Trend Burung 2012: Burung anis merah bakal makin menyusut peminatnya?

Burung Anis MerahBurung anis merah atau sering disebut punglor merah atau punglor bata dan sering disebut juga sebagai anis cacing atau punglor cacing diprediksi bakal menurun peminatnya pada 2012. Benarkah prediksi itu? Mengapa? Kalau menyusut peminatnya, apakah akan terjadi sedemikian drastis pada skala nasional sebagaimana telah terjadi penurunan drastis pada tahun 2011 di Lampung atau beberapa daerah lain di Sumatera?

Di beberapa daerah di Indonesia, burung anis merah atau Zoothera citrina memang mengalami penurunan popularitas. Seperti pernah Om Kicau tuliskan pada artikel “Menyendiri di pojok teras”, kisah tragis anis merah di Bandar Lampung….” maka gambaran tragis nasib anis merah sepertinya akan berlanjut di beberapa daerah.

Meski demikian, menurut Om Kicau, penurunan tidak akan terjadi secara drastis khususnya di awal tahun ini. Kondisi per-anis-merah-an akan tertolong sedikit dengan munculnya banyak burung bahan di pasaran menyusul datangnya musim panen anis merah di Bali sejak Oktober-November 2011.

Tetapi minimal, gambaran yang ditulis di Tabloid BnR di bawah ini akan memberikan gambaran secara umum bagaimana trend anis merah pada 2012:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Beberapa tahun silam, burung anis merah adalah burung yang menempati popularitas tinggi di mata kicaumania. Sampai akhir tahun 2011, anis merah masih memposisikan diri sebagai burung kelas utama bersama-sama burung murai batu, kacer dan lovebird. Namun kecenderungan yang terjadi, anis merah semakin merosot pamornya.

Gejala ini terlihat di semester akhir 2011. Tabloid BnR memperkirakan bahwa Tahun 2012, burung anis merah akan semakin bergerak menurun sehingga anis merah hanya diberikan 2 bintang oleh Tim Tabloid BnR.

Sebenarnya di mata sejumlah anis merah mania, burung ini tidak bisa tergantikan karena mempunyai faktor alami suaranya yang memikat, pandai menirukan suara burung lain, dan gaya penampilan telernya yang memikat. Oleh karena itu hadiah lomba untuk kelas anis mmerah cukup tinggi. Harga anis merah jawara pun bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Namun masalahnya, mencari bakalan anis merah yang berkualitas cukup sulit, sebab anis merah sulit ditangkarkan sehingga harga bakalan anis merah yang bagus sudah tinggi. Burung anis merah juga merupakan burung yang sulit dicari caranya agar bisa tampil stabil di lapangan. Hanya saja ketika burung anis merah sudah berkualitas istimewa, dia cenderung menjadi juara karena sulit sekali mendapat anis merah yang berkualitas istimewa.

Kelas anis merah kurang kompetitif, sehingga anis merah di 2012 masih merupakan burung yang dipertandingkan di kelas utama tetapi popularitasnya terus merosot di kalangan kicaumania. Hal ini yang harus dipikirkan bersama oleh para anis merah mania.

Meski tidak tepat benar apa yang ditulis BnR, secara umum saya sependapat. Hal itu sejalan dengan apa yang saya tulis sebelumnya bahwa semakin mudah burung kicauan dirawat dan pelihara untuk menampilkan performa terbaiknya, akan semakin populer burung kicauan tersebut. Untuk anis merah, sayangnya, banyak kicaumania yang sampai stres memikirkan performa burung anis merah mereka yang tidak kunjung bagus.

Bagaimana pendapat Anda? (Bersambung)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

77 Comments

  1. jng salah… di bali banyak peminat. kalo BNR gak mau meningkatkan AM, jng beri ijin berjualan ataupun membuat perlombaan di bali. karna sdh tidak mau menjaga kelestarian AM.

  2. klo emang turun pamor , kenapa bnr tak mau ngangkat derajatnya,,,,padahal AM burung yang punya gaya yg unik dan berbeda dengan burung lainya”’ pula bnr kan masih jual bahan anakanya…coba di galakkan pasti ramai lagi..

