Burung nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Burung nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen – Lama sebenarnya saya pengin main ke Sragen, ke tempat Om Naryo, sobat lama yang suka menangkar berbagai jenis burung. Salah satu burung tangkaran yang berhasil beranak pinak di sana adalah burung kasturi kepala-hitam atau nuri-merah kepala-hitam (Lorius lory).

Selain burung nuri merah kepala hitam yang biasa disebut Nuri Irian, Om Naryo sudah sukses juga menghasilkan beberapa anakan berbagai jenis burung seperti cucakrowo, murai batu, kacer, dan anis kembang.

Nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen
Sepasang indukan nuri kepala hitam di penangkaran Om Naryo Sragen, jantan (kiri) dan betina (kanan)

Tangkaran lainnya yang ada saat ini tetapi belum menghasilkan anakan adalah anis merah (jantan masih suka ngamuk si betina dan karenanya masih sering harus dipisah) dan burung cendet.

TBB bikin burung ngos jadi joss
Burung nuri kepala hitam jantan di penangkaran Om Naryo Sragen - jadi galak setelah punya pasangan
Nuri kepala hitam jantan di penangkaran Om Naryo Sragen – jadi galak setelah punya pasangan

Ketika saya main ke rumahnya yang terletak di Sragen utara dan dekat dengan aliran Bengawan Solo itu, terdapat beberapa anakan burung hasil penangkaran, yakni murai batu yang sudah gacor, dua pasang anakan cucakrowo yang sedang dimaster dan sepasang anakan nuri merah kepala hitam yang diumbar di kandang penangkaran.

Voer jangkrik luar biasa

Burung nuri kepala hitam: Awal penangkaran

Menurut Om Naryo yang sehari-hari berprofesi sebagai guru itu, dia tertarik menangkarkan burung nuri dikarenakan burung ini termasuk burung langka meski harganya tidak tinggi-tinggi amat, dibandingkan cucakrowo misalnya.

Awalnya, dia hanya punya seekor nuri tetapi tidak paham jenis kelaminnya. Ketika main ke Pasar Depok Solo, dia melihat nuri kepala merah tetapi dengan kontras warna merah yang berbeda dengan yang sudah dimilikinya di rumah.

Kalau yang di rumah, warna merah pada nurinya sangat menyala dan sangat terlihat kontras antara warna merah dan hitamnya di bagian punggung atau leher belakang.

Om Naryo - penangkar burung nuri merah kepala hitam Sragen
Om Naryo – penangkar burung nuri merah kepala hitam Sragen

Sedangkan yang dia temui di pasar yang akhirnya dia beli, warna merahnya terkesan dop/ buram dan tidak terlalu kontras antara satu warna dengan warna lainnya.

Dia pun menyimpulkan (belakangan terbukti betul kesimpulannya) bahwa nuri yang di rumah berjenis kelamin jantan sedangkan yang dia beli di pasar berjenis kelamin betina.

Perbedaan lain antara yang bejenis kelamin jantan dan betina, selain dari kekontrasan warna dan “nyala” warna merahnya adalah perbedaan body kedua burung itu.

Nuri merah kepala hitam yang jantan cenderung lebih kecil dan langsing dibanding nuri yang betina.

Burung nuri kepala hitam: Kandang

Setelah mendapatkan sepasang nuri tersebut, mulailah Om Naryo membuat kandang. Besar kandang secara umum hampir sama dengan kandang yang dia gunakan untuk menangkar burung murai batu atau cucakrowo. Panjang lebar sekitar  1 m x 1,25 m dengan tinggi sekitar 1,9 meter.

Dinding kandang dibuat dari strimin logam dan dengan kerangka kayu. Sementara untuk glodok tempat burung bertelur dibuat dari kotakan kayu ukuran panjang 35cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm. Dan dipasang di pojok atas kandang. Dan pada bagian dalam diberi serpihan sabut kelapa.

Burung nuri kepala hitam: Pakan

Untuk pakan harian burung nuri merah kepala hitam, Om Naryo tidak pilih-pilih pakan khusus. Sering diberi kacang-kacangan, pepaya, wortel,  roti dan bahkan nuri itu doyan pelet pakan lele (khususnya untuk anakan hasil tangkaran yang dibesarkan dengan cara diloloh sendiri oleh Om Naryo).

