Menelisik trah dan anak cucu burung lovebird Golden Boy

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Wajah Lovebird Golden BoyAnda sering mendengar nama burung lovebird Golden Boy di arena lomba? Kalau yang dimaksud adalah nama Golden Boy yang moncer sebagai jawara I di kontes burung Papburi 11 Maret 2012, maka inilah sekilas cerita lovebird yang cukup melegenda itu.

Golden Boy sebagai nama burung lovebird memang bukan nama paten. Siapa saja boleh menggunakannya, sebagaimana halnya nama Bejo, Slamet, Alexander, Joice atau Marfuah untuk nama orang. Bebas.

Masalahnya, saat ini di pasaran banyak orang mengatakan punya lovebird yang tersangkut-paut dengan Golden Boy yang sampai anak turunnya dibreeding oleh Om Dwi Lovebird Jogja dan selama ini diturunkan di arena lomba sekaligus dibreeding Om Julianto (Yuli) Solo Baru. Bahkan sejumlah orang pernah kena tipu daya oknum yang membawa-bawa nama Golden Boy peliharaan Om Dwi Lovebird – Om Yuli.  Bukan hanya merugi sejuta dua juta, tetapi sampai puluhan juta rupiah.

Lovebird Golden Boy
The Real Golden Boy DT Bird Farm Sleman – Julianto Solo Baru

Bahkan ada yang menyebut-nyebut punya lovebird indukan yang melahirkan Golden Boy, dan menjual “anak turunnya” yang punya kualitas jawara sebagaimana Golden Boy. “Lha kan itu menggelikan. Golden Boy itu lovebird imporan yang kita dapat dari pemain Solo beberapa tahun lalu ketika namanya belum mocer,” kata Om Julianto saat mampir ke Griya Kicau, Kartasura, bersama Om Dwi dan sejumlah kawan lain.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung tersebut dibeli tanpa mendengarkan suaranya terlebih dahulu dan hanya mengandalkan feeling atas body dan performa perilakunya. Untuk ukuran harga tahun 2004 – saat transaksi- harganya sudah relatif mahal Rp. 1 juta karena usianya juga masih sekitar 3 bulanan.

Juara 1 lebih dari 50 kali

Om Yuli seusai gantang GB di Kontes Papburi
Om Yuli seusai gantang GB di Kontes Papburi

Hingga kini, Golden Boy yang bejenis kelamin betina dan menurunkan beberapa anakan dan cucu dengan sejumlah pejantan pilihan tersebut sudah mengoleksi juara 1 tidak kurang dari 50 kali di beberapa arena lomba. “Untuk predikat juara lain di jajaran 10 besar, sudah tidak kita ingat berapa kali mendapatkannya,” kata Om Yuli.

Golden Boy termasuk betina tangguh dan tahan stress. Terbukti ketika menyabet juara 1 gelaran Papburi Solo 11 Maret lalu, dia sedang mengerami telor. Tanpa persiapan apa-apa, dia dibawa ke gelaran tersebut dan sepulangnya di rumah langsung dimasukkan kandang lagi untuk melanjutkan pengeraman dan telor-telornya tetap saja menetas…

Kok tega amat sih saat mengeram kok dibawa ke arena lomba? “Ya itu sekadar karena rasa geregetan saja karena banyak orang bilang menyimpan Golden Boy atau anak turunnya. Kalau yang dimaksud Golden Boy lain kita nggak peduli, tetapi selalu saja disangkut pautkan dengan nama Golden Boy yang selama ini saya pegang,” ujar Om Yuli.

Pasangan pastel putih

Om Dwi yang saat itu datang juga di Griya Kicau mengatakan Golden Boy sudah dipasangkan dengan beberapa pejantan pilihan. Dengan lovebird pastel putih dari Tegal, menurunkan beberapa anakan betina yang diberi nama Golden Star (GS) 1, GS 2 dan seterusnya dan saat ini dibreeding  di penangkaran DT BirdFarm (di rumahnya di Griya Taman Asri Sleman). Dengan pastel putih itu juga menurunkan beberapa lovebird jantan.

Anakan Golden Star 2 antara lain menurunkan Golden Killer (GK) 1, GK2 dan GK 3. Beberapa anakan itu (GK) saat ini juga sudah menjadi indukan di DT BirdFarm.

Pasangan pastel kuning

Pasangan berikut Golden Boy adalah lovebird pastel kuning dari Surabaya yang menurunkan beberapa burung jawara antara lain adalah Golden Love (betina). Golden Love sendiri beranak pinak dengan anak-anak yang dilabel dengan nama Golden Boy 2, Golden Boy 3 dan seterusnya. Dari Golden Boy 3 inilah muncul salah satu burung yang sudah moncer semasa muda, New Golden Star.

Dengan pejantan pastel kuning tersebut juga didapat anakan jantan (menjadi salah satu indukan di DT BirdFarm) dan satu ekor jantan yang hilang dicuri maling.

