Burung nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen – Lama sebenarnya saya pengin main ke Sragen, ke tempat Om Naryo, sobat lama yang suka menangkar berbagai jenis burung. Salah satu burung tangkaran yang berhasil beranak pinak di sana adalah burung kasturi kepala-hitam atau nuri-merah kepala-hitam (Lorius lory).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Selain burung nuri merah kepala hitam yang biasa disebut Nuri Irian, Om Naryo sudah sukses juga menghasilkan beberapa anakan berbagai jenis burung seperti cucakrowo, murai batu, kacer, dan anis kembang.

Nuri kepala hitam, cerita sukses penangkaran Om Naryo Sragen
Sepasang indukan nuri kepala hitam di penangkaran Om Naryo Sragen, jantan (kiri) dan betina (kanan)

Tangkaran lainnya yang ada saat ini tetapi belum menghasilkan anakan adalah anis merah (jantan masih suka ngamuk si betina dan karenanya masih sering harus dipisah) dan burung cendet.

Burung nuri kepala hitam jantan di penangkaran Om Naryo Sragen - jadi galak setelah punya pasangan
Nuri kepala hitam jantan di penangkaran Om Naryo Sragen – jadi galak setelah punya pasangan

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Ketika saya main ke rumahnya yang terletak di Sragen utara dan dekat dengan aliran Bengawan Solo itu, terdapat beberapa anakan burung hasil penangkaran, yakni murai batu yang sudah gacor, dua pasang anakan cucakrowo yang sedang dimaster dan sepasang anakan nuri merah kepala hitam yang diumbar di kandang penangkaran.

Burung nuri kepala hitam: Awal penangkaran

Menurut Om Naryo yang sehari-hari berprofesi sebagai guru itu, dia tertarik menangkarkan burung nuri dikarenakan burung ini termasuk burung langka meski harganya tidak tinggi-tinggi amat, dibandingkan cucakrowo misalnya.

Awalnya, dia hanya punya seekor nuri tetapi tidak paham jenis kelaminnya. Ketika main ke Pasar Depok Solo, dia melihat nuri kepala merah tetapi dengan kontras warna merah yang berbeda dengan yang sudah dimilikinya di rumah.

Kalau yang di rumah, warna merah pada nurinya sangat menyala dan sangat terlihat kontras antara warna merah dan hitamnya di bagian punggung atau leher belakang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Naryo - penangkar burung nuri merah kepala hitam Sragen
Om Naryo – penangkar burung nuri merah kepala hitam Sragen

Sedangkan yang dia temui di pasar yang akhirnya dia beli, warna merahnya terkesan dop/ buram dan tidak terlalu kontras antara satu warna dengan warna lainnya.

Dia pun menyimpulkan (belakangan terbukti betul kesimpulannya) bahwa nuri yang di rumah berjenis kelamin jantan sedangkan yang dia beli di pasar berjenis kelamin betina.

Perbedaan lain antara yang bejenis kelamin jantan dan betina, selain dari kekontrasan warna dan “nyala” warna merahnya adalah perbedaan body kedua burung itu.

Nuri merah kepala hitam yang jantan cenderung lebih kecil dan langsing dibanding nuri yang betina.

Burung nuri kepala hitam: Kandang

Setelah mendapatkan sepasang nuri tersebut, mulailah Om Naryo membuat kandang. Besar kandang secara umum hampir sama dengan kandang yang dia gunakan untuk menangkar burung murai batu atau cucakrowo. Panjang lebar sekitar  1 m x 1,25 m dengan tinggi sekitar 1,9 meter.

Dinding kandang dibuat dari strimin logam dan dengan kerangka kayu. Sementara untuk glodok tempat burung bertelur dibuat dari kotakan kayu ukuran panjang 35cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm. Dan dipasang di pojok atas kandang. Dan pada bagian dalam diberi serpihan sabut kelapa.

Burung nuri kepala hitam: Pakan

Untuk pakan harian burung nuri merah kepala hitam, Om Naryo tidak pilih-pilih pakan khusus. Sering diberi kacang-kacangan, pepaya, wortel,  roti dan bahkan nuri itu doyan pelet pakan lele (khususnya untuk anakan hasil tangkaran yang dibesarkan dengan cara diloloh sendiri oleh Om Naryo).

Dua pasang anakan

Sepasang anakan nuri kepala hitam dari penangkaran Om Naryo Sragen
Sepasang anakan nuri kepala hitam dari penangkaran Om Naryo Sragen

Saat ini, sepasang burung nuri merah kepala hitam punya Om Naryo sudah beranak sebanyak dua kali, masing-masing dua anakan. Yang sepasang saat ini dipelihara Pak Herman, Sragen, teman Om Naryo, dan sepasang lagi dibesarkan sendiri di kandang umbaran yang berdampingan dengan kandang indukannya.

Ketika saya main bersama isteri ke rumah Om Naryo, ditunjukkan oleh Om Naryo indukan betina yang sekarang sudah terlihat “bengkak” di bagian perut dekat dubur, sebagai tanda siap bertelor lagi.

Asyik sekali memang. Anda tertarik?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

41 Comments

  1. NUMPANG TANYA GAN.
    SAYA DITAWARI BURUNG NURI KEPALA HITAM SATU PASANG.KLO SAYA AMBIL SATU AJA YG BAGUSNYA YG JANTAN ATO BETINA???THX

  2. Saya baru saja membeli sepasang nuri kepala hitam. Niat saya hanya untuk ditangkarkan, karena sudah mulai langka, dan ternyata harga sepasang nuri kepala hitam tidak terlalu mahal. saya pas kebetulan pulang ke jogja, dapet harga sepasang Rp. 1.765.000,- sangat murah untuk burung langka nuri kepala hitam. Ketika saya balik ke sulawesi, saya beli nuri ternate, warna kepala merah menyala, sayap hijau, dan biru, di punggung ada warna kuning, sepasang hanya Rp. 700.000,- dan ternyata stok masih gampang, tetapi saya bingung untuk membawa ke Jawa, ada yang tau proses karantina burung?

