Asesoris, mulai dari harness sampai pampers: Trend burung paruh bengkok (5) © Om Kicau

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Berikut ini adalah bagian kelima atau terakhir dari 5 tulisan tentang Trend Burung Paruh Bengkok. Artikel-artikel ini diangkat dari tabloid Agrobis Burung edisi 566, Maret 2011 dengan beberapa editing seperlunya. Selamat menyimak.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Beberapa jenis mainan untuk burung

Dalam hobi jenis burung paruh bengkok banyak peluang usaha di dalamnya. Menurut Rudy Pelung, salah satu di antaranya adalah usaha aksesoris burung yang bersangkutan. Mulai dari mainan peraga semacam pernik-pernik berbahan kayu, kulit sampai nilon. Fungsinya sebagai sarana burung paruh bengkok yang mempunyai kebiasaan mengigit-gigit benda yang ada di dalam kandang untuk bermain-main.

“Jenis paruh bengkok harus ada mainan di dalam sangkarnya,” jelas pria yang juga membuka jasa pelatihan burung paruh bengkok ukuran kecil dan sedang sejenis parkit dan valk serta sinegal ini di kediarnannya kawasan Pondok Bambu Jakarta Timur.

Salah satu fungsinya selain menghindari kebiasaan menggigit jeruji kandang, pernak-pernik ini untuk mengasah paruh agar tidak panjang dan tajam.

Mainan ini ada tiga macam, jenis yang mudah dirusak terbuat dari kayu agak lunak, semi rusak terbuat dari kayu agak keras atau rotan maupun bahan dari kulit, serta bahan keras yang terbuat dari aklirik atau plastic berbahan kuat.

“Mainan-mainan ini berfungsi sebagai sarananya sesuai karakternya,” ungkapnya.

Aksesoris lainnya berupa bunyi-bunyian yang sifatnya responsif. Tujuannya untuk melatih respon, agar tidak berperilaku buruk, seperti mencabuti bulu, menjerit-jerit. Burung paruh bengkok apapun jenisnya, bertipikal playfull. ”Burung parug bengkok itu suka mainan,” katanya.

Itu sebabnya, aksesoris sejenis kaca cermin mainan bola kecil juga bisa berfungsi sebagai salah satunya. Yang penting motifnya warna-warni. Selain itu masih banyak aksesoris sebagai sarana mainan burung paruh bengkok.

Harness dan pampers

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Rudy Pelung

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Di luar aksesoris kebutuhan lain sebagai sarana pemeliharaan ada juga harness sabuk pengaman burung. Berupa tali berbahan kain yang dililit didada lewat ketiak sayap. Burung merasa nyaman tanpa tersakiti. Karena trend burung paruh bengkok diikat lewat kaki sudah bukan jamannya lagi.

”Di kalangan komunitas pecinta paruh bengkok di mancanegara harness digunakan untuk tali pengaman, khususnya burung yang sudah jinak. Jadi bukan ,diikat kakinya, ” jelas Rudy.

Selain harness jug ada semacam pampers yang terbuat dari bahan dasar khusus yang bisa menyerap cairan kotoran. Pampers burung ini digunakan bilamana burung di bawa ke acara-acara tertentu di keramaian agar kotorannya tidak tercecer di mana-mana. (Habis)

Artikel terkait sebelumnya:

Terus berkembang: Trend burung paruh bengkok (1)

Penangkaran untuk tekan penangkapan liar: Trend burung paruh bengkok (2)

Penangkaran perlu racik pakan sendiri: Trend burung paruh bengkok (3)

Jenis kelamin dan penjodohan: Trend burung paruh bengkok (4)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Oom Kicau,

    Saya ingin turut melestarikan paruh bengkok besar, dan pernah belajar ke pak Mario Blanco di Ubud. Namun untuk belajar ke Anak Burung Bali Tropikana, dari info yang saya dapat, akan sukar sekali karena komersial dan tidak ingin ditiru orang. Pemiliknya pun orang asing. Tapi oom kicau bisa mendapatkan banyak info termasuk bagaimana memberikan pakannya. Melalui oom apakah kiranya saya bisa dapat akses ke sana . Ada temen di Bali memberikan no hp pak Astawa, tapi waktu di call tidak pernah diangkat. Sudah ganti mungkin ya.
    Terimakasih

Komentar ditutup.