Beda murai batu borneo dan murai batu “medan” ketika beraksi, bandingkan via video

Iklan gratis jual beli burung di sini

Masih banyak kawan-kawan penghobi burung yang sering bingung membedakan burung murai batu borneo atau murai kalimantan dan burung murai batu dari kawasan Pulau Sumatera pada umumnya. Nah apalagi kalau sudah masuk juga ke ranah apa itu murai batu medan, murai batu medan super dan semacamnya. Untuk referensi soal istilah murai batu medan, silakan dilihat artikel “Murai batu medan, ada enggak sih?”.

Nah berikut ini ada contoh video burung murai batu kalimantan dan burung murai batu sumatera di youtube.com yang diupload oleh penghobi berusername “homescholarship” di youtube.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Persis di bawah ini adalah video burung murai batu borneo (yang terlihat jelas adalah dua burung di bagian kiri) dengan ciri khas badan menggelembung ketika tarung. Dan inilah hebatnya murai batu borneo, sangat ngotot ketika tarung dan agresif. Saya suka meskipun banyak penghobi burung di Jawa dan Sumatera yang tidak suka. Yah semua itu kembali ke masalah selera. Tidak ada yang salah, tidak ada yang benar.

ANY CHARACTER HERE
ANY CHARACTER HERE

Sementara di bawah ini adalah video murai batu sumatera. Kalau dilihat panjang ekor dan kelenturannya, secara umum murai batu ini bisa diklasifikasikan sebagai burung murai batu medan.

ANY CHARACTER HERE

Nah kalau di bawah ini adalah foto burung murai batu borneo:

ANY CHARACTER HERE
MURAI BATU BORNEO
ANY CHARACTER HERE

Bagaimana dengan murai batu Anda?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

38 Comments

  1. om saya punya mure, bodynya sepert medan dan ekor lumayan panjang sekitar 23cm,sifat agresif dan kalo tarung bulu dada agak ngembung beberapa kali diturunkan di latber sering dapat peringkat 3,4 .apakah bulu dada yg sedikit ngembung mengurangi penilaian juri.?makasih om ,o ya om mungkinkan mure saya hasil silangan?

  2. kalo dari video sy rasa semua orang bisa membedakan mana borneo mana murai yg bukan borneo…sayang nya belum da yg benar2 bisa dijadikan pakem..

  3. om saya mo nanya…saya punya mb borneo.tp kykna malas bergerak. cuma suka menggembungkan bulunya…apa mb aku kegemukan ya om? jadi malas bergerak..mksh atas jwbnya om

  4. om mau tanya kmren aq beli mb di daerah pramuka jakarta……dikanddang mereka sih mb terlihat sehat dan bergairah,,,tp setelh 2 hari say beli mb trsebut jd lemah fisik sehingga mati???
    yg ingin saya tanyakan bgaimana cara membedakan mb yg di tangkap dgn cara pikat dengan mb yg ditangkap dengan cara di pancing menggunakan mata kail ??mohon om infonya

  5. Om Duto Yth….saya mo nanya om…kenapa klo MB borneo koq ga ada lombanya di Jawa padahal pemilik MB Borneo di jawa jumlahnya cukup banyak…koq kayaknya pihak penyelenggara repot banget gitu…tinggal ngadain kelas khusus Borneo gitu aja apa susahnya ya om…??, atau kalo ga mau mungkin takut harga Borneo naik dan harga Sumatera turun (sedikit) ya sudah dibuka kelas open sajalah yaitu kelas yg mencampur semua MB tidak memandang daerah asal tujuannya untuk melihat bakat optimal yg ada pada MB Borneo karena siapa tau ada MB Borneo yg kwalitasnya mengungguli MB2 jawara yg sudah melegenda……gitu kan om….

    • Kelas MB di Jawa tidak terbatas untuk MB sumatera, sebab MB borneo pun boleh ikut. Kalau dibuka kelas tersendiri, tentu karena peminatnya dianggap kurang banyak sehingga panitia bisa rugi. Ya maklum Om, kejar setoran, hehehe

  6. om gi,ama sih ciri ekor murai borneo?
    q punya murai dg ekor sbg berikut:4 bulu berwarna hitam n 6 bulu berwarna putih(2 bulu putih yg paling panjang setengahnya berwarna hitam)
    kira2 itu murai mana ya?

  7. salam kenal om saya punya MB kepulaun riau saya msh ragu om pas d adu permainan ekor dan badan cenderung seperti murai medan….tetapi kebanyakan orang bilang MB saya MB borneo karena ekor tanggung tak begitu panjang mohon sarannya?

  8. maaf om saya mau minta saran om
    saya kan punya kacer dari lahat palembang
    tadinya sudah rajin om berkicau nya ,tapi setelah mabung sekarang malah kayak yang stress om ,jadi saya mau minta saran nya
    untuk memulihkan kembali seperti semula gmana caranya yah om dan kira kira makan waktu brapa lama yahh
    di tunggu saran nya yah om

  9. Salam, OM. saya juga pengen ngobrol mengenai MB borneo dan Medan. Apa yang dibicarakan oleh saudara Raden,memang benar dan saya udah pernah liat pertarungan keduanya dan saya juga peminat seperti saudara semua.Makasih

  10. salam kicau….om saya mau tanya sebenarnya MB Borneo itu bagus atau tidak sih sebenarnya?dari berbagai mcm artikel yg saya baca kesan’a MB Borneo tidak ada bgs2’a apa benar demikian?tolong penjelasannya…thx’s om

  11. permisi… mau tanya saya ada MB lampung biasa ini juga kata yg jual naaaa pas saya adu.. kok byk yg bilang ini MB jambi , saya jadi binggung mana yg lampung mana yg jambi,,saya tanya balik sama yg punya itu bener kok lampung bukan jambi,,, dia tetap ngotot klu itu lampung bukan jambi…naah bagaimana caranya untuk mem bedakan nyaaa… thx..

  12. cuma bedanya murai borneo suara hanya ngukluk ngukluk saja sulit sekali sampai keluar suara besetan, suara kasar2 nembak2.. sedangkan murai medan suara jauh lebih bagus mau nembak, kasar2 besetan masih bisa di pola.. murai mania tentu tau perbedaannya mengapa murai medan masih lebih unggul dan lebih diminati… salam

    • Sejauh yang saya tahu tidak benar Om. MB borneo punya besetan2 yang nyaring dan bagus. Kalau ngukluk, semua MB juga punya karakter seperti itu. Masalah pemasteran dan perawatan sangat pegang peranan.

      • saya setuju ma om duto tetangga sy pnya medan n borneo sama gacor y.tpi lo d gandeng lama” yg medan kendor suara y borneo y masih keras suara y

  13. Wah MB memang mantap, gaya bertarung JOSS. MB kalau ada betinanya apa juga tetep gacor?
    ngomong2 daerah sidoarjo apa ada yg penangkaran MB ?

  14. mantaph om saya juga punya MB borneo 1e klu udah gacor gak mau kalah……kemaren coba di test ama MB medan 6e gak mau kalah ampe MB medan yang 5e sampai gak mau bunyi lagi cuma loncat” aja….

Komentar ditutup.