Kenali lebih jauh penyakit viral yang banyak menyerang burung

waspadai penyakit viral pada unggasBeberapa penyakit unggas yang disebabkan oleh virus sering menyerang burung dengan dampak yang sangat merugikan karena menyebabkan kematian secara cepat dan sangat menular. Penyakit viral tersebut tentu sudah sering Anda dengar, seperti misalnya Newcastle Disease (ND), penyakit Infectious Bursal Disease (IBD) atau Gumboro, dan Penyakit Marek’s (Marek’s Disease).

Penyakit Newcastle Disease (ND) sangat menular, dengan angka kematian tinggi. Penyakit ini disebabkan serangan virus genus paramyxovirus dengan famili  paramyxoviridae. Nama lain untuk ND adalah tetelo, pseudovogolpest, sampar ayam, Rhaniket, Pneumoencephalitis dan Tontaor furrens.

Sementara itu kalau penyakit IBD merupakan penyakit menular pada ayam dengan ciri khas menyerang bagian bursa fabricius pusat kekebalan pada ayam umur muda, maka penyakit Marek’s (Marek’s Disease) adalah penyakit yang sangat infeksius yang disebabkan virus yang dikenal sebagai herpesvirus, dengan subfamili Gamma herpesvirinae. Virus ini bertanggung jawab terhadap pembentukan tumor syaraf (neural) dan organ dalam (visceral). Virus bersifat immunosupressif, sehingga ayam yang terkena akan peka terhadap penyakit infeksi lain oleh virus lain atau bakteri.

Pada dasarnya, penyakit-penyakit viral (disebabkan oleh virus) tidak atau belum bisa diobat dengan obat-obatan unggas pada umumnya. Jika burung Anda terserang salah satu penyakit viral ini, maka jalan terbaik satu-satunya adalah memisahkan burung yang terinfeksi sejauh mungkin dari burung-burung yang tidak terserang. Bahkan pada banyak kasus, burung yang terserang p-salah satu penyakit di atas harus dimusnahkan dengan cara dibakar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hal yang bisa Anda lakukan menghadapi penyakit viral HANYALAH PENCEGAHAN. Pastikan burung Anda selalu berada dalam kondisi fit, kandang dan lingkungan yang bersih, dan jaga kecukupan nutrisi dan gizi yang seimbang.

Untuk acuan bagaimana gejala dan ciri-ciri penyakit viral, silakan Anda download artikel dalam bentuk dokumen word ini (PENYAKIT-VIRAL-UNGGAS-DOKUMENTASI OM KICAU) – klik saja, dan simpan sebagai referensi.


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Salam kicau dari Bali om,

    menyambung masalah virus pada burung ini saya ada 1 pengalaman yang ingin saya tanyakan pada om Duto.
    hari ini tanggal 14 Okt 2013, dan saya pelihara murai lampung sudah cukup lama sekitar 5bulanan, burung sangat sehat dan rajin bunyi. tidak tau kenapa tiba tiba saja pagi ini dia mengeluarkan (maaf) kotoran cair warna kuning (tidak normal), agak gemetar, dan akhirnya 7jam kemudian langsung mati.

    saya coba cari tau ke teman2 sekitaran daerah saya (denpasar) yang punya murai lampung dan medan, mengalami hal yang sama. ada beberapa yang tiba2 mati dan ada beberapa yang sebelumnya 2 ato 3 hari sudah mati.

    pertanyaan saya, apakah yang menyebabkan hal ini ya Om? apakah virus / cuaca? (karena saat ini cuaca tidak menentu di Bali (panas, berangin, kadang mendung).

    demikian informasi nya,
    terima kasih

    salam hangat dari Bali.

Komentar ditutup.