  3. nwn sewu pak naryo…badhe nyuwun pirsa : sy tugas di ambon dan pgn bw plg spasang nuri ternate & nuri kpala htm utk sy tangkarkan di semarang. pengurusan ijinnya bgmana pak,kulo nyuwun pirsa.mtr nwn sanget sakderengipun.

  4. Om, burung nuri dilindungi ya?
    Boleh gak kira2x saya nanti membudidayakannya?
    Nanti saya beli punya om naryo boleh? Beli sepasang

  5. burung nuri saya kepala hitam, mulanya lulut banget, tp beberapa hari terakhir jd rada galak, susah sekali mw masukin tangan buat ganti minum/makan,

  6. om naryo saya punya nuri merah kepala hitam dari seram tapi sy tdk tau mana betina dan mana jantan tolong ada ciri 2 khusus kah tksh om

    • cara mengetes jantan atau betina
      gunakan sebuah cincin emas (berat kurang lebih 2 gram) kemudian ikat dengan benang pada ujungnya, gantungkan emas tsb diatas kepala burung, jika pergerakanny berputar itu bertanda jenis kelaminnya betina, jika gerakannya maju mundur itu bertanda jantan
      cobe dah…..
      p_ganesa@yahoo.com

  7. pak saya punya nuri kepala hitam dari ternate dan kasturi merah dri pulau seram maluku. pengen saya kembang biakkan kedua jenis tersebut tp saya kesulitan untuk memilih pasangannya karena saya kesulitan menentukan jenis kelaminnya. misalkan ada kalau yang jual burung tersebut kira2 berapa ya pak??? untuk saya pasangkan dengan punya saya. trimaksih

    • yang masih disuapin 4 jt 1 psg Om, makanan sampai dewasanya nanti bisa diseting mulai saat nyuapi, mau dikasih biji”an, bubur atau buah bahkan pelet makanan burung/ayam pun bisa di awali mulai dr nyuapi ini Om & ini sdh sy buktikan brg yg kita suapi sendiri mau makan apa saja sesuai kbiasaan saat nyuapinya bahkan bisa di ajari ngomong sprt burung beo

  8. Alamat Om Naryo di Sragen dimana ya???
    Trus kira-kira ada yang punya nomor tilpon Om Naryo kah???
    Terimakasih.

    Regards,
    Darmadi 082114920269 / 081905396896

  9. saya ada 2e dirmh, yg satu sdh diketahui betina karena pernah bertelor tp telornya kosong. nah yg br bbrp bln kmrn didpt ini yg blm diketahui, mau saya gabungin takut malah bertengkar. soalnya pernah saya tempel kandangnya yg betina marah2 dan menggigit yg satu lg. apa jgn2 betina semua ya? yg beda dr 2e itu warna kalung pada leher, yg satu hitam yg betina biru gelap. jika ada yg tahu beda jantan betina lebih spesifik tlg dibeberken disini donk. tks.

  10. Maksut hati pengen kembang biakan (bikin penangkaran)…
    Đăň kalo’ berhasil banyak, ana jg pengen nglepas hasilnya đĨ alam liar…
    Pasti sungguh menyenangkan..

    Tp kira2 isa g’y??
    n menurut om naryo,
    kesulitannya đĨbagian mana??
    Setau mas dicini, setelah tanya’² đĨ cana…??

    • Niat sodara sangat mulia semoga masih banyak sodara” kita yang peduli ttg pelestarian lingkungan kita ini ttg penangkaran setau sy tidak ada masalah yang kendala kadang hanya menentukan jenis kelamin asal burung kita beri perawatan dengan kasih sayang penuh keiklasan & sabar ternyata banyak jenis burung yang pernah saya tangkarkan berhasil , yang menjadi masalah utama adalah seandainya seperti maksud hati sdrku ini melepas ke alam bebas saya sangat senang saya setuju ttpi keselamatan nyawa burung lebih terancam di alam drpd ditangkaran kita mengapa tidak setiap saya keluar rumah diperjalanan banyak orang” yang hobi membunuh burung apa saja yg ia temukan dengan senapannya tanpa memperhitungkan untung rugi apalagi mikir pelestaariannya, menyedihkan…. ada lagi yang memikat dg pulut … pokoknya mengerikan… burung burung itu akhirnya mati terlantar juga . Mengapa kepedulian lingkungan banyak dilakukan orang” luar negri mereka kalau ada hewan sakit diobati lalu dilepaskan lagi … sangat mulia
      Bagaimana kepedulian anak negri ini …. ?

  11. klo mau bs cepet meniru ucapan orang, taro ajj di dekat tv yg nyala skalian nuri liat visualisasinya biar dengerin suara, cepet bisa tuch burung, silahkan di coba

  12. Om klu untuk membedakan Burung Nuri Irian Gimana sih om, terus gimana caranya nglatih biar bisa ngomong, mkasih atas informasinya

  13. burung nuri kami pertama kali sudah bertelur tetapi telurnya dimakan….saat ini bertelur untuk kedua kalinya bagaimana supaya burung nurinya mengerami telurnya, karena begitu kami mendekat langsung diserang…sementara kami belum menyiapkan sarangnya…saat ini telurnya ada dibebatuan krikil karena kami satukan kandang dengan kolam ikan. mohon sarannya…..

Komentar ditutup.