  3. Kalo mnrt sya om monggo aja tabloid mau brasumsi apa tp yg pasti merawat AM ada seni dn kepuasan trsendiri, monggo juga kalo mau menilai AM turun pamor tp yg jelas bg AM mania tu burung gk kan bs trgantikan walaupun kurang peminat.. BRAVO CERBAAANG..

  4. pengalaman sy merawat am jangan di istimewa kan…anggap az burung murahan ..pakan nya az ga beraturan ..sy kasih pakan kiloan…,,kaya rawat kutilang az…..mau bunyi mau kaga emang gue pikirin…tapi hasil nya browww….luar biasa…dari 4 bekor am …bunyi semu….ASAL…PASTIKAN ..AM NYA JANTAN……itu az…

      • PungloR (Anis Merah) = Burung ♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPP KicauNya bisa diisi aneka Suara, AsyiK lihat teleRnya….& digoda + teler….apalagi teler sambil mengeluarkan Nada Keras…..Perlu diRawat tapi jangan dimanja…..makanan murahan tidak masalah…..tapi jangan Lupa JangkrikNya…..hehehe….

    • Betul jangan di istimewakan biasa saja. Kalau di istimewakan biasanya suka manja dan akibatnya bisa bikin kita stres dibuatnya. yg penting kasih makan secukupnya dan teratur. Mau bunyi iya gak mau bunyipun juga iya, cuekin aja hehehehe…

  5. Berbagai jenis burung sudah ane pelihara. Cuman anis yg bikin hati puas ane.. Ane piara burung bukan buat di lombain tapi buat memuaskan hati. Ane nggak seneng ikut kontes2an hanya bikin sombong hati, dan bikin prasangka buruk ma panitia n juri, dan liat aja gara2 ada kontes burung menyusut tajem di alam, jgn mungkirlah. Liat aja ciblek skrg dah jrg nongol lagi di pinggir rumah. Ane piara burung murni untuk kepuasan hati. AM Mantep

  6. setuju.. anis merah burung paling mantep didlm memeliharanya membutuhkan ketelatenan, keuletan kesabaran, filing.. disil\nilah diri kita diuji… top buat anis merah.. pokoke jossss

  7. Sudah sepantasya jika AM turun popularitasya semua itu salah burung juga “jd burung kok susah amat dirawat”..ayook yg mau stres silahkan piara anis merah…hhheeehhehehheee….Mb-lah yang tetep muantap apalagi yg isian perkutut kombinasi derkuku hhaaahhhaaahhhaaa…

  8. saya punya AM 2 yang saya pelihara hampir 1 tahun lebih. bunyinya hanya seperti listrik putus..trettttt..trettt..trettttttttt tet..trettt…. Pernah ngeriwk tapi kadang2. tetapi kok aku tambah seneng dengan suara seperti itu. Bahkan tambah sayang untuk merawatnya. Setidaknya ada kebanggaan karena punya momongan AM walau belum teler dan entah kapan mau telernya. Artinya, jangan dibuat stress. nikmati saja ap adanya.

  9. anis merah….jengkel miaranya, penuh kesabaran kalau mau berhasil beberapa kali saya gagal memelihara burung anis merah tapi saya cinta ma am ya saya terus berusaha mendapatkan yang terbaik.merdeka jaya slalu buat am

  10. seorang petarung kicauan sejati tdk akan lepas dr anis merah!mkn tahun ni menurun krna oran terlalu jd penurut&ikut alur dengan suatu berita eo yg lg booming yg sebenarna jg sdg menurun dratis skrng yakin lah anis mania tetap d puncak bersabarlah krna hoby tdk hrs ikt alur&nama besar seseorang yg mengharuskan ini itu……………………………

  11. Burung Anis Merah (AM) saya kira belum tergantikan, karena alasan : 1. Suara kicauannya khas yang belum dipunyai jenis burung lain, 2. Model burungnya bagus (paling tampan), 3. Kalau sudah teler seakan menunjukkan sesuatu yang memuaskan, 4. Parawatannya mudah asalkan sifat yang merawat sabar, telaten, semangat dan obtimis sebagai pelajaran sikap kita hidup dengan orang lain yang saling membutuhkan.

