Walang ngapak, suaranya lebih yahud ketimbang suara burung cililin

Walang ngapak

Pernah mendengar serangga bernama walang ngapak? Ya tentu Anda baru mendengarnya dari blog ini. Sebab, nama walang ini adalah pemberian kami bersama – Duto, Joko Zindicat, Dwi Lovebird Jogja dan Wahyudi- untuk belalang atau walang yang kami “temukan” di perjalanan  pulang malam hari dari Banjarnegara pada Minggu 19 Februari 2012. Suaranya rapat dan pajang dan jika digunakan untuk memaster burung tertentu, menurut saya, justru lebih yahud ketimbang suara burung cililin.

Cerita berawal ketika kami dalam perjalanan pulang dari menginap selama dua malam di rumah Om Rangga, di Punggelan Banjarnegara. Punggelan, sebuah kecamatan di Banjarnegara, ternyata jauhnya minta ampyun deh dari pusat kota Banjarnegara. Padahal promosi Om Rangga, suami dari Tante Ulfa ini, rumahnya berada di kota… wekekeke… ternyata waduh banget.

Tetapi nggak apa-apa. Soalnya, di sana asyik sekali. Selain bisa bercengkerama dengan kakaktua-kakaktua peliharaan Om Rangga, saya dan kawan-lawan dijamu aneka kuliner khas Banjarnegara dan sekitarnya. Sebut misalnya soto Sukaraja yang berbumbu kacang, mie ongklok (yang sebenarnya adalah makanan khas Wonosobo) dan ini nih… es durian khas Purbalingga.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Rangga dan burung-burung kakatua
Om Rangga dan burung-burung kakatua

Tujuan perjalanan utama saya sebenarnya adalah mancing di Waduk Mrica. Sementara untuk teman lain dari Jogja dan Solo, ditambah Om Toni Bajak Laut Cilacap, adalah nonton lomba burung di kompleks Pertamina Banjarnegara. Karena Waduk Mrica airnya sedang keruh, ikan gabus yang saya pancing dengan cara casting tidak ada yang nongol.

Nah ketika dalam perjalanan pulang itulah saya mendengar suara khas serangga malam yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Yang saya yakin, itu adalah suara belalang atau walang, tetapi saya tidak yakin walang jenis apa dan bagaimana bentuknya. Dan yang membuat saya penasaran adalah suara kecreknya yang rapat seperti rapatnya suara burung cililin, tetapi panjaaaang tanpa jeda.

Saat itu juga saya minta mobil dihentikan dan kami segera berhamburan mencari keberadaan belalang bersuara asyik tersebut.

Pada usaha pertama, kami gagal menangkap belalang itu karena sulit sekali menemukan keberadaan meraka yang tersembunyi di sela-sela pohon salak dan pohon perdu yang berada di pinggir jalan yang kami lewati. Namun kami berhasil merekam suaranya.

Baru pada pencarian kedua dan ketiga di tempat berbeda. Kami menemukannya. Ternyata, tampilan walang ini hampir sama dengan walang kecek, tetapi sayapnya lebih lembut.

Karena kami bingung menyebut walang ini sebagai walang apa, saya sebenarnya mau menyebut sebagai walang Banjarnegara. Hanya saja Om Joko usul diberi saja nama “walang Ngapak”. Dan kami sepakati hehehe.

Mengapa ngapak? Ya ini adalah dialek Banyumasan. Bahasa ngapak adalah kelompok bahasa Jawa yang dipergunakan di wilayah barat Jawa Tengah. Untuk mengetahui apa itu ngapak, silakan saja baca ini.

Bagaimana suaranya?

Silakan dengar dulu:

Kalau mau suara yang lebih tajam dan jernih, mohon ditunggu ya, sedang kita olah.


Walang atau belalang ngapak

Kalau Anda ingin mendownload suaranya dalam format MP3, silakan diklik saja tulisan download di bawah ini:

DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

14 Comments

  1. Lam knal,ne pmula sglnya.mhn bmbngannya trtma u/ yg 1 ne.yaitu burung.

    lngsng mw tnya ne om burung pntet biar cpet mkan voer crnya gmn,trz kl udah prnh ngrwik tp sy gnti sngkar it.mslh ea om.skrng mw ngrwik pas pagi buta

  2. wah .. terima kasih kunjungan nya ke banjarnegara om duto dan kawan-kawan .. sya tunggu lagi kedatangan selanjut nya … semoga di hari esok sya sudah bisa menjamu dengan lahir nya baby kakak tua . mohon bantuan nya kawan-kawan sekalian ..
    dan untuk suara walang nya memang mantapp… kecrekan kasar dan panjang.. malah sya sendiri pribumi daerah sini belum sempat mengettahui jenis walang tsb..

    trima kasih …

  3. Om mau nanya pola perawatan dan pemasteran murai batu yg baik tu sprti pa? Trus waktu yg tepat utk pemasteran slain malam dan siang hari,kira2 bs dilakukan kapan? Trm ksh salam kicau mania

  4. udah liat gambar en download suaranya om en kalo ditempatku namanya walang godong alias belalang daun om he he e he, thank infonya…

Komentar ditutup.