapa hal pokok yang saya catat dari pertanyaan dan diskusi dengan rekan rekan pengunjung omkicau..com . Kali ini saya akan bertutur seputar harga.

Berapakah harga burung Branjangan (BR) bakalan?

Branjangan Batikan Kemerahan (KedungKwali)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Harga bakalan BR bervariasi mulai dari 50rb, 100rb, 200rb bahkan sampai dengan 1 jutaan.. Secara umum, harga piyikan yang jinak karena diambil sejak lolohan akan lebih mahal dibanding dengan yang ditangkap muda hutan. Sebetulnya habitat BR bukan di hutan seperti halnya jenis cucakrawa maupun muraibatu. Istilah muda hutan saya pakai untuk menamakan branjangan bakalan yang ditangkap oleh pemikat dalam kondisi sudah bisa makan, terbang, dan bahkan berkicau di habitatnya yaitu sawah, tegalan, lereng perbukitan di daerah pantai, dan hamparan rerumputan/ilalang.

Branjangan Batikan Purworejo (BR body kecil)

Sebagian besar penggemar lebih senang memelihara yang jinak karena lebih cepat belajar bernyanyi dan beradaptasi serta tidak takut dengan keberadaan manusia. Sebagian lagi lebih senang memelihara dari muda hutan karena mereka yakin BR muda hutan sudah memiliki dasar lagu yang diperoleh dari habitatnya serta memiliki volume yang lebih keras dan ‘ngristal’. Untuk masalah penjinakkan, mereka punya tips dan trik masing masing. Kapan kapan saya akan share tentang hal ini.hehehe

Berapakah harga burung branjangan jadi?

Harga burung yang sudah jadi dalam pengertian cukup umur dan rajin bernyanyi juga bervariasi mulai dari 300rb sampai dengan jutaan rupiah.

Mengapa harganya bervariasi? Ada yang murah ada yang mahal dan sangat mahal?

Harga dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu yang mendasar adalah ukuran body. Branjangan dengan ukuran body besar lebih banyak disukai dibanding yang berbody sedang- kecil.

Rata rata Branjangan dengan body besar memiliki volume lebih keras dan lantang serta fasih menirukan suara burung lain maupun isiannya. Selain suaranya, branjangan body besar juga lebih gagah jika dilihat. Bagi yang menggemari body sedang-kecil, mereka memliki pertimbangan bahwa suara branjangan body sedang-kecil lebih ngristal,pedas, serta tajam.

Asal daerah juga menjadi pertimbangan karena beberapa daerah dianggap menghasilkan burung lebih baik dibandingkan daerah lain. Daerah yang masih menjadi primadona para pemburu branjangan adalah Kaliori-Banyumas, Kebumen (Petanahan-KedungKwali-Ambal-Mirit), serta wilayah Kulonprogo atau orang sering menyebutnya dengan Wates.

Mengapa Branjangan dari daerah tersebut banyak dicari?

Branjangan Batikan Wates body sedang

Selain berbody rata rata besar, BR dari daerah tersebut juga memiliki corak batikan dengan warna yang menarik. Batikan Kaliori hampir mirip dengan batikan Kulonprogo, coklat kekuningan, sedangkan batikan Kebumen dan Purworejo memilik batikan coklat tua cenderung kemerahan. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya akurat karena wilayah tersebut masih berdekatan sehingga dimungkinkan terjadi perkawinan silang, perpindahan populasi maupun proses adaptasi dengan alam yang menyebabkan banyaknya ragam turunan corak dan warna batikan.

Seperti apakah BR body besar, sedang, kecil?

Bandingkan lebar dada branjangan ini dengan lembar uang
Perbandingan BR dengan lembar uang kertas
Rentang sayap branjangan

Banyak rekan yang membayangkan bahwa Branjangan yang berbodi besar adalah yang memiliki ukuran sebesar burung puyuh/gemak dan yang berbodi kecil seukuran burung colibri/prenjak. Sebetulnya perbedaan ukuran antara BR dengan body kecil dan sedang tidak terlalu signifikan sama halnya dengan perbedaan ukuran body sedang dan body besar.Jika seekor Branjangan diamati secara sepintas dan tanpa adanya pembanding maka akan sulit bagi kita untuk menilai apakah burung tersebut berbody kecil, sedang, atau bahkan besar. Kisaran panjang badan untuk BR adalah antara 10 cm s/d 14 cm.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Saya menggambarkan bahwa perbedaan body BR ibarat seperti sepatu dengan nomor 39 yang sulit dibedakan dengan nomor 40 kecuali kita melihat labelnya.

Jadi kembali ke masalah harga maka yang menjadi faktor dalam penentuan harga adalah:

Faktor objek atau spesikasi yang ada pada branjangan:

Spesifikasi di bawah ini tidak diurutkan sehingga tidak boleh disimpulkan bahwa yang saya sebutkan pertama akan lebih mahal atau lebih murah.

