Mengapa burung murai batu tangkapan hutan sekarang ini mudah mati?

Murai batu tangkapan hutan saat ini mudah mati
Murai batu tangkapan hutan saat ini mudah mati

Sejauh ingatan saya, ketika awal-awal saya suka berburu burung murai batu di Pasar Burung Karimata Semarang, kondisi burung tangkapan hutan sangat tidak bagus dilihat. Rata-rata burung murai batu yang dijual berbulu jelek, banyak yang patah, tercabut atau terpelintir. Hal itu terjadi karena burung murai batu itu ditangkap dengan cara dipulut atau dipikat dengan cara dijerat dengan getah karet atau getah bendo. Otomatis bulu-bulunya rusak. Sangat tidak indah dipandang. Namun, kebanyakan burung yang saya beli, selamat dan sehat dirawat sampai jadi dan bisa dinikmati kicauannya.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Saat ini sudah berbeda dengan jaman dulu. Di pasar burung manapun atau di para pengepul burung murai tangkapan hutan, kebanyakan burung murai batu asal Sumatera yang dijual terlihat mulus-mulus bulunya. Bulu sayap rata-rata utuh. Paling banter tercerabut ekornya. Tetapi entah mengapa, banyak di antara burung itu tidak bisa bertahan hidup lama. Paling banter satu hingga dua bulan, menemui ajal.

Gejala yang ditunjukkan sama. Awalnya burung-burung itu mau makan dengan lahap kroto, jangkrik atau ulat yang disediakan. Namun berselang sepekan dua pekan, akan menunjukkan gelagat berkurangnya nafsu makan. Lama-lama burung terlihat lemas dan kemudian tidak mau nangkring di tangkringan. Dan akhirnya tidak terselamatkan…

Hal itu pernah saya obrolkan dengan Om Yuli (Julianto Prasetya) yang dulu pernah berjualan burung di Pasar Depok Solo. “Iya saya juga heran, sekarang ini burung tangkapan hutan terlihat mulus-mulus, cuma banyak yang tidak bisa bertahan hidup lama,” katanya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Saya pun bertanya-tanya, apakah burung-burung itu ditangkap dengan cara diberi umpan pakan yang dicampur zat tertentu sehingga membuat mereka mabuk sempoyongan atau tertidur sehingga bisa dengan mudah ditangkap, baru setelah itu dicekoki air atau zat penawar sehingga bisa sadar kembali? Pertanyaan ini terlintas di benak saya manakala saya ingat cerita cara penangkapan ikan napoleon atau ikan hias air laut menggunakan apotas. Ikan yang terkapar megap-megap terkena racun apotas, bisa hidup lagi setelah dimasukkan ke air laut yang segar tak berapotas.

Kalau saat ini masih sering terjadi penangkapan burung dengan cara diberi umpan berkail, dan jika burung-burung murai batu bakalan yang banyak dijual di pasar itu dijerat dengan umpan berkail, tentu akan terlihat ada kail ketika burung yang mati diotopsi/dibedah. Nyatanya, pada burung-burung bakalan yang mati saat ini tidak ditemukan mata kail di dalam kerongkongan atau alat pencernaannya.

Pertanyaan itu terus mengganggu di benak saya. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya berharap ada teman kicaumania yang tahu cara penangkapan burung-burung murai batu di hutan yang dilakukan saat ini dan bukan cara-cara di waktu lalu.

Jika sobat punya pengalaman dengan burung murai batu bakalan hutan pada beberapa waktu terakhir ini, silakan sharing pengalaman di sini. Salam muraimania, salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

36 Comments

  1. Saran saya lebih baik bersabar dikumpulin uangnya cari yang sudah voer total. 5 kali beli Murai bakalan tidak ada yang bertahan hidup lama yang saya bingun terakhir sudah makan voer sudah rawatan 3 bulan kok bisa mati jg. So buat pecinta murai. solusi terbaik adalah bersabar kudu pinter memilah dan memilih karena di pasar burung jg bnyk yg gak jelas.

