Tips persiapan lomba burung luar kota (2): Persiapan non-fisik

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Persiapan ini merupakan persiapan mental kita yang akan mengawal jagoan ke lapangan. Yang berangkat ke tomba biasanya adalah sang pemilik burung disertai kru, baik itu perawat burung, kadang kala juga membawa sopir sendiri. Kadang-kadang, yang berangkat bersama burung hanya krunya saja, sementara sang pemilik berangkat terpisah, misalnya menggunakan pesawat.

Sejak awal, pastikan hubungan atau relasi sesama kru bagus, juga dengan si pemilik. Setiap orang yang hendak berangkat bersama-sama menuju lapangan dalam waktu cukup lama, juga harus bisa menjaga diri, baik dalam berkata-kata maupun dalam bertindak, jangan sampai berlebihan hingga menyinggung perasaan rekannya, atau berpotensi menimbulkan salah paham.

BirdPower - produk BirdVit untuk burung lombaSuasana nyaman dan enjoy harus benar-benar dijaga selama perjalanan berangkat, di lokasi penginapan, di lokasi lomba, hingga perjalanan pulang sampai kembali ke rumah kita masing-masing.

Bila sampai ada perasaan tidak nyaman pada salah satu pihak, apalagi sampai ada konflik, sungguh akan membuat suasana team atau rombongan selama perjalanan menjadi sangat tidak nyaman.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Semakin besar anggota rombongan, sesungguhnya potensi konflik menjadi lebih besar. Misalnya ketika satu bird club, atau kicaumania satu kota atau daerah menyewa bus. Jenis burung yang sama, misalnya murai batu, yang berpotensi tarung di dalam kendaraan, bisa menjadi bibit konflik. Di sini peran ketua rombongan atau orang yang disegani dalam rombongan menjadi penting.

Banyak yang percaya, bila para pengawalnya suasananya sudah tidak nyaman, akan berpengaruh pula pada kondisi burung. Burung seolah mengerti bila para pengawalnya tidak nyaman, kurang sungguh-sungguh dalam menyiapkannya, tidak dengan hati dan semangat yang tinggi, maka burung pun menjadi kurang atau bahkan tak mau nampil sama sekali.
Wajib baca artikel terkait di bawah ini:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.