Selamat Tahun Baru: Bagaimana trend burung kicauan 2012?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Trend burung kicauan 2012-Memasuki tahun 2012, bagaimana trend burung kicauan, baik sebagai burung rumahan maupun burung lomba? Apakah burung murai batu benar-benar akan menggeser popularitas burung anis merah sebagaimana terlihat kecenderungannya selama beberapa bulan terakhir 2011? Apakah popularitas burung lovebird akan terus menanjak pula? Bagaimana dengan cucakrowo, jalak bali, jalak suren, kenari, anis kembang dan sebagainya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebagai ucap sapa selamat tahun baru 2012, Om Kicau akan menurunkan tulisan bersambung mengenai trend burung kicauan pada 2012 berdasar kecenderungan yang sudah ada pada 2011 dan prediksi berdasar kondisi psikologis para kicaumania dalam menjalankan hobi burung.

Trend secara umum bisa dikatakan bahwa popularitas burung hasil penangkaran akan terus menanjak, sementara burung hasil tangkapan hutan akan semakin kurang peminat. Sebagaimana pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, misalnya pada artikel Murai batu: Peluang penangkaran burung saat ini dan masa mendatang (1), hal itu antara lain disebabkan burung tangkapan hutan semakin menipis jumlahnya.

Dalam kasus murai batu, di alam secara umum memang sudah mulai langka, baik karena penangkapan ataupun juga semakin berkurangnya lahan/habitat murai batu karena pembabatan hutan ataupun kebakaran. Sementara muncul pelarangan penangkapan dan jual beli burung murai batu, khususnya dibawa ke luar wilayah, di propinsi-propinsi tertentu yang selama ini terkenal sebagai wilayah penghasil burung murai batu.

Burung tangkapan hutan secara umum juga relatif lama untuk segera bisa gacor. Perlu waktu bahkan sering harus melalui sekali masa mabung dulu untuk membuat burung tangkapan hutan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan manusia (tidak takut dan gerabakan lagi berada di tengah-tengah keramaian). Sedangkan burung hasil penangkaran lebih cepat bunyi dan perawatannya pun relatif lebih mudah karena dia tidak memerlukan adaptasi berada di lingkungan manusia.

Pada saat yang sama burung hasil penangkaran lebih mudah dimaster sesuai dengan keinginan pemilik, apalagi kalau memasternya sudah sejak burung trotol atau bisa makan sendiri. Dengan pemasteran yang benar, burung bisa menyuarakan suara seperti yang kita inginkan.

Trend masing-masing burung

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Trend burung kicauan 2012

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Trend masing-masing burung kicauan pada 2012 akan berbeda antara satu burung dengan burung lainnya. Hal ini antara lain disebabkan oleh:

  1. Banyak-sedikitnya peredaran burung tersebut di pasaran (berkaitan dengan suplai dan harga).
  2. Tingkat kesulitan dalam perawatan dan/ atau memunculkan performa terbaik burung bersangkutan.
  3. Nilai investasi burung yang berkaitan dengan tingkat kesulitan dalam menangkarkan burung bersangkutan.
  4. Nilai sosial/prestise burung bersangkutan dalam persepsi sebagian besar kicaumania.

Secara umum bisa dikatakan bahwa semakin burung kicauan banyak ditemukan di pasaran, akan semakin naik popularitasnya di antara para penghobi burung; semakin mudah burung kicauan dirawat dan pelihara untuk menampilkan performa terbaiknya, akan semakin populer burung kicauan tersebut; semakin mudah burung kicauan ditangkar dan karenanya cepat mendatangkan keuntungan kepada pemiliknya, akan semakin populer burung tersebut; semakin burung kicauan memberikan kebanggan/prestise kepada pemiliknya, akan semakin populer burung tersebut di mata kicaumania.

Namun demikian, secara umum tidak ada burung yang memenuhi semua kriteria di atas. Burung murai batu misalnya. Burung ini semakin banyak di pasaran dengan semakin maraknya penangkaran. Hanya saja, untuk harga anakan hasil penangkaran, sementara ini masih dianggap tinggi oleh sebagian besar penghobi burung.

Sedangkan untuk cucakrowo misalnya. Burung ini dipersepsi sebagai burung yang memberikan prestise tinggi bagi pemiliknya. Namun karena harga yang relatif tinggi, sementara di lomba burung berkicau jarang dibuka kelasnya, maka popularitasnya terbatas.

Baik kicaumania… untuk selanjutnya nanti secara bersambung akan saya tulis bagaimana kemungkinan trend beberapa burung kicauan pada 2012. Tunggu ya!

Salam sukses menapak tahun 2012.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

27 Comments

  1. Ayo lestarikan habitat burung liar demi anak cucu kita. Jng terlalu kejam dengan alam, hanya demi kesenangan sesaat, agar alam jg menghormati dan mencintai kita.Tenks……….

  2. Klo saya pribadi,,yg plg nanjak popularitasnya di th.2012 adalah MB,CIBLEK,CUCAK IJO.itu yg mnurut saya pribadi,klo di pantau dri psr2 burung,bnykan yg di cari itu2 aja,sdgkan sang pnjual stiap blnya hrga burung trsbut smkin meroket,,tpi bagus malahan bnyak penangkar2 baru?

  3. HAPPY NEW YEAR 2012
    Om Duto jangan dilewatin juga dipulikasikan soal obat-obatannya yang terbaru di tahun 2012 ini untuk kesehatan burung dan juga terutama untuk kita semua sebagai pemelihara sekaligus pecinta agar terhindar dari penyakit/virus dari burung tersebut.
    Semoga yang berkepentingan untuk mengambil untung dari burung berkicau tetap selalu waspada terhadap penyakit yang dapat menular dari burung yang dihasilkannya.
    Terima kasih, salam sukse buat om Duto dan semua pecinta burung berkicau se-Nusantara.

  4. Yak benarr, mnurutku smakin bnyk pnangkar bknya smkin murah tp smkin langka brung trsbut.. Happy new year, salam MB MANIA..

  5. hepi nyu yer om..hehehehe…MB sekarang memang sdah mlai langka om..jdi sulit carinya..klo ada pun bru datang harganya mahal..kyaknya MB ga ad turun harga… mana duit habis buat bakar jagung kmaren…heheehe

Komentar ditutup.