  12. HADOOOOOhhh punya anis merah 2 ajha yang satu gacor dari mulai lebaran agustus 2011 ampe sekarang lum bunyi cuma gara2 kepala AM mabung sedikit gak mau prOLLLLLLLLL botak botak ajha sekalian biar cepet mabung n bunyi hemmm ternyata cm bw jengkel doang…….. ngerawat burung! kalo yang kedua MANTEBB mabung PROLL masih mau bunyi yah walaupun cuma kayak listirik putus putus…gmana saran nieh mas mas sekalian biar tuh burung yang pertama kepalanya bener bener botak sekalian!! minta di cukur tukang rambut, atau minta diapain biar cpet mabung bung…

  13. saya yakin se yakin yakinnya secara pribadi bahwa anis merah akan tetap menjadi IDOLA walau secara umum nantinya tidah POPULER……. dan harga bagi pebisnis anis merah tetap menggiurkan UNTUNGNYA…… HIIIIDDDDUUUUUPPPP ANIS MERAH…….!!!!!!!……

  14. Burung anis bagi saya adalah burung antik dan klasik…. ga usah takut untuk para AM masalah turun pamor… yang terpenting kita bangsa indonesia bersyukur mempunyai salah satu Burung dengan kicauan dan gaya yang indah… Salam teman-teman Kicau Mania…..

  15. sebenarnya klu sdah hobi pasti jga punya filling AM tu bgus pa.gaknya… jdi penghobi AM gak ada kata patah semangat….buktinya saya punya cma 2 AM bgus smua gacor full teler…. yang penting punya rasa cinta dulu..SUKSES BUAT penghobi AM….MAJU PANTANG MUNDUR..

    • Rajin Bunyi itu tergantung perawatan kita termasuk kasih sayang kita pada AM kita. Caranya sbb:
      1. Rutin memberi pakan jangkrik pada pagi dan sore pada jam yg sama, maksudnya begini, kalau paginya ngasih jangkrik jam 7 dan sorenya jam 4 itu harus rutin pada jam2 tersebut.
      2. Soal mandi itu terserah kita mau pagi siang maupun sore ataupun malam gak masalah yg penting mandinya tiap hari.
      3. Kasih buat Sawo minimal 2x dalam seminggu.
      4. Embunkan tiap pagi sekitar jam 5 sampai jam 6
      5. Jangan dimanja
      Ini saya terapkan untuk AM saya sendiri, alhasil semua AM saya mau rajin bunyi tiap hari dgn banter.

  16. kalo saya pribadi, memang begitu..di Temanggung saja orang-orang sudah mulai meninggalkan AM, mereka lebih melirik KC ato MB bahkan ada yang mulai menangkarkannya…yang mendorong hal itu adalah hargnya yang mahal, perawatannya cukup sulit dan ribet dan gampang stress…memang saya belum pernah mencoba merawatnya tapi sebelum qt mencoba ada baiknya qt sharing-sharing dulu sama Om-Om yang master kicau mania, dari situlah saya menyimpulkan kenapa AM sekarang sudah merosot pamornya….suwun

    • AM itu kan jenis burung kicauan papan atas, jadi wajar donk jika harus ditebus dgn angka yg mahal baik berupa materi maupun mental yg empunya. Jika kita mau sabar dan telaten pasti kita akan bisa mendengarkan suara dan nyanyian merdunya yg tiada tandingannya.
      Salam kicau mania….

  17. Aslm…
    kalau gitu prediksi tabloid BnR memang pas……tidak bikin pusing …..yang enteng – enteng om duto, heheheh hobby yg bikin seneng aja deh ….xixixi jangan bikin mumet……Akuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrr semua duduk dan berdiri lihat burungnya gacor….xixixi

    Salam kicaumania

  18. sebenar-nya yang membuat AM semakin menyusut adalah faktor perawatan yang sangat rewel jadi mayoritas pemain sudah down untuk merawat-nya, bukan berarti pemain lama di AM ikut2an down, beda hal-nya kalau kita memelihara burung figth khusus-nya MB-KC-dll..bahan tangkapan liar pun masih bisa terdengar bunyi. Nach kalau AM bila macet..mmhhh..mana tahan untuk memulihkan-nya agar bunyi kembali sangatlah memakan waktu yang cukup lama.