  2. Om maaf kalau MB sekarng klo tidak kena pancingan apa bener nangkapny dengan cara menggunakan bius yg disuntikan k jangkrik???
    Kalo bener yang saya tanyakan bagai mana cara menetralisir bius tersebut??
    Terimakasih atas perhatianny….

  3. tiupkan suling bambu ketika mb bahan baru di beli dr pasar.krodong.selama 3hari.kasih umpan ef standar.bukan voer.jangan takut mb hasii pancingan.biarkan kail berada di kerongkongan atau di lmbungnxa.kasih obat,3 tetes kelapa ijo.1 tetes SAJA OBAT STENLEES STEEL ANTI KARAT bisa d dpt tukang las argon.lakukan cara ini seminggu sekali.mb saja dngn cra ini SMPAI SKARANG MASIH HIDUP UDAH 2 TAHUN.CUMA BURUNG BUKAN KRAKTER LOMBA CUMA RUMAHAN.OK THANK

  4. jadi bingung nih sekarang om mau hunting muray mh takut mati……apakah ada yang punya sedikit tip buat yang mau beli muray mh……?

  5. aku beli mb mh otomatis blm ngevor,wktu dilapak penjual aku cb ksh jangkrik,tuh mb mkan jangkriknya seperti g merasa ksakitan,dlm hti ini mb bkn pancingan,stlh transaksi aku bw plg,aku msukan kndang kliatan diem,mgkn msh stres,lalu aku ksih obat stres super n yg lgsg aku teteskan ke paruh,bsk paginya udah kliatan seger mkan kroto yg diaduk ma vor alus dg lahap, dideketin jg nyetrek2,dpt 3 aku cb msukin keramba lgsg nyebur mpe 3 kali,aku dah sneng mbku dah mw mandi,tp itu adalah ksalahanku… Stlh aku msukan ke kandang harian mb nya g mw merapikan bulunya sendiri,sejak saat itu mb nya g mw mkan n minum,smp ke esokan harinya mbku menghembuskan nafas trakhirnya… Sebenernya perawatan yg bner ky gmn c?

    • Perawatan bakalan yang benar jangan langsung di mandikan kekeramba apalagi sekarang kondisi cuaca kurang bersahabat, cukup sediakan cepuk mandi didalam saja supaya burung mandi dengan sendiri itupun dilakukan setelah 1-2 minggu kondisi burung benar-benar sehat.

  6. aku baru beli MH msh ada bitik kuning d sayap, mau tanya nih, knapa styap aku kasih mkan, MH ngacak2 makananya juga mematuk tangan yg masuk sangkar ingn memberi makan, kalo udah g d liatin tuh burung baru mau makan g lg ngacak2/menghambur2kan makanan dalam cepuk, MH baru 5 hari beli d penjual burung nih..
    mhon d jwb y, mklum pemula,blm pernah sma skali miara burung.

  7. wah2 ,,,ternyata bukan hanya saya yng alami….4 hari lalu ngangkat MB d p.b.p,,sampai rumah hati seneng banget ,karena tyuch MB makannya lahap banget (kroto & ulet hongkong) dalam hati wahh nich calon hidupp…….@2 …..3…..4….kutengok pagi2 ehh tyuch burung dah loyo d tangringan ….hati dah mulai..wahh pertanda jelek …jam *8 ku kasih kroto sama ulet ……biasaanya tyuch MB bersuara trek2….trek….trek…..tapi jam 1 ku lewat di bawah sangkarnya kok ga ada suara sama sekali…waduhh dalam hati$$$$$ ku intip kerodongnya waduhhh ……………innalilahi……………?wahhh ni ga bisa di biarkann kita sesama penggemar Mb mania khususnya yang berburu d Pramuka nichh kayaknya kita di bohongi mentah2 ……

  8. saya uda 2 x bli MB dipasar pramuka mati trus hidupnya cma 2 sampai 3 hari,niatnya tgl 25 ini mau bli lgi gmana ya biar bertahan hidup sampai berkicau??tolong kasi solusinya ya agan yg uda pda berhasil merawt MB,

    • untuk pemula sebaiknya beli mb hasil tangkaran saja om, jika dihitung om sudah 2x beli mb mh hasilnya mati nah sudah berapa dana terbuang? sudah sepadan angkut hasil ternakan.

