Pasar burung Sindu Mataram (Wajah Pasar Burung Indonesia-3)

Kegiatan latihan burung bersama (Latber) yang secara rutin digelar setiap dua pekan sekali di Pasar Sindu Mataram membuat perburungan di Lombok tetap bergairah. Transaksi burung di wilayah Bumi  Gora pun selalu ramai di pusat jual beli burung yang berada di pusat kota itu.

Di Pasar Sindu, selain dijual berbagai jenis burung untuk rumahan dan lomba, juga tersedia perlengkapan burung mulai dari sangkar sampai pakan. “Saya pindah dari Satria Denpasar karena di sini mulai ramai,” kata Pak Muksar.

Yang terasa istimewa dari Pasar Sindu adalah harga burung-burung lokal yang begitu murah. Misalnya anis kembang yang sudah ngeplong, dibuka dengan harga mulai 400 ribuan. Sedangkan untuk harga sampai 1 juta, tentu sudah bisa tampil di lapangan. Bahkan yang juara I di lomba pun bisa didapatkan hanya dengan 2,5 jutaan.

Sedangkan untuk burung piyikan, ketika sudah memasuki musim panen, harga bisa berada di bawah 200 ribuan-an. “Maklum di sini kan gudangnya anis kembang,” papar Sujiatmoko.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung Kecial atau Pleci- Burung yang banyak dijual di Pasar Burung Sindu Matatam
Burung Kecial atau Pleci- Burung yang banyak dijual di Pasar Burung Sindu Matatam

Namun biasanya, jika memang sudah memasuki musim anakan anis kembang, pada bulan Januari, maka burung-burung itu sudah langsung dikirim pengepul ke Pasar Satria atau agen di Bali untuk selanjutnya dikirim ke Jawa.

Meski anis kembang begitu melimpah di Lombok,  tetapi burung yang paling banyak terdapat di Pasar Sindu adalah jenis kecial kombo. Burung jenis ini banyak dijual di sana, mulai dari kondisi piyik, dewasa maupun yang sudah gacor. Harganya berkisar 150.000 per ekor. (Bersambung, Sumber: Agrobis Burung)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

7 Comments

  1. Pleci di Lombok nggak semahal itu Om… Piyik dibuka 25rb-40rb sedang yang gacor mulai 75rb, walau di Lombok lagi musimnya pleci. Yang sekarang cukup mahal malah Anis Kembang. Trotolan saja dibuka mulai 350rb (Pasar Sindu, Mataram).
    Kalo mau yang lebih murah, sebaiknya ke pasar tradisional. Di Lombok, masing2 pasar tradisional punya hari khusus buat jual-beli burung. Anis Merah & Anis Kembang hasil tangkapan hutan yang sudah makan voer dibuka mulai harga 50rb.

  2. Apapun topiknya, jika dibahas, dikupas dan ditulis sama Om Duto pasti menarik.
    1 kata buat beliau Mantap + top markotop Om
    Salam,

Komentar ditutup.