Dibuka, rekening bersama jual beli burung online Om Dwi Lovebird Jogja

Om Dwi Lovebird

Banyaknya keluhan adanya tindak penipuan dalam jual beli burung secara online, mendorong teman-teman mengusulkan adanya rekening bersama. Usulan itu bisa dilihat pada komentar-komentar di halaman Pasar Burung OmKicau.Com.

Saya awalnya memang tidak pernah berpikir tentang hal tersebut. Sebab, saya sekadar memberi fasilitas iklan antar penghobi untuk berjual-beli burung secara online. Ketika hal itu mulai terpikirkan, saya juga tidak kepikiran siapa yang mau memegang rekening bersama tersebut. Kalau saya pribadi, jelas tidak sanggup. Akhirnya….

Beberapa hari lalu Om Dwi Lovebird Jogja (klik saja kalau mau kenalan via FB) menyatakan sanggup untuk memegang rekening bersama itu. Istilah rekening bersama hanyalah untuk memudahkan penyebutan. Intinya, jika terjadi deal secara online jual beli burung, maka si pembeli mengirimkan uang ke rekening yang ditunjuk Om Dwi. Setelah, itu Om Dwi menginformasikan kepada penjual, bahwa uang sudah diterima dan si penjual segera mengirimkan barang sesuai kesepakatannya dengan pembeli.

Jika pembeli sudah menerima barang, dia harus segera menginformasikan ke penjual dan juga kepada Om Dwi. Setelah itu, barulah Om Dwi mentransfer uang dari pembeli kepada penjual.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak mengikat

Namun perlu ditegaskan bahwa penggunaan rekening bersama ini tidak mengikat siapapun yang menjalankan transaksi bisnis secara online melalu Pasar Burung OmKicau.Com. Mau menggunakan jasa rekening bersama atau tidak, terserah kepada kesepakatan penjual dan pembeli.

Manfaat

Manfaat rekening bersama ini tentu saja sangat besar. Bagi penjual yang memanfaatkannya, akan menambah kepercayaan calon pembeli dan masyarakat online Pasar Burung. Bagi pembeli, dia akan merasa tenang dan yakin bahwa  burung yang dia beli akan sampai ke tangannya. Beli burung cacakrowo dapat cucakrowo, bukan dapat cucak jenggot hehehe (ini sekadar mengutip istilah yang berkembang ketika ada diskusi wacana rekening bersama).

Nomer Rekening

Nomer rekening bank yang digunakan Om Dwi untuk menjadi rekening bersama:

Rekening Bank BCA:

BCA KC YOGYAKARTA, 0372848535 atas nama ELISABETH YUSHANTI

Rekening Bank MANDIRI:

MANDIRI KCP SLEMAN YOGYAKARTA, 137000411593 atas nama YUSTINUS DWI WAHYUDI

Nomer telepun Om Dwi Wahyudi: +6285729406875


SYARAT DAN KETENTUAN:

1. Pemegang rekening bersama TIDAK WAJIB MENERIMA KOMPLAIN KONDISI BURUNG YANG DITERIMA PEMBELI, selama:

a. Jenis burung yang dikirim sesuai dengan pemberitahuan pembeli dan/ atau penjual. Misalnya murai batu, ya murai batu. Soal asal habitat burung dan kondisi lain, apakah sakit, jantan atau betina dan sebagainya, akan diabaikan pemegang rekening bersama dan UANG AKAN DIKIRIM KE PENJUAL.

b. Jika memang terjadi hal yang pelik, maka akan dicarikan mediasi sejauh bisa dilakukan. Jika mediasi paling lama 7 hari tetap tidak diperoleh kesepakatan, UANG AKAN TETAP DIKIRIM KEPADA PENJUAL.

Oleh karena itu, PASTIKAN BAHWA PENJUAL DAN PEMBELI SUDAH MEYEPAKATI SEMUA TERKAIT JUAL-BELI ONLINE,  TERMASUK SEGALA HAL IKHWAL KONDISI BURUNG.