  9. resep agar burung peliharaan kita semua sehat wal afiat adalah membiarkanya hidup bebas di alam sodara2…saya penggemar burung, pelomba, juara…tapi sebenernya saya lebih suka melihat burung di alamnya…walaupun saya punya beberapa di rumah…itu karena saya masih belum bisa mengalahkan ego. sama sperti pemburu, pngepul dan pembeli…demi ego, rupiah dan pengghidupan, segala hal ditempuh, bahkan cara yg tidak baik…initnya mari bersihkan diri dari perbuatan2 yg tidak terpuji, menangkap burung ya dengan cara yg sehalus mungkin dan se aman mungkin untuk si burung, bgt juga perawatan semasa karantina dan transfer, bahkan sampai ke tangan pembeli…perlakukan mereka layaknya hewan yang lemah…karena sebenernya kt ini manusia juga lemah…(cuma pesan)

  10. Ni sih baru sekedar teori ane yg baru rencana beli MB MH. kita bawa magnet gan (besi brani). Kan mungkin klu ada kail d dalam prut MB pasti bakal ketarik n MB bakal teriak. masuk akal ga sih?? baru teori gan belum d coba

  11. cuma sharing aj..saya sudah 6 kali beli Mb MH.emang apes mati semua dech..ternyata di telusuri sya tany sm teman2 dan mertua kebanyakn klo muray bahan tangkapan ad dua kemungkinan di pancing pke kail dan dopingan.krna jarak antara sumatera sm jakarta jauh akhirny tuh burung di doping biar smpai jakarta kelihatan sehat..pas di beli mknnya lahap krna perjalanan burung itu jauh lama kelamaan nafsu mknny berkurang lalu mati pd hal ful kroto tdk ad cmpuran lain..ternyata tuh burung bukan butuh mkn kroto atau jangkrik..tp butuh doping lg biar sehat lg..dan yg pancingan biasany liat pas dia mkn ad perbedan tp klo penasaran pas muray MH itu mati di cek aj coba di bedah bagian leher ad pancing apa tidak klo tidak coba darahny diambil dan di tes pasti ad racunny..racunny seperti narkoba gitu..mohon maaf klo salah tp itu pengalaman saya..catatan buat muray mania klo mau beli burung yg sudah ngepur total atau beli langsung ke penangkaran..di itung2 sm aj sya beli burung bahan MH da 6 burung tp mati semua coba klo beli di penangkaran da dpet 1 ekor jaminan hidup..

  12. aq bl mb muda hutan 5 bln yang lalu tp skrng udah gacor,apa nasib aja ya?pdhl aq blm puny pglmn sm sekli,menurut aq brng yg br dpt kita jgn tllu paksakan/br mkn yg aneh2 dlu br perlkuan kusus,rodong tmpt snyi kasih mkn ala htn blalang atau sejensny.klau brng udh tng bru pln2 kita knlkn pd sektr.jgn br2 bos karn brng stres berat.maaf klo sok pntr tp aq udh bktikan

  13. hlo tmn2 kicau mania.setahu saya klo mo milih MB bkaln ekornya harus mau lentik ke atas.di kasih jangkrik mo ngambil d tangan.kotoranya putih tapi ada hitamnya dikit.klo di liat smua pisik ga ada satupun yg ca2t.itu menandkan burung sehat.klo pendapat saya tentang bulu.saya lbih milih yg ada bekas getah pulutnya klo kt bli MB bkalan.karna bulunya kita cabut nanti juga bisa tumbuh gembli smula.

