Suara burung cucak keling atau perling kumbang, tajam menyakitkan telinga

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Penah melihat burung berwarna hitam legam berkilau kehijau-hijauan bermata merah dengan suara melengking menyakitkan telinga? Bisa saja yang Anda lihat adalah burung cucak keling atau perling kumbang atau Aplonis panayensis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perling kumbang
Foto perling kumbang di Kampus USU difoto oleh Giyanto

Burung ini juga sering disebut camperling, keling (Jawa), brling, kembang (Sumatera), geuri, kalolojang (Sunda), lilin, perling (Melayu). Menambahan kata cucak di depan nama keling adalah hal salah kaprah karena burung ini bukan keluarga cucak-cucakan.

Dengan body berukuran sedang (20 cm), burung perling remaja berwarna kuning tua, bercoret hitam pada bagian bawah, bercoretan coklat dan hitam pada bagian atas. Dengan iris mata merah, paruh dan kaki burung perling berwarna hitam.

Tempat hidup dan kebiasaan

Burung cucak keling mudah dijumpai di beberapa tempat secara terpencar pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 mdpl. Hidup dalam kelompok yang ribut; beristirahat, makan dan bersarang bersama. Memakan buah-buahan (pepaya, pisang, mangga, buah ara) juga memakan nektar, serangga, laba-laba dan siput di pepohonan dan semak-semak. Sering mengunjungi daerah terbuka di dekat hutan (termasuk perkebunan kelapa), juga desa dan kota.

Bersarang di lubang pohon, tajuk palem dan pada rumpun paku epifit yang menempel pada percabangan pohon. Pada sarang yang berbentuk lubang, hanya sedikit menggunakan material sarang; sarang biasa tersusun dari rerumputan dan sampah (misal kertas). Berbiak sepanjang tahun, puncak perbiakan bulan Maret-Juni. Jumlah telur 3, berwarna biru dengan bercak coklat gelap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suara burung cucak keling atau perling kumbang

Deringan suara khas “ciuw” dan”tcirr“, suara burung cucak keling terdengar menyakitkan telinga jika kita berada di dekatnya.

Nggak percaya? Coba dengan suara burung cucak keling dalam format MP3 di bawah ini:

Nah apakah Anda pengin mendownload suara burung ini? Silakan saja untuk mengklik gambar di bawah ini.

DOWNLOAD

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

34 Comments

  1. assalamualaikum

    om sya mw tnya nh,apa bner cucak keling bsa di master ? trus klo bsa masteran apa’a ?

    sya pnya msh muda,pas sya dngerin suara goldfinch eh dya lngsung bunyi smbil teler” gtu. sneng nglyat’a wlpun suara’a msih gk karuan

  2. Om aku pemula..
    Aku punya cucak keling wrna bulu dada’a masih totol putih..
    Kira2 umurnya tua apa muda..
    Jantan atau betina..
    Harga cucak keling brpa om di pasar

  3. om mau nanya…cucak kelingku kecil uda mau ngeriwik, warna hitam keunguan tapi bagian dada putih ada hitamnya.
    Itu jantan atau betina om?

  4. aku punya burung camperling tapi belum mau bunyi gimana ? minta sarannya dong?
    Burung camperling bisa dikasih cacing ga?

  5. saya baru beli camperling______tp dadanya kq hitam trotol putih dan sayapnya hitam kehijauan kira2 cwek apa jantan ya____om????

    • kondisi bahan atau sudah mapan om?. kalau bahan rawat saja dengan baik, karena burung bahan harus melewati masa adaptasi dulu.

  6. mau nanya ni
    om..aku pny cucak
    keling n bulu2
    halusnya kok ada
    wrna putihnya
    sdikit,itu b,earti cucak keling apa
    om?n soal
    makan,apa saja
    doyan dg porsi yg
    byk tp klo mkn uk/
    uh kotoronya ko msh utuh uk/uh itu
    knp ya om?mhon
    pncerahanya,trms

  7. maaf sodaraku,sya pingin tanya `sya pnya burung wrna hitam tpi dilapisi biru metalik,badan besar,paruhnya mirip gagak,tpi ekornya bsa menari buku tutup kya kipas.kaki &paruh warna hitam,tolong klo da yg tau kirim email/inbox..mksih

  8. Wah klo yg ini sya pnya om,,emang sich suara sakit di kuping,,klo dah jinak,kita lewat di bawahnya jg beset2,,klo kita liatin smbari teler dan melantunkan suaranya,,tpi pnya sya kmasukan suara parkit,,,

  9. salam kicaumania…,om..saya punya perling,warna pundaknya hitam tapi badan depannya (perut) warnanya totol-totol/loreng (hitam dan kekuningan) ..artinya apa?beda jenis atau memang umurnya muda? klo lihat gambar,warna badannya Full hitam,

    • cocok untuk semua burung seperti murai batu, kacer, anis merah, cendet, dan lain-lain, tergantung selera juragannya saja.

Komentar ditutup.