Pasangan hijau kepala merah

Pejantan berikut untuk Golden Boy adalah lovebird hijau kepala merah. Keturunan dari pasangan ini antara lain adalah Primadona, Primajaya dan Golden Boy Junior. Burung-burung itu sudah berpindah tangan ke pemain Solo, Pontianak dan Surabaya.

Siapa saja mereka? “Jangan ditulis Om, biar kalau orang mau konfirmasi jika suatu saat ditawari lovebird yang menyeret-nyeret nama Golden Boy bisa telepun saja ke saya untuk memastikan benarkah seseorang adalah pemegang anak cucu Golden Boy milik kita,” kata Om Yuli.

Yang jelas, salah satu cucu keturunan Golden Boy dengan lovebird hijau kepala merah tersebut, saat ini dirawat Om Rangga Banjarnegara yang diberi nama Mutiara Bintang Punggelan dan sudah beberapa kali koncer di arena lomba.

Pasangan kepala mas

Pasangan berikut Golden Boy adalah lovebird hijau kepala mas yang melahirkan 3 ekor anakan. Anakan-anakan GB dengan kepala mas ini saat ini menjadi indukan-indukan di DT BirdFarm dan penangkaran Om Yuli di Solo Baru.

Anak turun Golden Boy dengan kepala mas tersebut antara lain adalah Super Boy Junior, New GB 1, New GB2 dan lain-lain.

Demikian sobat sekelumit cerita anak turun dan trah Golden Boy. Untuk konfirmasi mengenai silsilah Golden Boy ini – jika suatu saat ada yang menawari Anda lovebird yang menyangkut-nyangkut nama Golden Boy DT BirdFarm, silakan menghubungi Om Yuli (Julianto Prasetyo) – telepun 08995279499 dan 085729158884.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.
+++

PERAWATAN STADAR WAJIB BURUNG LOVEBIRD JAWARA

A. BirdVit
Multivitamin lengkap untuk rawatan mingguan.

B. BirdMineral
Mineral lengkap dan seimbang untuk rawatan standar mingguan burung Anda.

C. FreshAves
Anti kutu baik flea maupun air sac mite yang berkembang di luar tubuh, anti semut, anti jamur dan parasit lainnya.

D. AscariStop
Obat cacing untuk berbagai jenis cacing penyebab burung macet bunyi, macet produksi, kurus, mudah terserang penyakit lain.

REPRODUKSI LOVEBIRD (PENJODOHAN, PENANGKARAN)

A. BirdMature Serbuk
Multivitamin dosis tinggi untuk memacu fertilitas/ kesuburan burung lovebird. Pemberian dilakukan dengan dicampurkan ke cacahan sayur (kangkung) selama 5-6 hari.
B. TestoBird dan EstroBird
Hormon perangsang produksi testosteron dan estrogen pada burung-buirung penangkaran, khusus untuk penjodohan burung lovebird dan kenari atau jenis finches lainnya.

TestoBird adalah penambah (dan perangsang produksi) hormon testosteron pada burung jantan.

EstroBird adalah penambah (dan perangsang produksi) hormon estrogen pada burung betina.

PAKAN KHUSUS


UNTUK PERINCIAN LEBIH LENGKAP DAN BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA SILAKAN KLIK DI SINI

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

7 Comments

  1. Sya sdh mengira om duto,psti bnyak yg menawarkan anakan yg mengaku dri induka GB,,alangkah baiknya jika tlfon lgsg ama om yuli sndiri jika mau beli lb yg mengatasnamakan GB.setuju bgt om,GB emang nama yg cukup legendaris di kalangan km khusunya lb mania,,,sukses slalu om yuli,om duto dan om2 smuanya,,matur suwun atas infonya om duto.

  2. Ulasan Чάπƍ mantap, trims omkicau. Semoga tidak ada ℓɑ̣̇ƍίê Чάπƍ tertipu dengan mengatas namakan trah / turunan Golden Boy. Sukses buat om kicau, juga buat om Dwi dan om Yuli.

  3. mantap mbah duto .. dengan artikel ini semoga para LOOSER di luar sana tidak lagi membuat sensasi2 PALSU yang mengatas namakan GOLDEN BOY atau pun keturunan nya ….
    dan saran2 untuk sobat omkicau.com dan KM lainnya … agar tidak terlalu cepat percaya dengan LB yang mengatasnakam trah GOLDEN BOY, sebaik nya agar berkonsultasi dahulu dengan Om duto, Om Dwi, Om Yuli atau pun saya sendiri.
    semoga hal2 buruk yang menyangkut penipuan mengatas namakan LB legendaris GOLDEN BOY tidak terulang lagi.

    salam Kicau Mania sobat

  4. Luar biasa dampak dr nama GB ini. sehingga banyak pemalsuan atau mengatasnamakan dan banyak yg dirugikan. semoga mereka cepet insaf. btw GB ini termasuk jenis warna apa ya om? mksh atas jwbnya. Salam sukses selalu buat GB, Om Dwi and Om Duto tentunya.

Komentar ditutup.