Tips persiapan lomba burung luar kota (4): Persiapan ke luar pulau

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Bila kita hendak melakukan perjalanan ke luar pulau, ada lagi yang perlu dipersiapkan, yaitu surat karantina. Surat karantina, intinya untuk memastikan bahwa burung yang kita bawa dalam kondisi sehat, sehingga tidak memiliki potensi menimbulkan bahaya atau masalah di tempat tujuan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

BirdPower - produk BirdVit untuk burung lombaUrus dahulu surat ini, biasanya ke dinas peternakan/kehutanan setempat. Ini bila kita hendak berangkat. Saat mau pulang, juga harus ada lagi surat karantina dari dinas tempat kita lomba. Nah, yang ini biasanya ada bagian dari panitia yang siap membantu menguruskannya.

Bila melakukan perjalan udara, sangkar juga perlu dipaking sedemikian rupa. Di bandara-bandara, biasanya ada petugas yang berpengalaman mengurusi bagasi-bagasi burung. Tanyakan pada panitia akses atau kontak personnya, sehingga urusan bisa menjadi lebih mudah dan tidak ribet.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Pastikan juga akses di tempat tujuan, misalnya ada rekan atau panitia yang menjemput. Bila tidak ada, pastikan bila di kawasan Bandara tempat tujuan, bisa mudah mendapatkan taksi atau sewa mobil yang nyaman dan profesional.

Panitia mengantisipasi

Pantiia even akbar yang sudah melakukan kontes secara berkala, biasanya sudah mengantisipasi hal ini dan memiliki personel panitia yang cakap untuk membantu melayani peserta dari luar kota.

Meskipun demikian, bila ada rekan atau saudara yang secara emosional dekat dengan kita, bisa menjadi alternatif.

Untuk kenyamanan, sebaiknya tidak terlalu mengandalkan layanan dari panitia, sebab di hari Jumat atau Sabtu menjelang lomba, panitia yang jumlahnya terbatas biasanya sudah sangat sibuk, sebab mungkin harus malayani juga banyak peserta lain selain kita. Akibatnya, perhatian menjadi terbelah, mungkin menjemput atau mengantar kita tapi tidak fokus atau tergesa-gesa.

Hal seperti itu tentunya membuat kita menjadi kurang nyaman.

Bila bisa ada saudara, teman, atau sewa, mungkin menjadi pilihan yang lebih nyaman, sebab bisa 100 persen hanya untuk mengantar atau melayani kita, sehingga lebih fokus dan kita menjadi enjoy selama di tempat tujuan.

Panitia Piala Raja 2012 misalnya, juga sudah menyiapkan personel untuk melayani peserta. “Tentu kami juga mempersiapkan personel yang sudah berpengalaman, mulai dan layanan pesanan tiket lomba burung, pesanan kamar hotel, layanan antar jemput bagi peserta atau tamu yang tidak membawa kendaraan sendiri, juga yang mengurus surat karantina bagi peserta luar pulau,” ujan Mr H Bagya SH, Ketua Panitia Piala Raja 2012.

Urusan hotel misalnya, panitia juga sudah memiliki daftar hotel-hotel yang bisa untuk menginapkan burung, dan dianggap nyaman untuk merawat burung. Untuk spek kamar atau kelas tentunya tergantung peserta, tinggal pilih.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Yang perlu juga ditekankan, pada hari Jumat apalagi Sabtu dan Minggu, personel panitia sering pada saat bersamaan mendapatkan permintaan untuk melayani tamu lebih dan satu, sehingga harus gantian dan mungkin terasa kurang maksimal.

“Jadi mohon pemahamannya, yang jelas kami akan berusaha memberikan layanan terbaik kepada semua tamu kami.”
Wajib baca artikel terkait di bawah ini:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.