Intermezo Tips-Sehat: Kulit semangka manjur atasi diabetes mellitus

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kulit semangka manjur atasi diabetes mellitusKulit semangka manjur atasi diabetes mellitus. Ya, padahal selama ini masyarakat hanya menyantap daging buah semangka yang kuning atau merah merona, kulit mereka campakkan di keranjang sampah. Padahal di kulit itulah terdapat beragam senyawa aktif yang tokcer mengatasi berbagai penyakit termasuk penyakit maut seperti diabetes mellitus. Itu terbukti secara ilmiah sebagaimana riset Sugiyanta, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sugiyanta menginduksi streptozotosin-pemicu diabetes melitus-pada 30 tikus wistar sebagai percobaan. Setelah itu ia memberikan  ekstrak  kulit  semangka dengan  beragam  dosis,  yakni  250  mg, 500 mg, dan 1.000 mg per kg bobot tubuh setiap hari. Lama pemberian 8 hari. Pemberian ekstrak kulit Citrullus lanatus itu menurunkan glukosa dan trigliserida tikus. Dosis optimal penurunan glukosa  500 mg, sedangkan dosis optimal penurunan trigliserida 1.000 mg.

Kuning unggul

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Diabetes melitus (DM) atau kencing manis merupakan penyakit dengan indikasi peningkatan kadar gula darah akibat gangguan metabolisme tubuh. Pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akibatnya,  kadar glukosa darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan insulin. Insulin berperan mempertahankan kadar gula darah dalam keadaan normal.

Seseorang positif menderita diabetes mellitus jika kadar glukosa puasa lebih dari 126 mg/dl atau lebih dari 200 mg/dl pada 2 jam setelah makan. Pasien penderita diabetes di dunia mencapai 350-juta orang. Dari 10 orang dewasa di seluruh dunia, satu di antaranya mengidap diabetes. Data Profil Kesehatan Indonesia menunjukkan, pada 2005-2006 diabetes peringkat ke-9 penyakit tidak menular penyebab kematian di rumahsakit seluruh.  Pada 2007, naik menjadi peringkat ke-6 penyebab kematian dengan proporsi kematian 5,7%.

Bagaimana duduk perkara semangka mengatasi diabetes mellitus? Sugiyanta menduga kulit semangka mengandung citrulline-penghasil nitrit oksida. Nitrit oksida mampu menurunkan glukosa darah dan trigliserida tikus pengidap diabetes. Periset menjelaskan, citrulline berguna dalam sistem nitrit oksida manusia yang berpotensi sebagai antioksidan dan vasodilatasi alias melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh ke jaringan yang membutuhkan.

Menurut Agnes M Rimando dan Penelope M Perkins Veazie dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, kadar citrulline dalam semangka 3,9-28,5 mg per gram  bobot kering. Kadar citrulline tidak berbeda jauh antara semangka berbiji dan nonbiji, masing-masing 16,6 mg dan 20,3 mg per gram bobot  kering. Periset itu menghitung, citrulline semangka berdaging merah  (7,4 mg) lebih sedikit dibanding semangka berdaging kuning (28,5 mg) dan jingga (14,2 mg).  Nah, kadar citrulline pada kulit semangka mencapai 24,7 mg, ternyata lebih banyak daripada daging buah yang hanya 16,7 mg.

Plus sirih

Di kalangan herbalis, kulit semangka bukanlah herbal baru. Maria Margaretha Andjarwati, herbalis di Jakarta Utara, mengenal kulit semangka sebagai antidiabetes sewaktu kecil. Saat itu sang paman yang terkena diabetes kondisinya membaik setelah mengonsumsi jus kulit semangka resep dari neneknya. Maria kemudian meresepkan setengah bagian buah semangka ukuran 3-4 kg yang dibuang kulit terluar.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ia menambahkan 10 cc air, mem-blender, hasilnya siap konsumsi sekali satu hari. Maria menyarankan, sebaiknya pasien diabetes menghindari konsumsi daging buah karena rasanya manis. “Yang digunakan hanya kulit putihnya,” ujarnya. Jika kondisi pasien kronis-indikasinya muncul luka-tambahkan sirih merah dan kulit manggis. “Sirih merah berfungsi sebagai antibiotik dan mengeringkan luka, sedangkan kulit manggis berperan sebagai antidiabetes,” ujar Andjarwati.

Rebus selembar daun sirih merah dan potongan satu buah kulit manggis dalam satu gelas air. Gunakan air rebusan itu untuk memblender kulit semangka. Jika kondisi pasien sudah membaik, konsumsi menjadi 3 hari sekali. Herbalis di Yogyakarta,  Lina Mardiana, memanfaatkan kulit semangka untuk melancarkan urine. Ia memotong-motong 2 irisan buah semangka beserta kulit putih dan biji. Kemudian blender dengan segelas air, minum rutin 2 kali sehari, pada pagi dan malam.

Kulit bagian dalam berwarna putih juga berkhasiat sebagai masker wajah untuk memperkecil pori dan memperhalus kulit wajah. “Bagian kulit semangka berwarna putih bersifat dingin,” ujar Lina. Haluskan bagian putih kulit semangka  dengan blender lalu campur dengan 1 sendok madu dan putih telur. Usapkan larutan ke wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bilas. Bila ramuan itu dipakai rutin niscaya kulit menjadi segar dan halus.

Kulit semangka bagian luar yang berwarna hijau berkhasiat sebagai penghalus kulit kaki yang pecah-pecah. Caranya tumbuk kulit bersama satu sendok madu. Kemudian gosok-gosokkan ke kulit kaki. Getah dari kulit semangka membuat pedih, tetapi kulit kaki menjadi halus dan ringan jika penggunaannya setiap hari.

Manisan atau Sup Sama Lezatnya

Jika kebanyakan orang membuang kulit semangka, Sanita Wahyu Lestari di Cilandak, Jakarta Selatan, justru mengolahnya menjadi penganan enak,  yakni  manisan.  Ia mengupas  kulit terluar berwarna hijau hingga tersisa bagian dalam berwarna putih. Sanita lalu mencuci bersih bagian itu dan memotong berbentuk persegi panjang berukuran 3 cm x 4 cm. Ia dan rekannya, Tria Wulandari, juga membentuk kulit semangka menyerupai hati menggunakan cetakan  kue  supaya  lebih  menarik.

Mereka lantas memasukkan potongan kulit semangka aneka bentuk itu ke wajan dan menambahkan 125 g gula pasir, dan mengaduk sampai rata. Nyalakan kompor saat kulit semangka mengeluarkan air. Setelah itu tambahkan pewarna makanan, aduk sampai tepi  potongan  kulit terlihat bening. Angkat manisan dan angin-anginkan sampai kering. Untuk  mempercepat  pengeringan,  gunakan  oven  bersuhu 160oC  selama 15  menit.

Selama pengeringan, buka pintu oven tetap agar uap air tidak terperangkap di dalam dan menyebabkan tekstur manisan alot. Manisan kulit semangka tahan simpan selama 2 pekan jika disimpan dalam lemari pendingin. Kulit buah Citrullus lanatus itu juga bisa dibuat penganan lain yang tak kalah enak seperti  sayur bening, isi lumpia sebagai pengganti rebung, setup buah, tumis, dan sayur godok.

Untuk membuat sayur bening,  potong-potong kulit semangka berbentuk korek api. Rebus potongan kulit semangka bersama 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, bayam, tomat, dan temukunci. Tekstur sayur kulit semangka mirip seperti sayur labu siam. (Desi Sayyidati Rahimah/Peliput: Pranawita Karina dan Riefza Vebriansyah/trubus-online.co.id)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.