WordPress.com baru saja bebas dari DDOS attack hacker iseng – © Om Kicau

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Dalam beberapa hari terakhir ini, semua pemilik blog wordpress.com mengeluhkan lambatnya akses untuk masuk ke panel admin atau dasbor di mana mereka bisa menulis dan menghandle semua isi blog. Tentu juga termasuk blog burung Om Kicau ini. Terakhir kali hal itu masih saya rasakan tadi dini hari (4 Maret 2011).

Ketika saya mencoba memoderasi komentar yang masuk ke blog ini, saya tidak bisa masuk sama sekali. Di sana ada tertulis peringatan: “Writes to the service have been disabled, we will be bringing everything back online ASAP”.

Oleh karena itu, saya pun menanyakan ke forum wordpress.com, “ada apa”. Ternyata di forum tersebut sudah ramai dibicarakan mengenai lambatnya akses menuju ke dasbor admin. Keluhan bermacam-macam. Ada yang tidak bisa akses, ada yang lambat sekali ketika mau masuk dan sebagainya.

Pihak admin wordpress.com pun menjelaskan bahwa saat itu sedang terjadi serangan dari hacker. Semula tidak disebutkan serangan macam apa. Terrnyata, belakangan, ketika semua sudah berlalu, ada penjelasan dari hewsut. Dia menyebutkan bahwa:

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

We have successfully blocked the DDoS attack. We believe that is the end of this story, but there is a small chance that the attackers may eventually be able to get around the block. If that ever happens, you can always get in touch with us in support for an update or come find us here on the forums.”

Mendengar hal itu, legalah rasa hati ini. Jadi, saya sudah gampang masuk dasbor dan Anda bisa gampang juga berkunjung ke blog ini.

Memang, serangan DDoS tidak dirasakan oleh pengunjung karena mereka tetap bisa mengakses blog ini. Hanya ketika mereka akan mengirim komentar, sering sulit atau malah gagal sama sekali. Mengapa? Sebab ketika serangan itu mencapai puncak, pihak wp.com menghidupakan mode “read only” atau Anda hanya bisa membaca tetapi tidak bisa menulis atau admin tidak bisa mengelola blog.

Apa itu DDoS attack?

Serangan DDoS (Denial Distribute of Services) adalah serangan yang sangat simple namun efeknya sangat berbahaya. Sebagaimana dijelaskan Bang Zul Amri, situs-situs besar seperti yahoo.com, ebay.com, hotmail.com, e-gold.com, 2checkout.com dan lain-lain pernah mengalami serangan yang mengakibatkan situs tidak bisa di akses selama beberapa jam. Untuk penjelasan mengenai DDoS, Anda juga bisa melihat di situ ini.

Bagaimana cara kerja DDoS?

Grafis sederhana alur serangan DDoS.

Jika Anda memakai program windows, coba lakukan ini di komputer Anda:

1. Start, Programs, Accessories, Command Prompt

2. Kemudian di Command prompt ketikan, Ping -t www.situsyangdituju.com atau bisa juga Start, Run, Ping -t www.situsyangdituju.com.

Kemudian komputer Anda akan mengirimkan paket informasi ke situs yang dituju tadi, pada dasarnya dengan perintah tersebut komputer Anda mengirimkan ucapan “Halo, apa ada orang di situ?” ke situs yang dituju tadi. Kemudian server situs yang dituju tadi mengirimkan jawaban balik dengan mengatakan: “Ya, di sini ada orang”.

Ketika misalnya ada 10.000 komputer dalam waktu bersamaan melakukan perintah tersebut di situs yang dituju, maka jika 1 komputer mengirimkan data sebesar 32 bytes/detik, akan ada kiriman data sebesar 312 Mega Bytes/detik yang diterima oleh situs yang dituju tadi.

Server dari situs yang dituju tadi pun harus merespon kiriman dari 10.000 komputer secara bersamaan. Jika 312 MB/detik data yang harus diproses oleh server, dalam 1 menit saja server harus memproses kiriman data sebesar 312 MB x 60 detik = 18720 MB. Bisa ditebak, situs yang diserang dengan metode ini akan mengalami overload/kelebihan data, dan tidak sanggup memproses kiriman data yang datang.

Bagaimana bisa 10.000 komputer melakukan serangan bersama-sama?

Komputer-komputer lain yang ikut melakukan serangan tersebut disebut komputer zombie, di mana sudah terinfeksi semacam adware. Jadi si penyerang hanya memerintahkan komputer utamanya untuk mengirimkan perintah ke komputer zombie yang sudah terinfeksi agar melakukan ping ke situs yang dituju.

Dus, itulah memang betapa pentingnya ada firewall di komputer kita untuk memonitor paket yang keluar maupun yang masuk. Jika anda belum memiliki firewall bisa coba zone alarm, silahkan download dengan cara mencari lewat googling.

Adware biasanya didapat dari program-program gratisan yang kita download. Untuk itu juga, kita perlu dan memang harus berhati-hati dalam mendownload program gratisan.

Oke, apapun yang terjadi, tetap enjoy dan doakan saja semua baik-baik saja.

Salam.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. makasih infonya bos…
    saya tanya di mbah gog dgn kata kunci ” wordpress susah di akses” dan yg jawab omkicau.com.
    sampai sampai wordpresnya saya ganti joomla eh malah bingung…

Komentar ditutup.