Raja Gedek Mr Yayang turun di kelas Kenari Om Kicau di KM Cup VI Ungaran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kenari Raja GedekRaja Gedek, kenari andalan Mr Yayang Kalimantan Tengah, dipastikan turun di Kelas Kenari Om Kicau Lomba Burung KM Cup VI di Ungaran 3 Juli 2012. Kepastian itu disampaikan Aditya Salatiga yang selama ini merawat burung tersebut.

Raja Gedek bukanlah burung kemarin sore. Namun disebutkan oleh Aditya memang baru selesai mabung. Mulai nampil lagi saat mengikuti laga Cokro Kembang Cup Klaten beberapa waktu lalu. Saat itu meraih juara 1. Kemudian ditampilkan lagi pada laga Danyon 411 Salatiga (20/5), juga meraih juara 1.

Aditya pun kini menyiapkan Raja Gedek agar bisa tampil maksimal di even KM Cup VI di RM Indah Sari, Karangjati, Ungaran, 3 Juni 2012.

“Kalau materi sih oke-lah, kita optimis bisa bersaing dengan yang lain. Ada isian blackthroat, volume memadai, gacor, dan panjang-panjang. Tinggal lihat bagimana penampilan di lapangan besuk. Kalau tampil, kita optimis bisa pulang membawa prestasi.”

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Aditnya mengakui, persaingan di Ungaran bakal berlangsung seru dan ketat, sebab sejumlah kenari top juga bakal turun di sini. “Kalau urusan kenari, jagoan di blok tengah, khususnya dari Solo, Klaten, Jogja itu secara umum bagus-bagus, terutama materi isian lagunya. Orang-orang sini pinter milih calon jagoan dan kemudian telaten memberi master dan kemudian memoles supaya mau tampil di lapangan. Prediksi saya, kelas kenari bakal terjadi pertarungan yang sangat menarik,” imbuh Aditya.

Pemain Kalteng andalkan Salatiga

Kemunculan kembali Raja Gedek memang semakin menguak “persaingan” di kalangan kicuamania Kalimantan dalam berbagai ajang kontes di Jawa, khususnya blok tengah. Jauh sebelum munculnya nama H. Fitri BKS, sudah ada terlebih dahulu nama Yayang, bos Aneka Sport, toko peralatan olah raga di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah.

Sudah sejak lama Yayang mempercayakan burung-burungnya yang ada di blok tengah kepada Aditya Salatiga. Entah kebetulan atau tidak, dua nama yang muncul berikutnya, yaitu Mr. Chandra Pontianak dan kemudian H. Fitri BKS dari Samarinda, juga menempatkan jagoannya di Salatiga. (Mr Chandra kepada Made dan kawan-kawan, H. Fitri kepada Tedy dkk).

Bahkan, sesungguhnya juga masih ada satu nama lagi yang juga banyak tinggal di Kalimantan, yaitu Drs. Suprojo WS, yang sebagian burungnya juga ada di Salatiga, di tangan Agus Nasa dan kawan-kawan.

Jadi, “persaingan” itu bila dirunut mengerucut ke blok tengah, tepatnya di Kota Salatiga.

Perawatan Raja Gedek

Aditya dan Raja Gedek
Aditya dan Raja Gedek

Untuk mempersiapkan diri ke Ungaran dan even lain seperti Piala Raja pada 8 Juli di Taman Candi Prambanan, Aditya pun membeberkan perawatan Raja Gedek selama ini.

Aditnya mulai merawat pada pagi, sekitar jam 7 dikeluarkan, langsung masukkan ke bak mandi. Setelah mandi, berikutkan adalah berjemur untuk mendapatkan hangatnya sinar matahari pagi sampai sekitar jam 9.

Selanjutnya, diangin-anginkan dulu untuk menyesuaikan diri, kemudian dikerodong sampai pagi besuknya lagi. Pakan harian, selain biji-bijian sebagaimana kenari pada umumnya, ditambah sawi putih.  Kalau mau lomba, hari Jumat dan Sabtu diberi telur dan apel.

Perawatan selama di lapangan: dikeluarkan dari mobil, kemudian mandi dan jemur sebentar, diberi 15 butir kroto, kemudian diangin-anginkan. “Tapi harus dipastikan jauh dari musuh supaya tidak tarung. Bunyi awal tidak masalah, tapi setelah itu dikerodong lagi, supaya istirahat, menunggu sesi untuk digantang.”

Lagu andalan dari Raja Gedek adalah isian blackthroat yang disebutkan Aditya sudah “matang”, sehingga selama di rumah tak perlu lagi ditempeli dengan burung master.

Raja Gedek lahir di kandang breeding milik Aditya Salatiga, mengenakan ring DITYA, dengan demikian, sejak lahir sudah dirawat, dibesarkan, dimaster dan dipoles oleh Aditya sendiri. (Waca – Jogja)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.