  19. Berharap burung2 kecil ( pleci/ciblek/prenjak ) kian rame biar penghobi kelas bawah makin banyak jd bukan milik yg berkelas/punya duwit sj. terus burung CJ, PT, LB juga rame. trs buat om duto juga smg juga melejit tentunya dgn produk2 pd blognya, ditambahin jg komen2 berhadiahnya (nggih to Om) yang laen berharap yg terbaik sajalah. Salam

  20. SECARA PRIBADI sy setuju jika pamor anis mrh menurun dan berkurang peminatnya. alasanya sederhana sj. disamping harganya yg selangit, sulit bunyi juga salah satu tujuan memelihara brg adalah utk dinikmati kicauannya dan penghilang stress. Trs kalo utk bunyi saja sulit, bagaimana kita dpt mencapai tujuan sbg penghang stress?

  21. memang bisa jadi trend anis merah menurun…karena sangat sulit mendapatkan anis merah yg performanya bagus dan stabil…disamping harga piyikan yg lumayan mahal…belum lagi harga tiket lomba yang lumayan mahal juga…tapi mudah-mudahan tidak seburuk apa yg kita bayangkan..dengan gaya khas dan keunikan tersendiri saya yakin anis merah masih bisa mampu bertahan.. tapi terbatas hanya orang -orang tertentu saja yang dapat menikmati kicauannya…matursuwun

  22. Di tempat kami punlor masih disukai oleh banyak pengemar burung ; selain harganya yang lumayan juga masih sering diadakan perlombaan.
    Tetapi maaf saya belum pernah survei sehingga belum tahu persis apa menurun atau justru meningkat.

  23. kalo mo seni miara burung..ya AM..kalo yg lain nya (ma’af)..tinggal mandi..kasi pakan..trus d tinggal tidur juga bunyi..ga ada seni nya..! kaya miara kutilang aja..justru d sini kreatifitas kta berperan..ya kalo slalu mo juara mah smua KM jg pgen juara..makanya mesti pinter2 liat kondisi burung (AM tentunya) dan milih2 lomba yg bner2 fair..! hidup AM..burung berseni dan berkelas..kontes tanpa AM..??! GARING…!!

    • Setujuuuuu…! Merawat AM penuh tantangan, klo yg ga suka tantangan, jgn miara AM! Piara aja burung kenari, ciblek ato kacer yg gampang bunyi. Peduli amat pamor AM di lomba menurun, yg penting sy piara AM bwt dinikmati suara dan gaya teler’y, bkn bwt dinilai juri. Hidup ANIS MERAH!!

  24. naik atau turun pamor Anis Merah di lapangan jangan sampai kita melupakan konservasinya, jaga terus kelestarian mereka, kita bisa

  25. Terkesan susah karena mungkin karena kita kurang sabar. Harus telaten dan konsisten dalam perawatannya. Saya selalu berhasil mengorbitkan burung Anis Merah, salah satunya berkat produk vitamin om Duto yang bernama BIRDVIT. Maturnuwun om Duto.

  26. Seni tertinggi dalam burung kicauan menurut saya adalah anis merah, tanpa mengurangi rasa hormat thd burung jenis lain. AM bukan untuk burung dalam posisi trend atau sekedar ikut2an AM tetap pada posisinya sebagai burung yang mempunyai seni tertinggi dalam dunia perkicauan karena gerak tubuh dan kicauannya yang sangat khas sekali.

  27. kita kembali kepada tujuan ….mengapa dan untuk apa kita memelihara burung kicauan.. , untuk kesenangan hati atau untuk menjadikan burung kita juara diarena yang diperlombakan.. namun demikian memelihara anis merah untuk berkicau saja memerlukan waktu yang cukup lama….dan memerlukan perawatan yang bagi saya sangat menyita waktu disamping harganya yang cukup tinggi untuk ukuran piyikan… sehingga memerlukan kesabaran…jadi bisa jadi 2012 anis merah akan bernasib seperti anis kembang menyendiri di pojok teras…. akan tetapi itu bagi penggemar lomba dan bukan bagi yang senang dengan keindahan suara dan penampilan gaya burung satu ini….

