Kunci pemasteran burung kacer, suara ngerol krak patah-patah…

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Apa kunci utama pemasteran burung kacer, entah itu kacer poci atau skoci atau kacer jawa? Untuk menjawab hal itu, pertama-tama kita harus mengenali karakter umum suara atau kicauan burung kacer.

Tetapi sebelum itu semua, Anda kiranya perlu membaca dua artikel-artikel sebelumnya tentang pemasteran, khususnya pemasteran murai batu (Suara isian “wajib” dan “haram” untuk memaster burung murai batu) dan pemasteran burung cucak ijo (Memaster burung cucak ijo, si burung pin-pin-bo, jangan lupa sempritan…).

Di dalam artikel itu saya jelaskan bahwa dasar pemasteran yang saya sampaikan di sini adalah pemasteran untuk tujuan lomba burung berkicau menurut pakem yang dianut umumnya juri-juri saat ini.

Inti dari semuanya adalah bahwa perlu disadari bahwa apa yang disebut variasi lagu dalam lomba burung sekadar omong kosong, tidak pernah dinilai (Variasi lagu dalam lomba cuma OMONG BESAR… NONSENSE…). 

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Pemasteran burung kacer

Burung yang dalam bahasa “sono”-nya dimasukkan dalam genus Copsychus (dengan ragam species: C. saularis, C. sechellarum, C. albospecularis) ini pada intinya cocok dengan suara yang berkarakter patah-patah ngerol tetapi cenderung bukan yang tipe ngerol nglagu.

Suara patah-patah ngerol nglagu itu contohnya adalah suara burung kenari. Sedangkan tipe ngerol tidak berlagu (hanya naik turun saja misanya) antara lain adalah suara burung lovebird.

Nah sebagaimana saya sampaikan pada artikel sebelumnya, untuk membuat burung pandai membawakan suara ngerol, sangat penting untuk dikenalkan dengan suara jangkrik (contohnya bisa didownload di artikel ini: Suara jangkrikSuara jangkrik model 2Suara jangkrik model 3Suara jangkrik model 4).

Sementara itu khusus untuk burung kacer, sebagaimana saya tulis sebagai judul, sebaiknya diberi suara dominan yang ngerol, dengan tekanan suara-suara nyekrak patah-patah. Apa suara nyekrak patah-patah itu? Contohnya adalah beragam suara belalang (contohnya ada di sini, di sini, di sini, dan di sini). Suara belalang ini bisa menjadi lagu andalan kacer apalagi kalau dikombinasikan dengan suara ngerol tajam (bukan nglagu) seperti suara burung lovebird.

Meski demikian, ada beberapa burung kacer yang pandai membawakan patah-patahnya suara burung kenari. Bagusnya lagi kalau dikombinasi dengan suara cucak jenggot atau suara kapas tembak/ cucak tembak (contoh ada di sini).

Singkat cerita, burung kacer akan bagus jika punya suara dominan yang dikombinasi antara suara burung lovebird, suara belalang, suara kenari (untuk “memaksa” kacer punya lagu dalam membawakan suara), dan suara krak panjang atau srek panjang seperti suara burung kapas tembak atau cucak jenggot (Lihat: Video Burung Cucak Jenggot dengan ragam variasi lagu dan gaya).

Selamat berkreasi.

Salam.

UPDATE:

Suara burung jalak suren juga termasuk suara ngerol patah-patah ngekrak dan nyekrak. Silakan dengar dan download di artikel ini:

1. Suara burung jalak suren, sanma, camar, pelatuk sampit, ciblek gunung, ciblek sawah langsung di omkicau.com

2. Suara jalak suren, gagak dan elang

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

8 Comments

  1. mau tanya nih om , saya punya burung kacer yang udah 2 kali menang di lomba , tapi burung kacer saya itu agak liar kalau didekati takut dan nabrak sangkar , gmana caranya supaya burung kacer saya agak jinak ?

  2. Om,,,,,,,,type kicauan kacer yg nembak tu sprt apa y,,,,,mhn bntuan nya,,,
    trim’s

    suara master yg bagus tipe nembak suara apa y om,,,,,?

  3. Om aq mau nanya aq punya kacer dpt beli,bulu dada abu2 tapi didalamnya ada warna semu hitam,dan dibagian bawa warna putih bercampur coklat/hitam.jenis kacer apa,jantan apa betina?

Komentar ditutup.