  14. Selamat malam Om dan rekan-rekan kicau.
    Kebetulan saya berdomisili di Pasaman Barat Sumbar. Mengenai penyebab kematian yang diduga karena pemberian Potas atau menggunakan mata kail ketika menangkap MB hutan saya kurang sependapat. Penangkapan menggunakan Potas/Obat bius atau lebih sering menggunakan padi yang direndam dengan miras hanya dilakukan untuk menangkap burung seperti Balam. Penggunaan mata kail yang diberi umpan sering dilakukan untuk menangkap burung Jalak kerbau. Khusus untuk MB Hutan, hanya menggunakan burung pemikat seperti MB atau kacer dan jaring. Penggunaan getah untuk MB yang sudah terlalu pintar.
    Saya berasumsi penyebab kematian lebih disebabkan oleh faktor kelelahan. Tukang pikat biasanya menghabiskan waktu dihutan 3 s/d 10 hari. Selama itu MB yang berhasil ditangkap diberi makan seadanya. MB akan mengalami kelelahan, kelaparan dan stres. Kemudian sampai di pengumpul, MB akan “dipaksa” untuk segera makan poer (untuk memudahkan perawatan dan mengirit biaya). Waktu MB juga lama dihabiskan didalam kotak/box pengiriman selama perjalanan menuju Jakarta dan daerah lainnya.
    Faktor cuaca dan suhu daerah tujuan juga akan berpengaruh.
    Untuk mengatasinya saya sepndapat dengan Om Kicau yang pernah ditulis di dalam blog ini sebelumnya. Sangat disarankan untuk tidak memandikan burung yang baru dibeli dengan cara disemprot, sebaiknya burung tersebut mandi sendiri (letakkan tempat mandi di dalam sangkar) agar si burung dapat menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya.
    Maaf karena komentar saya terlalu panjang dan sllahkan dikoreksi jika salah.
    Salam

  15. saya tinggal didekat pasr depok solo, banyak sekali penjual murai batu terutama yang berada diluar pasar tepatnya diluar ditepi jalan sepanjang pasar burung depok,
    mereka berlagak menjual kepada orang padahal mereka sudah saling kenal dan tawar menawar agar orang lain yang lewat jadi tertarik,
    tiap hari ada, apa lagi pada hari minggu, biasanya ada pula yg ditaruh didalam kranjang besek, penjualnya bilang sudah bunyi padahal yg bunyi yg jual
    pernah juga ada murai batu yg dijual penjual yg dipinggir jaln diluar pasar depok dan dibeli oleh seseorang, setelah dibawa pulang sudah mati terjanya didalam tenggorokannya ada kailnya
    mohon disebarkan berita ini, agar mereka yg pergi ke pasardepok tidak tertipu oleh pedanggang burung yg nakal, terutama yg diluar pasar

  16. maaf om menurut pengalaman saya,bisa pakai mata kail pancing atau bia juga di beri makan dengan ulat sawit,dan ulat sawit itu tidak dapat di cerna di dalam tubuh burung sehingga ulat tersebut masi hidup di dalam tubuh burung….maaf ni om2 kalau salah.heheeheh

    • Cuma saran buat rekan2 klo saya pribadi kalau membeli burung bakalan pastikan liat maaf kotoranya klo kotoranya menggumpal atau tidak maaf berair bisa di pastikan burung sehat dalam pencernaanya sebalikya klo berair bisa di pastikan saat menelan jangkriik atau kroto bisa bermaslah dalam pencernaan yang di sebabkan kail atau obt2n

    • maaf om…cuma mau sharing…..mungkin bisa membantu…burung hasil tangkapan hutan sering mati…dikarenakan cara penangkapan nya dengan cara di pancing….maksudnya pake kail pancing….didaerah saya banyak yg seperti itu….makanya kl pake opancing tenggorokannya bisa luka……..n kailnya tertelan……jadi walaupun mau makan poer dengan lahap tp kan kail tetap di dlm perut dan lama kelamaan mati dechhhh,,,,,

  17. ane sudah lima kali mati, memang salahnya tuh bahan ane mandiin sampai basah kuyup, besoknya pada meriang akhirnya mati dech. ane coba lagi beli mb di pasar burung dkn ( Cipinang ). ade orang kasih tau,mb jangan di mandiin dulu saya coba Alhamdullilah sampai sekarang awet. mengenai MB supaya cepat mkan Voer saya dikasih tau sama orang yg baik, sy coba eh berhasil baru beli dua hari langsung MB makan Voer.
    Mau tau caranya.