  28. Wah sayang sekali kalo sampe kelas anis merah harus turun pamor, hanya karena sang empunya susah mengorbitkan kembali jagoan nya. Apabila benar peserta susut itu mungkin faktor ikut ikutan. Ingat gak dulu kastanya AK yang sempet melejit tinggi diangkasa tiba tiba ada isu kalo AK itu gak ada seninya! gantang langsung ngerol,gak kayak AM ada telernya, nah sekarang ERA-nya AM lagi tinggi ada yang bilang jmlah dihutan menyusut, trus karakter yang susah nampil dll. Ini menandakan pemikiran masyarakat sebatas ikut ikutan. belum lagi ada isu ditabloid mengatakan : “masyarakat antusias memilih burung yang tidak repot dgn arti, perawatan alakadarnya,harga bakalan murah, tidak bingung mana cewek mana cowok”. Sekedar usulan, kita harus bisa membedakan mana kelas yang mempunyai seni tersendiri itu aja. Cos pemelihara anis (AM & AK) masihlah berjuang demi kejayaan yang pernah ada

    • Om Asrul, berarti anda piara burung cm ikut2an yg lg ngetrend ya? Sayang sekali, knp ga piara burung yg anda suka aja? Jgn ikut2an trend!

  29. belum tentu juga om, memang tingkat perawatan sulit tapi kalau sudah ketemu setingan yang pas anis merah akan gacor owor owor, disini kesabaran sangat di uji. kalau ingin beli anis jangan bahan asal tapi kalo bisa min yang sudah ngeplonk (memang mahal). Kita beli burung yang kita ambil suaranya bukan yang lain. Trotolan 100rb muahal bangeeet kalau ga bunyi, tapi 1jt murah jika sudah ngeplonk.Kebanyakan orang beli asal bahan, body ga prospek lagi (karena harganya murah) dengan tujuan kelak gacor dan bisa juara. Padahal butuh waktu lama untuk bisa bunyi, apalagi tidak sabar (mana tahan krg lebih 1 tahun hanya merawat saja), ya yg didapat cuma burung bisu akirnya putus aza.

  30. nyambung Om Rosyid…… Om,,,,, betoelll2 itu,,,,,,,,,, pas AM kita mau nampil …. tetep aja ga’dapat bendera besar, alasannya aja-aja ada.. (kurang ini-kurang inu…lah) karena yang punya bendera gede,,, emang si ‘akang’ itulagi-itulage……, Itu yag bikin malessss bawa anis ke lapang,,,,,,,,

  31. Am ngga gampang stress, buktinya tiap malem saya tanggap…tetap aja bunyi…Am bakalan burung bagus buat yang pengen latih kesabaran…..

    • nyobiananisbeureum : Am bakalan burung bagus buat yang pengen latih kesabaran….. hehehe kesabaran pengen ngejual ajah kali soalnya gak bunyi2 berbulan bulan bahkan bertahun tahun…..

    • Dari jaman ane SD ampe ane pnya anak sd,ane demen bgt ama AM biar kata 3 thn AM gk teler2 yg akhirnya ane yg teler dibikinnya ,stres jg sbnrnya piara AM tp disitulah nilai kbanGgannya,moga aja hadirin ada yg tau jurus baru ngrawat AM biar cpt teler,mohon petunjuknya

  32. Am gampang stres om, Perawtanya agk sulit tetangga saya, Am nya dh krng /lebih 2 taon gk teler n gak gacor.malah matanya katarak sebelah perawatan nya Full loh padahal

  33. Punya ingon2 tujuannya kita supaya released from the stress bukan nambahin stress jadi kalau kita punya AM yang gak bisa tampil ya kembalikan lagi pada tujuan kita, mau juara…atau penghibur hati supaya kita lepas dari segala kesibukan dan kepeningan aktivitas kita sehari hari, kepuasan manusia tiada batas (unlimited) itu yang perlu kita pahami.
    Masalah trend 2012 sepertinya AK akan mulai menggeliat lagi…

  34. Betul Om, kami sering rasan2 sama temen2, jangankan bagus, berharap bisa menampilkan AM aja sulit..itulah mengapa banyak yang malas memelihara AM..sudah tiketnya mahal.. burungnya juga nggak mo tampil.. komplit dah.. Stressss..

    • semakin bnyk juri yg gk adil alias matre(mata duitan ) semakin malas kicau mania,,,palagi yg pemula,,,
      TAK KENAL JURI MAKA JURI TAK SAYANG KITA,,,,kwkwkwkkwwk

Komentar ditutup.