Memahami jalur genetika persilangan burung lewat buncisnya Mendel © Om Kicau

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak sekali pertanyaan di dunia burung yang belum bisa terjawab secara tuntas. Salah satu di antaranya adalah bagaimana hasil/ keturunan dari persilangan antar-burung satu spesies dengan warna yang berbeda. Atau juga, bagaimana hasil persilangan antar-burung jantan dengan mental lapangan yang diketahui bagus dengan burung betina dari keturunan burung bermental biasa saja tetapi dengan ekor panjang, atau warna bulu unik dsb dsb.

Di dunia penangkaran burung atau ayam sudah ada beberapa catatan berdasar penelitian teoritis dan juga pengamatan di lapangan. Salah satu di antaranya adalah yang sudah saya tulis di beberapa artikel.

Misalnya, Cara menyilang lovebird agar beranak albino atau lutino atau juga  dan . Namun demikian eksplorasi lebih dalam belum dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkesinambungan di Indonesia.

Untuk menjelaskan masalah hasil persilangan tersebut, orang kemudian selalu menyebut-nyebut teori genetika yang dilansir Gregor Mendel. Namun banyak penghobi, seperti saya misalnya, kurang bisa memahami bagaimana sebenarnya teori Mendel dan bagaimana gambaran secara gampangnya.

Nah kebetulan ketika saya googling, menemukan brosur promosi buku berjudul Kartun Biologi Genetika. Buku ini dalam bahasa aselinya berjudul The Cartoon Guide to Genetics oleh Larry Gonick dan Mark Wheelis yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Gramedia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salah satu bagian yang dalam promo itu adalah gambaran tentang sebagian Teori Mendel yang bisa kita ikuti secara gamblang. Karena Mendel melakukan percobaan dengan tanaman buncis tentu tidak bisa menjelaskan secara teoritis bagaimana kemungkinannya jika hal itu diterapkan di dunia burung.

Tetapi minimal, dengan gambaran itu, kita bisa lebih paham apa sebenarnya yang dikatakan oleh Mendel tentang genetika. Masalah bagaimana penerapannya di dunia burung, silakan kita diskusikan bersama jika sempat. Minimal, marilah kita renungkan bareng, hehehe.

Oke saya mulai saja ceritanya dengan gambar-gambar ini:

Teori Genetika Mendel-omkicau

Nah bagaimana isi buku ini selanjutnya, silakan Anda beli kalau memang tertarik. Minimal, buku ini pantas direkomendasikan untuk dibaca oleh anak-anak. Untuk halaman promonya, silakan Anda menuju ke link ini: Kartun Biologi Genetik.

Lantas kalau untuk persilangan burung bagaimana? Ya, dengan gambaran kartun itu, kita bisa sedikit mengkira-kira kan? Atau bagaimana kalau langsung kita praktekkan? Oke Om dan Tante semua?

Salam.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. Memahami genetik MB memang tidak bisa lewat teori. Mesthi dipraktekan….secara langsung. Dan dari hasil anlisa saya sementara…masalh volume suara, ekor, lagu dst…bisa dominan bisa resesif dan berbeda disetiap indukan. ini masih data sementara………….
    Sementara yg penting adalah Seorang penangkar harus mulai mencatat apa yang dimiliki indukan dan apa2 yg ditransfer ke ankannnya…………..dari catatan itu nanti Penangkar bisa menyimpulkan…sendiri keistimewaan/kelebihan apa dr masing2 indukan yg di turunkan keanakanya.
    Pelajaran belun selesai, tugas masih banyak…………lain kali disambung.

    Bongkar pasang, trial dan error untuk mencari kualitas terbaik mesthi dilakukan. Jangan pasif dan nunggu bola tapi jemputlah bola…he..he..he…
    Dari keberanian Bongkar pasang dan analisa ankan…anda akan dapat ilmu yg insyaAllah bermanfaat.

    demikian sekedar info.

  2. Om Duto.., seumpama kita tahu unsur dominan dan resesif suatu sifat dari seekor burung maka kita akan bs menyilangkannya dg hasil seperti yg kita kehendaki. Atau barangkali Om Duto sdh tahu pd MB misalnya sifat ekor panjang, power suara, mental itu termasuk dominan apa resesif , mohon donk di beri tahu. Mtr swn.

  3. Om saya mau nanya , ini sangat jauh dari materi / artikel ini ,begini pertanyaanya kalo MB bakalan d kasih kelabang emang jadi cepet bunyi ya om…. ? Trimakasih sebelumnya

    Maaf udah keluar dari materi yg tadi

Komentar ditutup.