Alat musik tertua terbuat dari tulang burung dan gajah purba

Alat musik tertua iconTahukah Anda bahwa salah satu alat musik tertua terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba? Demikianlah hasil penelitian yang dilakukan para arkeolog seperti dimuat dalam Journal of Human Evolution dan dilansir BBC.

Alat musik tiup yang menyerupai flute itu ditemukan di sebuah gua di Jerman. Hasil uji karbon menunjukkan alat musik tiup itu berusia antara 42 ribu dan 43 ribu tahun. Artinya tidak jauh berbeda dengan usia tulang-belulang hewan purba yang juga ditemukan di gua Geissenkloesterle di kawasan Swabian Jura, Jerman.

Alat musik tertua
Alat musik tertua
Alur Sungai Danube - tempat ditemukannya situs alat musik tertua yang terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba
Alur Sungai Danube – tempat ditemukannya situs alat musik tertua yang terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba

“Ini juga membuktikan keberadaan manusia modern, Homo sapien di wilayah Eropa,” ujar Prof Tom Higham dari Universitas Oxford sebagaimana ditulis dalam Journal of Human Evolution itu.

Sementara Prof Nick Conard, peneliti  Universitas Tuebingen yang melakukan penggalian di situs tersebut pada 2009 lalu, meyakini alat musik tersebut adalah alat musik tertua di dunia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Temuan ini menjadi bukti bahwa Sungai Danube merupakan jalur penting perpindahan manusia modern. Juga pusat perkembangan teknologi Eropa tengah pada masa itu. “Ini membuktikan manusia modern lebih unggul ketimbang manusia Neanderthal,” tandasnya. (JPNN)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.