Sarang bersih dongkrak produksi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Terkadang peternak lupa membersihkan sarang lantaran enggan masuk kandang. Padahal menjaga kebersihan sarang merupakan salah satu faktor utama untuk mendongkrak produktivitas indukan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sarang yang sudah dipakai tetap saja dibiarkan untuk yang kedua kalinya akan memicu bersarangnya binatang-binatang kecil sejenis kutu, yang ujung-ujungnya membuat indukan malas bersarang.  Sementara pilihan untuk mencari tempat sarang yang lain sudah tidak ada karena di dalam kandang hanya tersedia satu.

“Sarang yang kotor membuat indukan tidak mau bertelur dan jika bertelur bisa jadi di atas tangkringan,” papar Budi Hariono seorang penangkar murai batu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Karena itu disarankan agar sarang terbebas kotoran dan binatng-binatang kecil, pada setiap panen sarang ikut diambil. Sarang bagian bawah dari rotan bisa dicuci sampai bersih kemudian dijemur di terik matahari. Sementara di sekitar lokasi sarang sebaiknya disemprot dengan desinfektan untuk membasmi semut atau kutu yang ada di sana.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika kotak sarang sudah kering segera dicarikan ijuk dan dirakitlah sarang buatan. Ijuk yang halus ditempatkan dibagian tengah yang dilingkari ijuk berserat kasar. Lantas kembalikan lagi ke kandang karena setelah panen beberapa hari kemudian indukan akan membuat sarang. Untuk itu selain disediakan sarang yang sudah jadi, juga ditambahkan ijuk halus di sekitar kandang karena biasanya indukan suka membuat sarang sendiri untuk menghaluskan sarang yang sudah ada.

Berselang tujuh hari indukan akan bertelur kembali. ” Begitu seterusnya setiap habis panen sebaiknya sarang dibersihkan agar tempat bertelurnya benar-benar dirasakan nyaman,” pungkas Budi Hariono juragan Ojolali BF. (Agrobis Burung)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. Om Duto mao tanya nih LB aku dah lama angrem -+ 23 hr. tandanya apa Om klu itu dah netas.?.klu memang nggak jadi apa itu dibuang aja. atw di tunggu aja.? apa itu telur infertil.?

  2. nah itu masalah na om…pengalaman pertama kali belajar breeding,,ngk membersihkan tempatnya jadi males sang induk angkrem lagi…matur suwonn….

  3. Halo Om,
    Mau tanya nih Om,apakah itu berlaku pada lovebird?karena memang benar sarang LBku hampir jarang bisa dibersihkan n banyak hewan2 kecil2 dibawah sarang, bgmn mau mbersihkan sarang kalo dia indukan udah bertelur n angkrem sebelum anak2nya pada keluar gupon.
    matur suwuuuuuun……..

Komentar ditutup.