Burung jinak “ngebatman” bukan berarti loyo: Kasus murai batu Hendy Yap DKI

Burung murai batu jinak bahkan ngebatman saat orang mendekat, bukan pertanda burung loyo. Sebab burung super jinak memang sering terlihat manja dan mengembangkan sayap jika didekati orang. Contohnya adalah murai batu Joker JBC milik Hendy Yap.

Om Hendy Yap DKI – Jatiwaringin Bekasi – punya cerita. Melalui pesan masuk di facebook, dia mengatakan perilaku sehari-hari ini murai batu ini super jinak sekali. “Kalau ada orang mendekat, dia pun buka sayap (batman) sambil marah-marah alias bunyi,” katanya.

Murai batu jinak Om Hendy Yap DKI nantang juri
Murai batu jinak Om Hendy Yap DKI nantang juri
Hendy Yap DKI - kiri - Joker JBC dan perawat burung
Hendy Yap DKI – kiri – Joker JBC dan perawat burung

Dia melanjutkan, “saya jadi teringat dan pernah membaca rubrik Om Duto, tentang murai batu jinak hormat juri, dan kali ini benar-benar terbukti. Malah kalau ada juri semakin mendekat, dia semakin gila. Dominan suara yang dikeluarkan di lapangan (adalah suara) cIlilin, lovebird , jenggot dan gereja tarung karena memang hanya itu suara-suara ngebannya.”

Demikian sobat, saya memang pernah menulis (lihat artikel “Murai batu jinak ternyata “nantang” juri…”). Saya menulis artikel itu karena banyak di antara kicaumania yang tidak suka kalau punya murai batu jinak. Mereka berpendapat, murai batu jinak tidak bisa ngotot ketika tarung. Di artikel itulah saya beberkan fakta-faktanya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Demikian pula dengan Om Hendy Yap, yang sudah membuktikan hal tersebut, bahwa murai batu jinak bahkan ngabatman ketika didekati orang bukan identik dengan burung loyo atau burung gembos.

Burung murai batunya yang dinamai JOKER JBC dengan mengusung bendera Duta KM menjadi juara 1 Latihan Burung Berkicau Java Junior BC – Kodam Jaya-Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi pada 14 Juni 2012 lalu.

Jadi, memang begitulah. Burung jinak tidak identik dengan burung loyo atau tukang gembos.

Settingan Joker BC

Joker BC selama ini dirawat sebagaimana perawatan burung pada umumnya. Pagi hari diberi jangkrik 3 ekor kemudian jemur selama dua jam. Setelah itu dianginkan dan dimandikan. Selesai mandi masuk kandang bulat dilanjut dengan pemberian kroto setengah cepuk. Usai melahap kroto burung dikrodong dan hanya mempergunakan 1 tenggeran/tangkringan untuk hariannya.

Pada sore hari buka krodong dan dijemur dua jam dengan diberikan lagi 3 ekor jangkrik.

Sedangkan untuk lomba nya, Om Hendy Yap hanya memulai sehari sebelum hari lomba dengan pemberian kroto dan jangkrik semaunya burung dan 3 ekor ulat hongkong. Pada sore hari dibuka hanya untuk diberi makan, namun pemberian jangkrik diperbanyak semaunya burung. “Tapi untuk tangkringan menjadi susun dari H-3,” ujarnya.

So… murai batu jinak? Siapa takut?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

6 Comments

Komentar ditutup.