Tips persiapan lomba burung luar kota (1): Persiapan fisik

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Seringkali para kicaumania harus menempuh perjalanan jauh untuk mengkuti lomba burung, bahkan banyak yang harus menginap. Ada banyak hal perlu disiapkan dan diantisipasi, baik persiapan fisik maupun non fisik. Apa saja?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Oke, kita mulai dari persiapan fisik.

Bila kita hendak melakukan perjalanan jauh apalagi sampai menginap, kita perlu melakukan persiapan dan perencanaan yang bagús. Pertama, pastikan kendaraan dalam kondisi bagus.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Lakukan pemeriksaan dasar sebelum berangkat, seperti kondisi aki/baterai, air radiator lampu-lampu, fungsi rem, tekanan ban berikut ban serepnya.

Periksa juga perlengkapan kunci-kunci, dongkrak, lampu senter, dan lain-lain untuk berjaga-jaga bila menemui kondisi darurat.

Kedua, rencanakan rute yang mau dilalui, dan sedapat mungkin kita sudah mengenal medannya secara detil. Bila belum, cari tahu melalui teman atau relasi kita mengenai jalur yang akan kita lewati. Apakah seluruh kondisi jalan mulus, atau ada bagian yang bergelombang atau rusak.

Bila kita sudah tahu bagian jalan yang kurang mulus, berarti kita harus mengatisipasinya, ketika mendekati areal tersebut, mulai mengurangi kecepatan dan menyesuaikan diri agar kenyamanan perjalanan tetap terjaga.

BirdPower - produk BirdVit untuk burung lombaKetiga, kendarai mobil atau kendaraan dengan nyaman dan mulus. Jaga kecepatan tidak berlebihan, hindari pengereman mendadak atau manuver berlebihan yang membuat kita menjadi tidak nyaman. Ingat, kalau kita sudah merasa kurang nyaman, burung juga menjadi tidak nyaman.

lntinya, hindari hal-hal yang membuat burung menjadi terganggu atau kurang nyaman selama perjalanan.

Keempat, bila hendak menginap, tentukan dulu di mana akan menginap dan lakukan reservasi terlebih dahulu. Bila kita paham dan mengerti kondisi kota atau daerah yang hendak kita tuju, kita bisa melakukan reservasi hotel sendiri, namun bila kurang mengenal dengan baik, bisa minta pertolongan dari pihak panitia atau teman kita yang ada di kota itu untuk memesankan kamar, sekaligus minta masukan hotel mana yang kiranya pas.

Pilihlah hotel yang nyaman buat kru dan burung kita. Hotel yang umumnya dipilih oleh para kicaumania dan dianggap ideal, biasanya kamar di lantai 1 atau lantai dasar dan mempunyai halaman, ada pepohonan perindang di halaman, parkir bisa akses langsung ke halaman, jarak ke lokaski lomba tidak terlalu jauh serta rute menuju lokasi lomba yang tidak rumit.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada pula kicaumania yang karena alasan tertentu, memilih lokasi hotel yang mungkin lumayan jauh, menghindari ketemu dengan pelomba lain dalam satu hotel, karena mungkin menghindari burung jagoannya bisa ketemu dengan burung milik peserta lain dan bertempur sebelum lomba dimulai.

Wajib baca artikel terkait di bawah ini:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.