Cas pleci betina ala Budi Aserehe Madiun

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Setelan burung untuk lomba memang sangat beragam, termasuk di antaranya adalah pleci. Umum dipahami, pleci termasuk burung yang sulit stelannya, sehingga jarang ada burung pleci yang benar-benar bisa tampil secara stabil dan bisa juara terus-menerus.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Banyak kasus, penggemar yang membeli burung pleci juara dengan harga mahal, tapi kemudian tak bisa menampilkannya secara konsisten. Kemudian beli lagi, beli lagi, hingga terkumpul beberapa bahkan ada yang hingga puluhan atau belasan ekor, tapi tetap saja tak ada yang bisa nampil dengan stabil.

Bila semua jalan stelan sudah dicoba dan tetap mentok, salah satu yang dilakukan adalah dengan cas (charge – mengisi dalam arti menstabilkan atau menormalkan kondisi mental) dengan burung betina. Model casnya pun tidak sama. Beberapa penggemar pleci ada yang memasukkan si betina langsung ke sangkar. Dibiarkan hidup bersama terus- menerus, ketika hendak lomba, baru dipisah. Setelah lomba usai, kembali dicampur.

Ada pun Budi Aserehe dari Gorang Gareng, Madiun, memakai cara  yang lebih moderat. Setiap kali lomba, selalu membawa juga pleci betina dalam sangkar yang berbeda. Nah, menjelang digantung, beberapa sesi sebelumnya sudah dicas, dengan cara sangkar betinanya disandingkan atau dijejerkan.

Sementara pleci lainnya, ada yang dicas dengan sesama musuhnya, saling didampingkan sebagaimana model anis merah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cas pleci konvensional – dengan sesama calon peserta
Cas burung pleci konvensional – dengan sesama calon peserta
Budi AS mencas pleci dengan betina
Budi AS mencas pleci dengan betina

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pleci yang diberinya nama Matador terbukti langganan menjadi juara dan termasuk stabil penampilannya. Seperti pada penampilan terakhir di Diplomat Cup yang digelar oleh Martaluhur BC di Jatipurno, Wonogiri, Minggu 2 September 2012. (Lihat artikel Diplomat Cup Jatipurno Wonogiri: Teramai, didominasi peserta luar kota).

Bagaimana dengan pleci Anda, sudah ketemukah stelan yang fix? (Waca-Jogja)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

13 Comments

  1. Mf om mu tanya ni…fleci q ekornya bentuknya hurup V tpi aga kurang jelas,klu dengar suara fleci d hp di cari loncat sana sini kaya yg birahi,apa burung fleci q tu betina? Burung fleci q msh baru blm berkicau

  2. om duto, saya punya tiga pleci semua nya masih ngeriwik, kalo tiap hari di gantangkan selalu berdekatan (berdampingan jarak 1 meteran), bagaimana efeknya, bagus atau tidak ?…maksud bagus apakah bisa merangsang pleci saya jadi cepat buka paruh ya om?…maturnuwon.

    • pleci memang burung yang suka koloni, setelah penjemuran baru dipisah untuk memancing saling sahutan. satu lagi kalau masih bahan ya harus sabar utamakan dulu burung dalam keadaan sehat.

  3. Om duto mw nanya nih apakah memandikan pleci antara pkl 7-9 malam dilanjutkan memberikan kroto selepas mandi itu baik untuk burung pleci?
    Terimakasih sebelumnya

  4. om duto…numpang nanya,kalo bedain jantan dan betina pleci gmna om…ma’af om kurang mudeng soal burung ukuran kecil…he he

Komentar ditutup.