Alexa.com drop, ngedrop, tidak bisa diakses: Intermezo – © Om Kicau

Bagi blogger, nama alexa.com atau www.alexa.com tentu tidak asing lagi. Sebab website milik Alexa Internet, Inc yang berbasis di California ini menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Tetapi sungguh aneh, pada 2 Maret 2011, alexa.com tersebut tidak bisa diakses. Apakah alexa.com drop, dan apakah itu bersifat permanen atau temporer, belum ada kepastian. (Ternyata siang hari ini sudah muncul lagi, lihat update)

Menghilangnya alexa.com ini saya ketahui setelah melakukan browser untuk mencari alexa.com baik melalui mesin pencari maupun dengan menuliskan langsung tulisan alexa.com di browser komputer.

Sekilas Alexa.Com

Alexa Internet Inc didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama alexa dipilih sebagai penghormatan kepada Library of Alexandria, untuk memberi kesamaan gambaran antara perpusatkaan yang sangat masyhur itu dengan Internet, yakni sebagai penyedia ilmu dan informasi pengetahuan umum yang besar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Perusahaan ini menawarkan alat bantu (toolbar) di browser yang memberi info kepada pengguna internet kemana para pengunjung suatu website “pergi” atau “menuju” setelah berada pada satu halaman website tertentu. Dan juga memberi tahu dari mesin pencari atau website mana para pengunjung suatu website berasal.

Alexa juga memberi informasi berdasarkan pola lalu lintas penggunanya. Alexa menawarkan konteks untuk setiap situs yang dikunjungi: kepada siapa ini didaftarkan, berapa banyak halaman itu, berapa banyak situs lainnya yang merunjuk ke sana, dan seberapa sering web itu diupdate.

Operasi Alexa ini meliputi pengarsipan laman web seperti yang dijelajahinya. Database ini menjadi dasar penciptaan Internet Archive yang diakses melalui Wayback Machine. Pada tahun 1998 perusahaan ini menyumbangkan salinan arsip sebesar 2 terabyte kepada Library of Congress. Alexa terus memasok arsip internet melalui web crawls.

Pada tahun 1999, Alexa diakuisisi oleh Amazon.com dan ada sekitar $ 250 juta saham Amazon di dalamnya. Dengan masuknya Amazob, perusahaan ini dianggap “bergerak menjauh” dari visi semuloa sebagai mesin pencari yang ‘cerdas’.

Alexa memulai kemitraan dengan Google pada musim semi 2002, dan dengan Open Directory Project pada Januari 2003. Pada bulan Mei 2006, Amazon mengganti Google dengan Live Search sebagai penyedia hasil pencarian. Pada bulan September 2006, mereka mulai menggunakan platform mesin pencari mereka sendiri. Pada bulan Desember 2006, mereka merilis Alexa Image Search. Aplikasi besar pertama yang dibangun melalui Web Platform mereka sendiri.

Pada bulan Desember 2005, Alexa memulai menyediakan fasilitas web-crawling dan mesin pencarian untuk program pihak ketiga melalui seperangkat layanan web dan API. Layanan itu dapat digunakan, misalnya, untuk membangun mesin pencari vertikal yang dapat berjalan pada server Alexa sendiri atau di tempat lain. Pada bulan Mei 2007, Alexa mengubah API untuk menyediakan perbandingan (terbatas) pada 3 situs, mengurangi ukuran grafik Flash, dan memasang iklan BritePic.

Pada bulan April 2007, kasus gugatan Alexa v. Hornbaker diajukan untuk menghentikan pelanggaran merek dagang oleh Hornbaker. Dalam gugatan itu, Alexa menuduh bahwa Hornbaker mencuri grafik lalu lintas alexa.com untuk keuntungan sendiri, dan bahwa tujuan utama situs Hornbakewr adalah menampilkan grafik yang dihasilkan server Alexa. Hornbaker pun akhirnya menghapus terminologi “Alexa” dari nama layanannya pada tanggal 19 Maret 2007.

Pada tanggal 27 November 2008, Amazon mengumumkan bahwa Alexa Web Search tidak lagi menerima pelanggan baru, dan layanan kepada pelanggan lama dihentikan sejak 26 Januari 2009.

Apakah layanan alexa.com yang drop saat ini bersifat temporer ataukah permanen?

Salam Ngeblog

Update: Ternyata siang harinya sudah kelar lagi…. hehehe…
Om terlantar jadi terlantar nih….ihik…
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

Komentar ditutup.