Burung cililin hitam atau coklatkah yang bagus untuk pemasteran?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung cililin yang selama ini kita kenal karena suara dencing tajamnya sebenarnya termasuk burung gagak-gagakan (suku Corvidae). Sebelum Anda mendownload suara burung cililin dengan durasi panjang di bawah nanti, serta memilih jenis yang bagus suaranya untuk pemasteran, coba kita simak info sekilas tentang suku burung gagak-gagakan ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suku burung gagak, tangkar/cililin, dan ekek, umumnya tubuhnya berukuran besar dengan paruh lurus, kuat, dan kakinya juga kuat. Burung-burung ini tersebar hampir di seluruh dunia.

Burung cililin hitam dan burung cililin coklat

Burung yang cerdas, penuh akal, dan beberapa jenis belajar hidup sebagai komen sal bersama dengan manusia. Kebanyakan jenis burung ini mempunyai bulu warna hitam, walaupun beberapa jenis burung Ekek dan Tangkar berwarna warni dengan warna biru terang, hijau, dan coklat.

Suaranya serak kasar, sarangnya besar, berantakan, terbuat dari ranting, dan makanarmya campuran buah-buahan dan binatang. Beberapa merupakan pemakan bangkai.

Jenis-jenis suku gagak-gagakan

Di Sunda Besar terdapat sebelas jenis.

1. Tangkar ongklet (Platylophus galericulatus): jambul panjang, leher berbercak putih.
(a) Pg. coronatus (Sumatera, Kalimantan).
(b) Pg. galericulatus (]awa)

Dua jenis burung cililin - coklat dan hitam
Dua jenis burung cililin – coklat dan hitam

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

.
2. Ekek geling (Cissa thalassina): Ekor pendek, tanpa warna kuning pada kepala, bulu tersier tidak belang.

Burung ekek geling atau Cissa thalassina
Burung ekek geling atau Cissa thalassina

3. Ekek layongan (Cissa chinensis): Ekor panjang bertahap, ujungnya pucat. Dahi kekuningan, bulu tersier belang.

Burung ekek layongan atau Cissa chinensis
Burung ekek layongan atau Cissa chinensis

4. Tangkar-uli Sumatera (Dendrocitta occipitalis): Mantel kecoklatan, tengkuk putih.
5. Tangkar-uli Kalimantan (Dendrocitta cinarescens): Mantel abu-abu, mahkota keperakan.

Kanan - Burung tangkar-uli Sumatera atau Dendrocitta occipitalis. Kiri Tangkar-uli Kalimantan atau Dendrocitta cinarescens
Kanan – Burung tangkar-uli Sumatera atau Dendrocitta occipitalis. Kiri Tangkar-uli Kalimantan atau Dendrocitta cinarescens

6. Tangkar- cetrong (Crypsirina remia): Bulu hitam kehijauan; bulu ekor tengah berbentuk sendok, mata biru.

Burung tangkar- cetrong atau Crypsirina remia
Burung tangkar- cetrong atau Crypsirina remia

7. Tangkar kambing (Platysmums leucoptems): Bulu utama hitam; berjambul. Ras bervariasi.
(a) PI. aterrimus (Kalimantan): berjambul, hitam.
(b) PI. leucopterus (Sumatera): jambul lebih kecil, sayap berbercak putih.

Burung tangkar kambing atau Platysmums leucoptems. Kiri - PI. aterrimus asal Kalimantan dan kanan adalah PI. leucopterus asal Sumatera
Burung tangkar kambing atau Platysmums leucoptems. Kiri – PI. aterrimus asal Kalimantan dan kanan adalah PI. leucopterus asal Sumatera

8. Gagak hutan (Corvus ema): Paruh lebih panjang dan langsing daripada Gagak kampung, bagian bawah lebih abu-abu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung gagak hutan atau Corvus ema
Burung gagak hutan atau Corvus ema

9. Gagak rumah (Corvus splemlens): Tengkuk dan dada keabu-abuan. Pernah ditemukan di Kep. Krakatau.

Burung gagak rumah corvus splemlens, Tengkuk dan dada keabu-abuan. Pernah ditemukan di Kep. Krakatau
Burung gagak rumah corvus splemlens, Tengkuk dan dada keabu-abuan. Pernah ditemukan di Kep. Krakatau

10. Gagak kampung (Corvus macrorhynchos): Paruh besar dan kokoh; berwarna keunguan mengilap.

Burung gagak kampung atau Corvus macrorhynchos
Burung gagak kampung atau Corvus macrorhynchos

11. Tiong-batu Kalimantan (Pityriasis gymnocephala): Paruh sangat besar dan berkait. Kepala berwarna Warni terang. Jantan: tanpa warna merah pada sisi lambung.

