Jangkrik full tahu sebagai asupan bergizi tinggi untuk burung murai batu

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa bulan terakhir mungkin kita dipusingkan oleh meroketnya harga kroto. Nah, apakah tidak ada alternatif lain untuk pengganti kroto? Ada dan sangat mudah kita dapatkan. Apa itu? Tahu. Nama makanan sehari-hari sebagian besar rakyat Indonesia yang belum lama ini namanya meroket gara-gara harga kedelai sebagai bahan bakunya meroket.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Apa bisa tahu sebagai alternatif pengganti kroto? Bisa, minimal itulah yang sudah dilakukan Om Tony Alamsyah alias Bajak Laut, majikan Bird Black Keeping (BBK) Cilacap. Berikut ini cerita Om Bajak:

Om Tony Bajak Laut BBK Cilacap
Om Tony Bajak Laut BBK Cilacap

Cara ini sudah saya lakukan sebagai solusi menghilangkan ketergantungan peternak pada kroto. Setidaknya sekarang saya sudah punya slogan “SAY NO TO KROTO” hehehehehehehe. Secara logika, sebenernya kroto bukanlah makanan utama untuk murai batu. Saya sendiri sekarang “TOTAL” hanya menggunakan jangkrik untuk pakan indukan.

Trik ini tentu saya gunakan untuk menekan biaya produksi. Tetapi yang paling utama adalah bagaimana cara menyajikan jangkrik yang penuh dengan asupan gizi, sehingga jangkrik yang dimakan indukan murai bukanlah jangkrik dengan perut kosong atau jangkrik kopong atau dengan kata lain, “KITA MEMBERI MAKAN JANGKRIK TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENJADI ASUPAN INDUKAN MURAI BATU”.

Sebelum menggunakan tahu, saya menggunakan serbuk bubur bayi atau tepung panir untuk pakan jangkrik, tetapi kadar vitamin E untuk meningkatkan produksi sperma dan ovum pada burung masing kurang, sehingga dengan TAHU saya bisa mengontrol Vitamin E sebagai racikan tambahan di pakan jangkrik tersebut (yang pasti mahallah pakai bubur bayi kikikikiki).

Tahu sendiri kan bahan dasarnya kedelai yang tentu kandungan Vitamin E-nya sudah tinggi. Cara ini praktis walaupun agak repot, tapi yang pasti jos gandoslah.

Caranya begini preeeen:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Proses pengolahan tahu untuk pakan jangkrik
Proses pengolahan tahu untuk pakan jangkrik

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

1. Beli tahu putih, untuk 1 karung jangkrik cukup 2 plastik (di pasar Limbangan Cilacap cuma Rp. 4.000), taruh di baskom plastik lalu remas-remas.

2. Taruh tahu di nampan atau di media yang lebar, bebas pokoknya, gelar tipis dan jemur di matahari untuk mengurangi secara maksimal kadar air.

3. Setelah 4 jam, taruh kembali tahu tersebut di baskom dan beri tambahan Vitamin E. Remas-remas lagi tentunya dan vitaminnya bisa testomin atau vitamin infertilitas atau vitamin yang lain dan jangan lupa kasih garam untuk tambahan vitamin D dan biar gurih tentunya heheheheheheh….

4. Gelar lagi di nampan dan angin-anginkan dan jangan dijemur di tempat panas biar kandungan vitaminnya tidak hilang.

5. Sorenya taruh di piring kecil dan sajikan di baskom jangkrik kandang murai kita atau di kotak jangrik.

6. Tes saja paginya, Jangrik-jangkrik tersebut sudah terlihat makan dan perutnya penuh tahu yang full gizi.

Kesimpulannya tidak usah takut berinovasi, tidak makan kroto murai juga tidak mati kok. SAY NO TO KROTO.

Think Bird …… Think BLACK

Ya itulah sobat, coretan Om Bajak.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. Kalo saya bahan bakunya voer ayam tahu plus tbb (testobirdbooster), voer dan tahu diremas remas lalu dijemur 2 jam setelah kering baru ditaburi tbb seukuran 3 pentol korek aduk rata, malam hari adonan ketiga bahan tadi berikan pd jangkrik yg sdh puasa setengah hari. Esok hr jangkrik dikasih ke burung peliharaan kita. Hasilnya luaaaar biasa murai langsung ngeplong, CI langsung moncer, silahken bereksperimen

  2. klau ngeloloh anakan kacer kn ktnya msti pke krto p bisa di ganti pke tahu om?tkut ny pas lgi g ada kroto kn bngung ngoloh pkr apa?

Komentar ditutup.