BOB Papburi Solo 11 Maret: Tetap dicari, kenari dengan lagu terbaik

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

logo papburi soloSampai saat ini ada anggapan dari di kalangan penghobi burung kenari bahwa kenari dengan isian blackthroat bakal mendapat poin tertinggi dalam setiap even yang digelar Papburi. Benarkah demikian? Puguh Laropstars, mewakili panitia Papburi Solo menegaskan Papburi akan tetap pada pakem mencari lagu kenari yang terbaik, dan hal itu merupakan bagian dari penghargaan kepada para pemaster kenari.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Apa yang dimaksud dengan kenari lagu terbaik, atau penghargaan terharap para pemaster itu? “Lagu terbaik itu artinya sesuai pakem awal Papburi, bobot tertinggi adalah variasi lagu, kemudian panjang pendek lagu, dan volume adalah yang terakhir,” kata Om Puguh Laropstars (Widyatmoko) sebagaimana dilaporkan Waca untuk OmKicau.Com.

Puguh Laropstars
Puguh Laropstars

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penjelasan ini dimaksudkan untuk meneguhkan bahwa Papburi tetap beroritentasi pada kenari-kenari yang sudah dimaster bukan kenari standar. Sebagaimana diketahui, pada 11 Maret mendatang, Papburi Solo akan menggelar kontes “Best of The Best “ yang seperti even sebelumnya digelar di Pendapa Ndalem Ngabeyan, Baluwarti, Solo (cek artikel “Jadwal Lomba burung Papburi Klaten dan Solo, full enjoy non-teriak“).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selama ini, ada asumsi yang kurang pas dari sejumlah peserta yang biasa turun di Papburi, baik Jogja, Klaten, maupun Solo. Mereka menganggap para juri Papburi begitu mengagungkan isian import terutama blackthroat. Sebagus apa pun, tanpa isian blackthroat, tak akan dilirik oleh juri.

Terhadap anggapan itu, Puguh membantahnya. “Saya kira itu tidak benar. Lagu terbaik itu bukan soal jenis isiannya, katakanlah blackthroat. Blackthroat kan hanya  salah satu yang biasa digunakan untuk memaster. Master lain seperti jalak uren, glatik wingko, juga ada. Yang paling utama adalah bagaimana si kenari membawakan lagunya, apakah enak dan merdu didengar, apakah nyambung atau patah-patah. Bahkan kalau hanya blackthroat saja, saya kira itu sudah biasa. Tapi kalau bisa ada variasi lain seperti jalak, glatik, ciblek, dan dibawakan dengan baik, itu baru unik dan istimewa. Contohnya begitu. Jadi sekali lagi, yang dimaksud lagu terbaik itu tidak identik dengan lagu blackthroat.”

Artikel Terkait:

1. Jadwal Lomba burung Papburi Klaten dan Solo, full enjoy non-teriak
2. Jadwal terbaru lomba burung berkicau Agrobis Burung Minggu IV Februari 2012

Jadwal Lomba Papburi Solo 11 Maret 2012

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. As om, saya punya kenari pejantan, pi mental tarungnya ga ada.. Ajarin cara ngatasinya om biar gacor n mau di bawa kontes kayak burung2 lainya.. Salam kenal om tarul dri riau

Komentar ditutup.