Suara burung cucak keling atau perling kumbang, tajam menyakitkan telinga

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Penah melihat burung berwarna hitam legam berkilau kehijau-hijauan bermata merah dengan suara melengking menyakitkan telinga? Bisa saja yang Anda lihat adalah burung cucak keling atau perling kumbang atau Aplonis panayensis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perling kumbang
Foto perling kumbang di Kampus USU difoto oleh Giyanto

Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), brling, kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu). Menambahan kata cucak di depan nama keling adalah hal salah kaprah karena burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.

Dengan body berukuran sedang (20 cm), burung perling remaja berwarna kuning tua, bercoret hitam pada bagian bawah, bercoretan coklat dan hitam pada bagian atas. Dengan iris mata merah, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.

Tempat hidup dan kebiasaan

Burung cucak keling mudah dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi daerah terbuka di dekat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.

Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang menempel pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit menggunakan material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suara burung cucak keling atau perling kumbang

Deringan suara khas “ciuw” dan”tcirr“, suara burung cucak keling terdengar menyakitkan telinga jika kita berada di dekatnya.

Nggak percaya? Coba dengan suara burung cucak keling dalam format MP3 di bawah ini:

Nah apakah Anda pengin mendownload suara burung ini? Silakan saja untuk mengklik gambar di bawah ini.

DOWNLOAD

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

7 Comments

  1. saya punya cucak keling.. bunyinya kalau ada suara motor atau mobil dan kalau hujan turun.. dan siang hari saja.. sdh mbeset mbeset dan ada telernya… apakah memang ini ciri khas nya cucak keling bunyinya seperti yang saya sampaikan diatas.. terimaksh

  2. mau nanya om duto
    kalo perling kumbang bisa dimaster ama suara apa ? Soalnya yang aku punya ke maSter ama suara yg jualam ice cream

  3. om perling yang di rumah kemarin udah ngeriwik kasar kok udah sehari ini ga bunyi lagi ya?perawatan nya susah seperti anis merah dan kacer ga sih??atau mudah seperti pleci??mohon pencerahan nya??

    • aku pernah punya, perawatannya gak ribet dan sangat mudah bro,
      punyaku dulu cuman dikasih voer, tapi rajin banget berkicaunya, mungkin punya mas bro memang belum saatnya ^^

  4. Om cara membedakan cucak keling jantan dengan betina bagaimana om?? saya di rumah punya cucak keling dada dan leher msh totol-totol hitam putih, suara jga masih cret cret aja itu jantan apa betina om?? Thx

Komentar ditutup.