Dua pasang anakan

Sepasang anakan nuri kepala hitam dari penangkaran Om Naryo Sragen
Sepasang anakan nuri kepala hitam dari penangkaran Om Naryo Sragen

Saat ini, sepasang burung nuri merah kepala hitam punya Om Naryo sudah beranak sebanyak dua kali, masing-masing dua anakan. Yang sepasang saat ini dipelihara Pak Herman, Sragen, teman Om Naryo, dan sepasang lagi dibesarkan sendiri di kandang umbaran yang berdampingan dengan kandang indukannya.

Ketika saya main bersama isteri ke rumah Om Naryo, ditunjukkan oleh Om Naryo indukan betina yang sekarang sudah terlihat “bengkak” di bagian perut dekat dubur, sebagai tanda siap bertelor lagi.

Asyik sekali memang. Anda tertarik?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

-- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

36 Comments

  1. salam kenal pak Naryo, saya ingin memiliki burung nuri hasil penangkaran pak Naryo ,berapa hrganya ?
    saya wawan domosili jakarta ini no hp saya : 0812 8489 8899
    terimakasih

  2. salam kenal pak naryo, saya wawan domisili jakarta ingin punya burung nuri kpla hitam hasil prnangkaran dari bpk
    disini saya cantumkan no hp saya 0812 8489 8899

    ,terimakasih

  3. salam kenal pak.. saya mau jual nuri kepala hitam jantan asli dr papua.. domisili saya di sragen. ada yg berminat??terimakasih

  4. Salam kenal pak Naryo, saya bermaksud menjodohkan burung nuri kepala hitam saya tetapi saya masih bingung menentukan jenis kelamin burung nuri saya sebab badannya besar tetapi warnanya cerah dan kontras, kalau melihat petunjuk dari Bapak yang jantan badannya kecil tetapi warna bulunya cerah dan yang betina badannya besar tetapi warna bulunya agak kusam.

    Mohon diberi penjelasan Pak, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih Pak. Sukses selalu

    NB : HP saya 0858 8181 7733 ( Bandung )
    email zeva_axl@yahoo.co.id

  5. Saya juga penggemar burung , tahun dua ribuan pernah ikut lomba ,sekarang nggak lagi ,tapi masih gemar pelihara burung , saya senang dengan burung nuri yang sudah bapak tangkar , tapi alamat saya jauh di payakumbuh sumbar ,mau lihat ketempat bapak waah susah juga. disumbar burung nuri jarang dipelihara apalagi mau dijual.

    • kalo bapak mau pelihara burng nuri kepala hitam paruh kuning,mungkin bs menghubungi saya di nomor 085711162002.Karena kebetulan kita punya beberapa ekor.Posisi kami skr jg berada di irian.Trims

  6. Kawulo Nuwun,
    Kepingin nih anakan burung nuri kepala hitam…satuuuuuuu sj
    Apakan bisa sowan k sragen ya…
    Dengan rendah hati memohon….semoga bisa…
    Mohon saya dikabari pak….ke 0821.378.71.168
    Panjenengan sms sj……
    Sungguh…..Maturnuwun sekali..

    pram, jaten, karanganyar.

    • Mas Pram Jaten…Terima kasih atas perhatiannya silahkan kalau ke Sragen pinarak & kami mhn maaf untuk sementara anakan masih kami gunakan untuk regenerasi dulu Mas…smg lain waktu klo sdh berkembang biak lagi sy tak matur Panjenengnan Mas Pram skl lg mohon maaf & mtrnwn

  7. lam kenal pa….
    sy adam dr tasikmalaya.sy perlu nuri kepala hitam betina siap kawin.sy di rumsh piara jantan.boleh tau tlp bapak yg bisa dihubungi?terimakasih

  8. Salam kenal dari saya..
    Kicaumania di kota malang,jawa timur.
    Anakan nuri kepala hitamnya dijual berapa?
    Trus kalo saya minta dikirim ke malang,berapa totalnya/termasuk ongkir?
    Trus dapat sertifikat hasil dari penangkaran apa tidak?
    Trimakasih om ya…..

    Sukses om!

