Cegah KKN, kelompok juri Piala Raja 2012 dibuat tetap, tiap sesi bertukar lap

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Penilaian dalam Lomba Burung Piala Raja 2012 akan dibuat sedemikian rupa untuk menekan sekecil mungkin peluang “kerja sama” juri tertentu dengan peserta tertentu untuk memenangkan terus jenis burung tertentu. Selain itu, beberapa aturan main sudah dibuat untuk memberikan kenyamanan kepada semua peserta dan demi kelancaran lomba.

Samsulhadi
Samsulhadi

Agar penilaian di Piala Raja di Prambanan 8 Juli 2012 semakin fairplay akan dibuat sistem sehingga seorang juri tidak akan menilaì jenis burung yang sama Iebih dari sekali. Dengan demikian susah untuk menitipkan jenis burung tertentu pada juri tertentu, sebab juri tersebut hanya akan menilai satu jenis burung sekali saja.

Caranya, panitia membuat tiga grup juri yang tetap, tidak boleh ditukar-tukar. Tiga grup terdiri dari 6 orang yang berimbang asalnya yaitu dua orang dari blok barat, dua orang blok tengah, dan dua orang blok timur.

Setiap grup akan bertugas secara bergilir dari Lap A, berikutnya Lap B, dan seterusnya. Misalnya, pada sesi pertama, kelompok 1 menilai di lap A, kelompok 2 di lap B, kelompok 3 istirahat.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sesi kedua, kelompok 3 bertugas di lap A, kelompok 1 di lap B, kelompok 2 istirahat. Begitu seterusnya.

Giliran bisa diubah untuk menghindari kembali menilai jenis burung yang sama, bila kelompok 1 sebelumnya sudah menilai anis merah, maka ketika pas giliran berikutnya ketemu jenis anis merah lagi, akan diberikan atau ditukar kepada kelompok 2 atau kelompok 3.

Korlap pun demikian, tidak akan bertugas di satu lapangan terus, tapi akan digilir dengan lapangan lain ketika ada jenis burung yang sama yang sebelumnya di ada bawah pengawasannya.

Tambahan tata cara penilaian lomba burung ini, demikian dijelaskan Samsulhadi, ketua pelaksana, diharapkan membuat peserta tidak bisa lagi main titip burung pada juri tertentu, sebab juri sendiri dibuat tidak tahu akan bertugas menilai di lapangan yang mana atau jenis burung yang mana.

Perhatikan pengumuman

Hal penting lainnya adalah, bahwa lomba akan dimulai pukul 10.00 tepat. Apa pun yang terjadi, apakah masih ada peserta yang belum datang, jam 10.00 akan dimulai dan yang terlambat akan ditinggal.

Nah, jadi para peserta jangan sampai terlambat tiba di lapangan. Pehatikan betul-betul urutan jadwalnya, dan simak tenus pengumaman dari panitia atau MC supaya tidak ketinggalan informasi, terutama terkait jadwal menggantangkan burung.

Kepada para peserta diharapkan sudah mengambil tiket pesanan pada hari Sabtu jam 16.00 di Apartemen Sejahtera. Dengan demikian Minggu pagi sudah tidak lagi ribet urusan tiket; tinggal datang ke lapangan untuk melombakan bunung, karena tiket sudah di tangan.

Bila benar-benar berhalanigan, konfimasikan kepada panitia, sehingga tiket pesanan Anda tidak dibongkar dan diberikan kepada pemesan lain.

Bila Anda bisa datang jam 16.00 saat penukaran tiket, jadilah saksi penghitungan dan pengocokan tiket, apakah masih útuh atau sudah tidak lengkap.

Panitia benar-benar berniat fairplay sejak urusan tiket, tidak ada yang bisa mengatur-atur nomor gantangan, karena panitia pun tidak tahu isi atau nomor gantangan dan tiket yang belum dibuka atau digosok.

Untuk Anda peserta luar kota, bila tidak membawa pakan burung seperti kroto, jangkrik, pisang, dan semacamnya, panitia siap membantu. Hubungi panitia, dan akan diantar ke tempat Anda menginap. Tentu harus dipahami bahwa pada hari Sabtu 7 Juli 2012 panitia mungkin sedang melayani peserta yang lain juga sehingga mungkin tidak bisa memberikan pelayanan seketika.

Harus mau bersabar. Hingga berita ini diturunkan untuk kelas-kelas atau jenis burung yang ramai, tiket sudah habis atau nyaris habis. Murai batu, kacer, cucak hijau, semua kelas sudah habis, kecuali kelas ring.

Anis merah tinggal menyisakan beberapa biji pada kelas tertentu. Kenari, cendet, cucak jenggot, juga menyisa kan sedikit. Yang jumlahnya masih cukup banyak tinggal tledekan, kapas tembak, anis kembang, dan campuran impor saja. Sementara yang sudah masuk daftar tunggu juga sudah banyak.

Karena itu, pastikan tiket pesanan Anda aman dengan cara membayar dan mengkonfirmasikanpembayarannya.

Pada saat menggantangkan burung, akan ada bendera star. Pastikan Anda menggantang sebelum hitungan terakhir, sebab kalau petugas penancap bendera star sudah keluar, burung Anda tidak mendapatkan bendera star, akan kehilangan hak bendera koncer.

Sayang kan? Jadi pastikan tidak terlambang menggantangkan burung, tidak perlu menunggu menggantangkan paling akhir, karena berisiko terlambat.

Hindari juga teriak sebab memang ada larangan, kecuali burung Anda juga inigin dididiskualifikasi. (Agrobis-Burung)

Artikel ini didukung oleh:

Website Resmi Piala Raja 2012 SKL BF Support Piala Raja 2012
SKL BF – Pusat Penangkaran dan Agrowisata Burung

.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Bravooo Piala Raja Pasti sukses Kalau perencanaan sedemikian cuamik dan tidak perlu terlalu khatir dengan juri2 yang bersertifikat PBI pasti mereka akan kerja dengan baik dan benar karena mereka pun takut akan sangsi bila mereka dengan sengaja melakukan kesalahan.

Komentar ditutup.