Burung tiong-batu Kalimantan atau Pityriasis gymnocephala. Paruh sangat besar dan berkait. Kepala berwarna warni terang. Jantan tanpa warna merah pada sisi lambung
Burung tiong-batu Kalimantan atau Pityriasis gymnocephala. Paruh sangat besar dan berkait. Kepala berwarna warni terang. Jantan tanpa warna merah pada sisi lambung

Burung cililin coklat dan hitam

Burung cililin atau tangkar okklet (Platylophus galericulatus) dalam bahasa Inggris disebut Crested Jay, dan dalam bahasa melayu disebut gagak jerit.

Burung cililin mudah dikenali; berukuran sedang (28 cm), berwarna coklat gelap atau kehitaman dengan bercak putih di leher dan jambul yang tegak lurus panjang.

Burung cililin Jawa dan Sumatera berwarna abu-abu kehitaman. Burung dari Kalimantan  berwarna coklat gelap. lris merah kecoklatan, paruh hitam, kaki biru kehitaman.

Suara burung cililin sangat khas. Bernada serak, cepat, dan gemetar, dan nada menderik, cepat, bergetar seperti suara tupai “tat-at-at-at-at” atau cer..er..er..er..er..er..er…

Penyebaran global ada di Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar.  Penyebaran lokal ada di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Burung cililin cukup umum terdapat di hutan dataran rendah sampai ketinggian 1.200 m. Tidak tercatat ada di Bali.

Kebiasaan burung cililin terbang dalam kelompok kecil yang ribut, dan umumnya membuat keributan ketika bertemu dengan manusia, menegakkan jambulnya berulangkali, melintas dari semak ke semak, memanggil dan membuat gerakan tubuh berputar-putar. Burung ini adalah pemakan serangga besar.

Mana yang bagus untuk pemasteran?

Berdasar pengalaman para penghobi burung selama ini, burung cililin coklat lebih rajin bunyi dan juga panjang-panjang suaranya. Namun untuk cililin hitam yang berasal dari Sumatera, juga lebih panjang-panjang suaranya dibanding burung cililin hitam asal Jawa.

Meskipun di blog ini sudah saya uplaod beberapa suara burung cililin, berikut ini saya uploadkan lagi salah satu contoh suara burung cililin yang bisa Anda download untuk pemasteran.

Suara burung cililin:

Silakan download dengan meng-klik di sini.

KALAU TIDAK BISA DOWNLOAD SILAKAN BACA CARA DOWNLOD DI SINI.

Selamat bercililin ria. Salam dari Om Kicau.

Sumber gambar dan jenis-jenis burung gagak-gagakan: Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, John MacKinnon dkk.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

26 Comments

  1. Om mau tnya; sya pya murai batu medan umur 10 bln. Pertanyaan sya; kenapa y om murai sya ko bulunya bangun terus, padahal tiap pagi sya jemur+kroto, tolong jawabannya om???

  2. met siang menjelang sore om, mhon bantuannya, ciblek sya yg tadinya gacor suracor skrg jdi ngambek alis stress gara gara nya kandang burung smpat d tabrak sma kucing smpai kandang terjatuh.gmana cara ngembaliin suaranya kembali om. ? terima kasih hatur nuhun buat bantuannya.

  3. Terima Kasih banyaaaaak om atas suara2 masteran nya…….sudah saya download semua….terima kasih…oh ya om duto saya pengen suara pelatuk ulam dong?? pleaseeeeee…nyari kemana2 gak ada yg cocok….saya pengen nya suara ngerol nya…..teeeeeerrrrrrrrr…….teeeeeeerrrrrrrrr….kira2 spt itu om suara pelatuk nya…..ada gak ya om??? butuh bgt buat masterin kacer trotolan…..sebelum nya saya ucapkan skali lagi TERIMA KASIH baanyaaaaaak pd om duto….

    • Hanya bisa dibedakan dari body. Jantan cenderung panjang dan lencir. Ekor relatif lebih panjjang. Tetapi tentu saja hal itu hanya bisa dilihat dari perbandingan. Memang ini burung monomorfik, tidak ada beda signifikan dalam penampilan antara jantan dan betina.

  4. Om kalo boleh tanya untuk hutan dijawa khususnya jawa timur ada nggak ya om daerahnya mana saja mungkin om punya referensinya, sekedar pingin tau saja kok om . Btw terima kasih artikelnya jd tau skrng kalo cililin itu banyak dan warna warni. salam

Komentar ditutup.