–          Body : besar-sedang-kecil

–          Mental : mapan, labil

–          Jinak, Giras, Mletik

–          Jambul (Paten, Mawar, Naga, Jenggot) -non jambul

–          Asal : Lokal, non Lokal

–          Umur: muda, dewasa, tua

–          Gacor, ngeplong, ngriwik

–          Gaya bunyi: Mleper, Kekejer

–          Batikan: Kuning, Coklat, Kemerahan, Abu-abu

–          Katuranggan : proporsi fisik seperti mata paru kepala, kaki, dada

–          Lagu: variasi dan susunan isian, ngeroll-miji miji, ngebass/ngristal,

Faktor Subyek atau faktor di luar spesifikasi burung:

Branjangan Kaliori body besar
Branjangan Purworejo (depan)
Branjangan Purworejo (belakang)

–          Urutan dalam rantai distribusi.

Apakah mendapatkan burung tersebut langsung dari pemikat, pengepul, pedagang pasar, kolektor,pemain lomba.

–          Sangkar & Aksesoris

Harga sangkar dan aksesoris akan berpengaruh juga terhadap harga dan penampilan BR. Setidaknya pemilik yang menjual burungnya akan mempertimbangkan harga sangkar include dalam penawaran jika sangakrnya bagus/mahal.

–          Posisi tawar.

Jangan pernah menunjukkan wajah penuh nafsu kalau hendak membeli branjangan. Penjual akan dengan santai menyebutkan harga yang diinginkan, apalagi kalau BR-nya mbaor sambil mleper ala helicopter hahaha (hovering). Pada kondisi si penjual ingin jual cepat, maka posisi kita sebagai pembeli bisa lebih kuat, apalagi jika BR-nya males bunyi saat dipantau.

–          Reputasi Penjual/Pemilik.

Jika kita membeli branjangan dari penjual maupun pemilik yang terkenal, maka biasanya kita tidak begitu sensitif dengan harganya karena kita punya harapan dan anggapan bahwa harga yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan kualitasnya. Persepsi dan anggapan yang berkembang adalah bahwa burung koleksi si A tidak mungkin jelek jadi saya berani bayar X rupiah. Hal ini memang berkaitan dengan kompetensi dan kecakapan penjual/ pemilik dalam memilih dan menyeleksi BR. Apalagi jika ada koleksi penjual/pemilik yang menjuarai lomba.

–          Lain lain:

Faktor lain yang juga mempengaruhi harga yaitu adanya kepercayaan atau mitos tertentu bagi sebagian orang yang mengakibatkan misalnya BR Blorok, BR Hitam, BR Albino membawa hoki, sehingga walaupun baru di tangan pemikat, harganya sudah jutaan rupiah. Atau BR Sri Kayangan dengan paruh, kaki, dan batikan kuning (wiring kuning) yang diyakini sebagai nenek moyang Branjangan di tanah Jawa. Saya pribadi mungkin tidak begitu tertarik untuk memiliki BR Albino, sehingga jika ada yang menawarkan dengan harga 1jt tidak akan saya terima. Berbeda dengan BR Sri Kayangan, jika ada yang menawarkan dengan harga 500rb akan saya bela belain bongkar celengan hehehe…

Ya, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran kepada rekan-rekan pengunjung omkicau.com tentang serba-serbi harga branjangan. Apabila saya ditanya seperti apakah branjangan yang bagus? Saya tidak bisa menjawab karena semuanya tentang selera dan kita tidak bisa memperdebatkannya,… asal daerah dan batikan serta ukuran body tidak berpengaruh kepada bagus tidaknya seekor BR. Tetapi kalau ada istilah BR Bagus, itu artinya adalah branjangan milik Om Bagus…. Hahaha.

Mahal murah itu relatif.

Salam Kekejer, Salam dari Kaliurang

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

25 Comments

    • Ya sabar Om, semua perlu penyesuaian. Ada yang lama dan ada yang sebentaran. Gantang terus di dekat lalu lalang orang agar lebih familiar dengan lingkungan manusia.

  1. ijin share ke fb om ttg BR, info yg sangat2 bagus bagi pemula spt saya ….. sekalian minta account fbnya kl ada om, kl punya om duto saya sih sudah ada …..

    salam

  2. Om coba ini saya kirim lagi gambar BR saya mg2 sukses
    hpp://www.fcebook.com/photo.php?=433541&l=88891205b9&id=100000659131443

  3. terimaksih sekali Om…ulasan BRnya…..saya punya BR besar kecil 6ekor….dan masih hunting lagi….kalau bisa BR lebih detail lag tiap2 daerah terutama yag kw..misal srikayangan+gambar….oya salam kenal Om..

  4. Jual BR kaliori body sedang bahan ngriwik halus jarang2 tmasuk sangkar 1 meter 500 rb, lokasi cikarang, pantau lgsung
    telp/sms (021) 32944326

Komentar ditutup.