Lagu isian terbaik untuk master burung cendet atau pentet lomba

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagai kelanjutan dari tulisan terdahulu tentang pemasteran burung murai batu, sekarang saya sajikan artikel tentang suara isian yang bagus untuk pemasteran burung cendet atau burung pentet.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sekali lagi perlu saya tekankan catatan di sini:

1. Artikel ini saya sampaikan dengan menggunakan referensi  penilaian lomba burung saat ini (awal 2011). Referensi seperti apa? Yah, referensinya adalah artikel berjudul Variasi lagu dalam lomba cuma OMONG BESAR… NONSENSE…..

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

2. Tidak ada lagu atau suara masteran yang benar-benar bisa digeneralisasikan sebagai “bagus” untuk semua jenis burung. Juga tidak ada jaminan bahwa “kesenangan” juri atau kelompok juri tertentu sama dengan juri yang lainnya ketika memberikan penilaian pada lomba burung berkicau. Pakem penilaian lomba burung (lihat artikel Tata cara penilaian dalam lomba burung) yang digunakan Pelestari Burung Indonesia (PBI) tentu lain atau minimal tidak sama persis dengan yang digunakan oleh Papburi misalnya.

3. Pada dasarnya burung perlu diperkenalkan dengan semua suara isian sehingga sebagaimana saya tulis di artikel Suara isian “wajib” dan “haram” untuk memaster burung murai batu. Tujuannya agar burung kita tidak hanya bengong ketika berada di arena lomba di tengah-tengah puluhan burung lain dengan aneka varuasi lagu, irama dan gaya.

4. Meski burung diperkenalkan dengan banyak sekali variasi isian dan lagu, dia harus punya suara yang menonjol sehingga bisa memberikan ciri khas burung itu ketika berada di arena lomba dan karenanya diperhatikan dan mendapat poin penuh dari juri.

5. Untuk isian yang variatif, Anda bisa mendownloadnya dari artikel-artikel pada kategori download.

Suara dominan yang bagus untuk burung cendet

Burung cendet atau pentet sebenarnya adalah burung yang luar biasa dalam kepandaiannya untuk menirukan suara burung lain atau suara apapun yang pernah didengarkannya.

Sama seperti isian yang dominan yang perlu dimiliki burung murai batu, maka untuk burung cendet akan sangat bagus jika dimaster secara dominan dengan suara-suara burung lovebird, cililin, kenari, pelatuk dan cucak jenggot.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi ada salah satu isian “wajib” yang perlu dimiliki oleh burung cendet jika itu akan ditujukan sebagai burung lomba. Isian itu adalah suara walang atau belalang. Bisa suara walang kecek atau belalang biasa, belalang raja, atau lebih bagus lagi belalang emas. Mengapa? Burung cendet yang membawakan suara belalang, apalagi terus-menerus, akan terdengar sangat dominan.

Bagusnya lagi adalah burung cendet yang sedang membawakan lagu belalang, biasanya posisinya nancep, tenang. Lain misalnya dengan burung cendet yang membawakan suara burung gereja tarung. Ketika membawakan trecetan suara burung gereja tarung atau gereja kawin, burung cendet cenderung lebih suka dengan cara memutar badan atau kalau yang punya kebiasaan salto, akan membawakan lagu itu dengan salto atau terbang memutari luasan sangkar.

Selain burung cendet perlu punya suara dominan belalang, maka jangan lupa untuk memaster burung cendet dengan suara jangkrik. Burung yang menguasai suara jangkrik, biasanya akan mudah untuk menirukan suara melengking sekaligus suara ngerol lainnya.

Untuk mendownload suara jangkrik, di web Om Kicau ini ada 5 link yang bisa langsung download dan nggak perlu ke mana-mana. Hanya saja untuk  link yang kelima, suaranya mungkin sulit untuk ditirukan burung cendet. Link tersebut adalah:

1. Suara jangkrik

2. Suara jangkrik model 2

3. Suara jangkrik model 3

4. Suara jangkrik model 4

5. Dengar dan download aneka suara suara back sound dari supermarket sampai jangkrik

Oke, demikian sekelumit tips memaster burung cendet atau pentet. Untuk pengenalan lebih jauh burung cendet, silakan tengok halaman Cendet. Untuk referensi umum tentang burung agar berkemungkinan besar bisa jadi jawara, lihat pada artikel burung jawara.

Salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

18 Comments

  1. om mau tnya nih,,untuk memaster cendet muda hsil tngkapan hutan yg msih liar sudah bisa di lakukan blom om,,soalnya masih giras dan suka nabrak2 sngkar klo di dekati.
    mhon infonya om,trmaksh.

  2. om knapa cendet saya kalau pindah ke sangkar lain jadi agak macet swaranya…………………….
    mohon tipsnya,
    trus suara burung tilang itu,apa tdk diperbolehkan dalan lomba……

  3. Om tdnya pentet saya rajin bunyi, mgkn gara2 kbnyakan EFnya jd jarang, trs jg srg MBAYI om, klo liat saya sayapnya dibuka smbl mrengek, cara ngilangin itu + pentet saya rajin bunyi lg gmn om?

  4. om,mau nanya.kebanyakan para kicau mania lbh suka cendet madura dri pda cendet jawa.apa kelebihan dan kekurangan dari masing2 cendet trsebut.?

    • bagus atau tidaknya seekor burung tergantung dari pola rawatan. Tidak semua cendet madura bagus dan banyak cendet juara yang berasal dari luar madura.

  5. om….numpang naxk saya pux Cendet tp males yng mau buxi,bru kalau udh d kasih makan mau buxi’gmn yua carax supaya bs buxi?

  6. om cendet saya masih mabung, bulu baru sedang tumbuh.
    apakah kaki cendetnya juga ikutan ganti kulit? selain itu kukunya panjang2, apakah ini normal om? kira-kira gimana solusinya?

    thx

    • kulit kaki tidak ikut ganti lha om, untuk kuku kaki yang panjang jika dinilai membahayakan bisa dipotong sedikit saja.

  7. Permisi om..sy mau tnya..sy mempunyai 2 ekor pentet semuanya sdh bisa menirukan suara dari burung cililin,cucak jenggot prenjak jg suara branjangan tp yg ingin sy tnyakan knpa yah koq cuma mau bunyi di pagi hari aja?

  8. om saya mau nanya nih, kalau cendet saya sudah banyak isian ny dan lumayan gacor kalou ber kicau sampe 20menit lebih !!!! nah yang saya bingung ada isian suara TEKE/TOKE yang nyata dan burung malam cuit, apakah itu di per bolehkan dalam perlombaan mohon penjelasan nya tnks?

    • biasanya suara mati atau suara setan tidak akan dikeluarkan saat digantang, dengan catatan kondisi cendet harus benar-benar fit.

Komentar ditutup.