Mengadopsi kontes burung Papburi, Yayasan BnR akan gelar LEB

lmron Surabaya: Perlu pakem penjurian

Imron Surabaya
Imron Surabaya

Konsep lomba lebih banyak menguntungkan peserta. Artinya 10 burung yang berada di gantangan bisa dilihat oleh semua pihak. Baik juri, panitia, pemilik burung serta penonton.
Semua bisa menyaksikan kinerja burung. Maka jika burung menang dalam pertarungan di situ, merupakan suatu kebanggaan yang sangat luar biasa.

Perlu ditegaskan pakem penjurian untuk menentukan masing-masing kelima jenis burung yang dikatagorikan Iayak sebagai juara. Tujuannya untuk menghindari kebingungan kicaumania.
Misalnya pada jenis kenari. Pada jenis burung ini sangat rawan untuk menentukan mana yang layak sebagai juara. Secara seksama kenari dalam melantunkan suara dan lagu hampir memiliki kesamaan. Akan ada perbedaan pada irama lagu serta cenkoaan. Lantas bagaimana yang glender pada kenari isian.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Intinya penyelenggara harus punya pakem yang jelas dan tegas dilaksanakan.

Sebagai contoh lagi, pada murai batu, mana yang akan dipilih sebagai juara bila ada murai batu yang ngerol dan mengeluarkan tembakan pendek tapi rajin dbanding yang ngerol dan tembakannya hanya beberapa kali lebih tapi tembus di arena.

Di sinilah terkadang tingkat stabilitas burung kerap diabaikan. Umumnya lebih mengutamakan kualitas. Fakta seperti ini yang kerap menjadi perdebatan antara panitia dengan pemilik burung.
Termasuk pada lovebird yang sama-sama gacor, bunyi dengan durasi panjang namun satunya irama lagu standar lovebird dan satunya berirama lagu banyak yang bagus juga. Pada kacer, selain gaya yang menjadi kekhasan burung tersebut, patut dijelaskan kepada publik mana yang dipilih, apakah ngerol atau nembak.

Jika bisa berlanjut akan tercipta sebuah lomba yang benar-benar berkualitas.

1. Heru Sedan Jogja
2. Eko Zulis Semarang
3. Emon Jakarta
4. H Elviano Indramayu
5. Akiat Surabaya
6. lmron Surabaya
7. Stepy Bali
8. Hartono Laros Bali
9. Ronny Darmawansyah Bali
10. Tomy Lampung
11. Yoyok Lindu Aji Semarang
12. Heru Jakarta
13. Gunawan Jakarta

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

5 Comments

  1. Sebenarnya υϑάh waktunya BNR mengadakan lomba mirip PAPBURI, ќàяεήà menurut pendapat Ŝαųα pada lomba seperti ini ќÍŢª bisa benar2 memantau kemampuan burung yg kita lombakan. Saya pribadi mεrαsα dng mengikuti lomba spt papburi ini,KALAH atau MENANG benar2 MΕRΑSΑ PǙΑƧ. Yang menang benar2 kelihatan berkualitas,yg kalah benar2 memang kelihatan benar2 kalah. Isian, durasi, volume, maupun gaya disini benar2 terpantau JURI dng Ɓάik sehingga tdk menimbulkan ϐäπγάќ protes dr peserta lomba. Btw sy pribadi setuju dng BNR yg akan mengadakan LEB ini. Ayo maju trs …..

Komentar ditutup.