2. Untuk penggunaan rekening bersama ini akan dikenakan “fee kerepotan” dengan besaran sebagai berikut:

Harga Burung (Rp)Prosentase Fee (%)
1.0 ≥ 1 juta10
2.>1 juta ≤ 2 juta9
3.>2 juta ≤ 3 juta8
4.>4 juta ≤ 5 juta7
5.>5 juta ≤ 6 juta6
6.>6 juta ≤ 7 juta5
7.>7 juta ≤ 10 juta4
8.>10 juta3 atau dibicarakan secara tersendiri

Siapa yang menanggung “fee kerepotan” ini diserahkan pada kesepakatan penjual dan pembeli. Yang jelas, uang yang ditransfer kepada pemegang rekening bersama, akan dikirimkan kepada penjual setelah dipotong besaran fee.

Tips/saran:

  • Kepada penjual: Jangan menceritakan kondisi burung dengan “dilebih-baguskan” kepada calon pembeli karena sebagus apapun burung yang akan dijual, akan mengalami drop kondisi selama proses transportasi / pengiriman.
  • Kepada pembeli: Jangan terlalu tinggi mengekspektasi kondisi / keadaan burung yang hendak dibeli karena alasan yang sama dengan point di atas, bahwa burung tentu mengalami drop kondisi selama proses transportasi / pengiriman.
  • Burung makhluk bernyawa, banyak yang berkondisi labil, mudah berubah dan berulah baik karena pengaruh lingkungan atau perubahan cuaca, pola pakan dan pola perawatan. Pastikan semua hal itu dibicarakan sebelum terjadi deal transaksi burung secara online.
  • Salam rekber, salam dari Om Kicau.

    Penting:

    1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
    2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
    3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



    ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

    JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

    BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

    Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

    PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

    20 Comments

    1. gmn klo fee_nya bukan dari prosentasi harga, tp dr per transaksi, misalnya 20-50rb, sy kira lebih afdol. krn tdk ada bedanya transfer 1jt sm trnsfer 100jt. cm beda 2 angka 0 dibelkgnya hehe… semangat bisnis online… jd mantap klo mo transaksi.

    2. iya om.. maaf kl fee max 5% aja? mungin akan lebih ringan n banyak pengguna rekber nya btw berapapun fee nya pasti pilih rekber laa, drpda resiko tertepu. sukses atas di bukanya REKBER OM KICAU dunia transaksi online jadi lebih aman, nyaman dan terkendali

    3. mulyanto pacitan at sing….
      Langsung gabung…nyaman dah yang kita tunggu dah muncul jg akhirnya, mantep om, hidup kicau mania., hidup jual beli burung ……

    4. ini mirip seperti company di USA yaitu http://www.escrow.com .. tatpi company atau lembaga ini (escrow) di lindungi oleh pihak berwajib seperti C.I.A dan goverment setempat.alangkah lebih baik nya mengembang kan ide bijak ini ke arah yg lebih valid dan bagus. ini prospek jangka panjang dan bagus untuk pekermbangan payment methode buat para kicau mania yg ingin bertransaksi online.buat om dwi saran saya .. legalkan aja dengan sebuah nama cv atau organisasi atau apa gitu jadi semua nya jadi jelas dan tidak ada lagi hal yg meragukan kita semua tentang transaksi online.

    5. Akhirnya kesampaian juga angan2!
      Jadi aman, pikiran tenang ..

      Trims Om. Duto SC buat pemecahan masalah dan penyediaan fasilitasnya & Trims jg buat Om. Yustinus.Dwi yang bersedia memberikan waktu dan tenaganya ..

      Siip! Langsung gabung !

    6. akhirnya……..datang juga…….Rekber dan fotonya…….wkkkwkwkwkkkkkk…salam om …dangu mboten muncul….

      semoga membawa manfaat bagi semua insan kicaumania se jagad raya……..he he he……

      kluthuk mlaku nang dalan………enak gathuk lek dodolan…….

      salam dari kuala “lumpur”….Sidoarjo….

    7. Nah ini dia..mantabs inovasinya…smg pasar burung omkicau.com semakin maju…
      Penjual dan pembeli dapat merasa lebih aman…
      Salam kicau..

      • iya om.. maaf kl fee max 5% aja?
        mungin akan lebih ringan n banyak pengguna rekber nya
        btw berapapun fee nya pasti pilih rekber laa, drpda resiko tertepu.

        sukses atas di bukanya REKBER OM KICAU
        dunia transaksi online jadi lebih aman, nyaman dan terkendali

    8. wah……ini yg sy tunggu2 Om, semoga sy bisa bertransaksi antar kota Lagi

      Terima kasih buat Om Duto dan Om Dwi Wahyudi yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk kami para Kicaumania.

    Komentar ditutup.