  9. oom Naryo, kiranya berkenan menjelaskan beberapa hal berikut:
    (1) umur berapa pasangan nuri sudah mau kawin?
    (2) berapa lama kemudian (setelah kawin) si betina bertelur?
    (3) berapa lama telur di-erami?

    saya punya nuri hitam. Apakah karakteristiknya sama dengan nuri KEPALA hitam?

    Nuwun, oom …
    wirawi

  10. Lam kenal Om …
    bgini, saya punya seekor betina kepala hitam dan seekor lagi nuri biasa jantan. keduanya akur sampai bertelur, cuma ga pernah mau mengeram. sekarang yg betina lagi sakit. lemes sempoyongan n ga mau makan. dikasi obat apa ya ? atau mungkin stres krn sy pindah kandang ya ? tp sakitnya baru sehari ini. pindahnya udah 5 hari.
    trims sebelumnya ya Om..

    slm,
    arum

    • Burung nuri dialam bebasnya merupakan burung koloni jadi mudah dijodohkan dan asal kita tekun burung jantan betina dan sudah usia produk nanti juga produk Mas Samsul tetapi perlu diingat burung ini usia dewasanya sekitar 2,5 th an dan burung nuri ini mudah dijinakkan dan jika sejak kecil bersama manusia burung tersebut dapat menirukan kata-kata si pemiliknya.

  11. Om…alamat lengkapnya di mana ? Kalau boleh aku mau datang untuk belajar. Di rumah aku juga punya sepasang nuri kepala hitam .

  12. Om NARYO, saya punya sepasang nuri kepala hitam tp msh baru beli dan kena mahal pula tp gak pa2 lah demi hobby, trus yg sy py warna bulu hampir sama, cuma beda body besar dan kecil aj, brung na blom jinak trus burung na mesra bgt, pertanyaan :
    1. apakah bisa warna beda kalo jodoh bertelur?
    2. apakah bercumbu antara kedua na merupakan tanda jodoh?
    3. nuri bisa bicara gak sih …. nanti saya email deh gambarnya?

    ak minta alamat dan no HP dunk
    email saya acoolarif@ymail.com

  13. Pak Naryo saya Heru … sayaq interest sama nuri kepala hitam, saya punya satu dirumah dan ingin menangkarkannya … so please make a contack saya ingin belajar banyak dari bapak. txs

    • Sodara” saya kicau mania sebelumnya saya berterima kasih atas perhatiannya & mohon maaf tidak bisa memberikan tanggapan satu persatu
      intinya menangkarkan segala burung termasuk burung nuri perlu ketelatenan dan sabar kita sedikit banyak harus mengerti kebutuhan burung termasuk makanan ketenangan dan perhatian kita, yang unik bagi saya tentang burung nuri ini setelah dijodohkan jantannya galak kalau lepas burung lain akan terbang kalau mau ditangkap tetapi nuri ini kalau ada orang didekatnya malah mengejar menyerang khususnya yang jantan dan masa rotasi reproduksinya tergolong lama sebab mengeram sekitar sebulan menyuapi hingga makan sendiri hampir 3 bulan
      termasuk bulu tubuhnya lengkap hampir 3 bulan burung ini waktu piyiknya sangat manja dengan kita. Induknya mau bertelur lagi untuk pereode berikutnya tidak seperti burung ocehan yang perlu waktu hanya sekitar seminggu setelah dipisahkan anaknya dari induk dan saat ini sebenarnya sudah 4 kali produksi tetapi produksi yang ke 3 dan ke 4
      yang sebenarnya beranak 2, 2 tetapi lambat kami mengambilya sehingga di ganggu tikus sekarang tinggal anak ke 3 tinggal 1 dan anak ke 4 juga tinggal 1 yang rencana saat ini kami jodohkan lagi dan mudah-mudahan sebentar lagi induknya mau bertelor lagi mohon doa sodara-sodaraku. Trim

  14. apakah Om sudah bikin buku tentang bagaimana menangkar burung nuri? jika sudah bagaimana cara mendapatkannya?jika belum mohon artikelnya di perbanyak trims Ars dari Lombok Timur

  15. btw bagaimana cara menjinakan burung nur,soalnya saya punya burung nuri suka mengigit,susah diatur dan suka triak2,,tolong bantuannya y

Komentar ditutup.