    Voer ayam 512 kita bejek (Bhs betawi) sama kroto pake jari tangan biar kecampur, kemudian kasih kroto utuh sedikit. kasih pagi sedikit sore sedikit. ente tunggu dua hari pasti kotorannya dua hari banyak kotoran voer. selamat mencoba.

    • Masih hidup ga murai nya mas sampe sekarang ? Cuma penasaran aja. Soalnya murai saya juga ud mulai makan voer tp ke angin sore besoknya sudah diem aja dibawah trus siangnya mati. Jadi menurut saya proses penyesuaiannya butuh waktu yg lebih lama kurang lebih 3 – 6 bulan.

  18. ni jga barusan nguburin MB MH mnrut saya bener gara-gara buru2 dmndiin tu brung,,,pngenya biar cpt jinak mlah ngedrop,,,pdhal klo lg sndirian tu MB ud mlai ngrwik,,,tp gesit,,,ya berbkal dri smua tulisan pnglman kicau mania,,,bsa buat bhan ilmu tuk nyoba ngrawat lg,,

    • Aku juga punya pengalaman seperti itu,beli bahan MB karena tergiur dg harga miring, MB bakalan yg aku beli ini dengan body yg bersih dan aktif makanya aq pikir ini bahan MB yg sehat,terus aq gantang di depan halaman rmh biar mentalnya berani,(dkt jln raya) eh keujanan lupa angkat tu MB trus basah kuyup,tp besoknya gak masalah,,malahan makan voer total pun lahap. dan yg bikin kagetnya 3 hari malah mati. ada yg bilang jg sie cri bahan MB jgn yg bersih takutnya ada kail tuh,,,mending yg ada kotornya getah atau pulut,,,tpi makan pun mesti dicampur dg kroto,,pake 511 atau 512 aja. dan biasanya jg perlu waktu yg lama buat makan voer total.

  19. Salam para km khususnya mb mania, saya jg punya pengalaman pahit merawat mb mh sdh 4x beli mb semuanya pd tewas dan ini yg ke 5 sy beli mb bahan hutan, sy beli di pb pramuka 10 hari yg lalu awalnya tuh mb gesit & rakus, eh sekarang ko cuma nangkring doang di tangkringan kalo di ksh jangkrik di ambil trus di buang… Di liatnya tuh mb makin lemes aja, di ksh kroto g di mkn, uh jg g mau, mohon bantuan om2 nih yg udah pengalaman merawat mb mh biar ga lemes dan loyo

    • persis dngn penglaman sy mnggu lalu sy bl mb di p.b.p awlnya burung gesit &bertenaga setelah sy perhatikan dr hr kehari gerakannya mangkin lemah kepakan sayap ngambang gnglokro nafsu makan menurun &aneh bin ajaib selama sy bili mb bhn bru kali ini mb tdk doyan makan kroto.diksh jangkri cm buat mainan sungguh membingukan..sy main mb bahan sdh puluhan th tp br kali ini mb tak doyan kroto.menurut impo dr pengpul yg bs dipercaya.sekarang tecnik penangkapannya menggunakan bius jd mb sudah tercontaminasi obat bius akibatnya.! pencernaan rusak. pelan2 tp ktnya pasti mati.apakah sobat kicau punya resep u/penawar racun bius.?

    • menurut sy.sya rasa ada perubahan cara perawatan pada hari 1~6 dengan 7~8.yg dpt mengakibatkan mb stres lalu tdk mau makan lalu mati .shearin hub bolang08888428878

Komentar ditutup.