Petugas pemadam kebakaran terlibat penyelamatan seekor burung jalak hitam

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ini mungkin peristiwa yang kali pertama terjadi di Indonesia, bahwa penyelamatan seekor burung jalak hitam (jalak kebo) yang tersangkut benang melibatkan petugas pemadam kebakaran. Petugas itu berhasil menyelamatkan burung jalak yang tersangkut benang pada pohon Ki Hujan di area Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat 27 Juli 2012.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung jalak terselematkan
Burung jalak terselematkan

Meskipun sempat sekarat lantaran menggelantung di dahan pohon selama enam jam, nyawa jalak hitam berhasil tertolong.  “Di dahan kecil itu, burung ini kelilit benang bekas layangan. Bagian terlilit itu sayap kanan, ini berdarah,” ucap salah satu Tim Rescue Dinas Kebakaran (Diskar) Kota Bandung, Bella Bhakti Nagara, saat ditemui di lokasi seperti diberitakan detik.com.

Menurut Bella, sekitar pukul 13.30 WIB tadi, tim rescue mendapat telepon dari warga yang menginformasikan adanya burung jalak terjebak di atas pohon. Satu regu langsung merespon dan bergegas ke lokasi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Tadi beberapa orang di sini (Balaikota) bilang burung itu tersangkut sejak jam delapan pagi. Selama terjebak, kepala burung ini terluka dan berdarah karena dipatuk sejumlah burung sejenis. Mungkin ingin menyelamatkan,” tutur Bella.

Menggunakan mobil snorkle milik Diskar Kota Bandung, upaya penyelamatan menyita perhatian puluhan orang di sekitar Balaikota. Seperti tangga, mobil itu mengangkat Bella ke atas mendekati pohon. Jalak hitam itu berada di ketinggian 15 meter.

“Evakuasi sekitar dua menit. Saya potong benang menggunakan cutter. Agar mudah menggenggan burung ini, beberapa batang dan daun dipangkas sedikit,” ujar Bella.

Aksi heroik para petugas penjinak api ini membuat decak kagum sejumlah orang yang menyaksikan detik-detik penyelamatan. “Salut. Mereka menolong satwa yang nyaris mati terjebak,” ucap Dani (38).

Selanjutnya, jalak dibawa ke markas Diskar Kota Bandung. “Mau dipelihara sampai sembuh,” singkat Bella sembari mengelus kepala jalak. (*)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

  1. jadi inget wktu dlu ujan2 saya jg nmuin burung jalak kebo yg hampir sekarat kdeinginan di deket prkebunan tebu d magetan.mgkin lepas dr yg pnya x yach..
    saya bwa pulang dan saya rawat dalam sangkar.dlam wktu 1 bln pintu,sma adik saya d ksih nma “empreet”.dh jinak bner akiry sngkar saya biarin sllu terbuka,ska terbang d atas rumah n hlaman ksna kmari.
    jelang 3,5 tahun si empret tidak pulang2..
    jangan2 d gondol orang jahat dan d jual..

  2. wah terharu saya. dulu saya jg punya jalak kebo. saya pelihara dari piyik umur 3 minggu krg sampai sekitar umur 3 tahun. disangkarkan kalau malam waktunya istirahat saja. sayang si “jalo” sudah hilang itu entah terbang kmn gara-gara waktu dilepas tdk ada org yg menemani dan pintu tertutup. maaf jadi curhat. hehehe. salut buat firemannya.

  3. kalo di luar negeri, petugas fire rescue / damkar memang mendapat tugas gak resmi spt ini, nyelamatin anjing/kucing/pets dll. way to go fireman! Bless you

Komentar ditutup.